KehamilanPersalinan

Serba Serbi Melahirkan Normal di Rumah

Melahirkan Normal di Rumah

Bagi kamu yang sedang mengandung dan menunggu momen untuk bertemu si kecil, ada dua kemungkinan persalinan yang bisa kamu pilih; normal maupun lewat operasi. Pilihan metode persalinan ini tentunya akan berdasarkan kondisi kesehatan kamu dan si kecil agar tak membahayakan kesehatan ibu dan bayi.

Baca Juga:

Untuk persalinan normal biasanya dilakukan di klinik bersalin maupun rumah sakit tempat kamu sering memeriksakan diri. Tapi ada juga yang kondisi dimana persalinan di rumah menjadi pilihan satu-satunya, misalkan jarak yang terlalu jauh ke pusat kesehatan, waktu melahirkan yang sudah terlalu dekat dan hal-hal lainnya.

Melahirkan di rumah tentu hak siapa saja selama kamu sudah memikirkan faktor keselamatan dan juga kesehatan diri sendiri dan si kecil. Ada banyak hal yang perlu kamu siapkan jika

Tips Melahirkan Normal di Rumah

Melahirkan Normal di Rumah

1. Menelepon kontak gawat darurat

Jika kamu rasanya butuh bantuan orang lain, seperti dokter kandungan atau bidan, segera lakukan ini. Selalu memegang handphone ke mana pun, untuk menjaga kemungkinan kamu harus menghubungi orang lain. Tidak perlu ragu, proses melahirkan memang wajar dilakukan dengan bantuan dari orang lain.

Saat suasana genting di mana kamu harus segera melahirkan, telepon nomor darurat 118 atau 119. Operatornya akan membantu kamu hubungi oleh rumah sakit yang tepat. Jika kamu khawatir ini akan rumit, bisa juga kamu menghafal nomor ambulans gawat darurat di beberapa rumah sakit sekitar tempat tinggalmu.

Oh ya, saat kamu menelepon orang lain cobalah untuk aktifkan mode speaker. Kamu mungkin tidak cukup kuat bahkan untuk mengangkat handphone. Ketika melahirkan akan melahirkan, perut akan terasa sangat sakit dan badanmu akan terasa sangat lemah. Karenanya, coba lakukan tips ini dengan baik.

2. Tetap tenang

Jika bayi dalam kandunganmu sudah di ujung tanduk, artinya kamu akan segera melahirkan. Proses melahirkan normal di rumah juga tidak masalah. Asalkan, kamu siap mengatasinya dengan baik. Usahakan, tetap tenang sekalipun kamu benar-benar panik.

Tarik nafas yang dalam pikirkan hal-hal yang menyenangkan. Untuk mempersiapkan kelahiran anak, cobalah mengambil kain yang mampu menyerap air. Misalnya sprei, selimut, ataupun handuk. Kain ini akan membantu kamu mengeringkan bayi yang nantinya dilahirkan secara normal di rumah.

3. Ambil posisi terbaik

Beberapa waktu sebelum melahirkan, sebaiknya kamu berjaga-jaga jika memang kamu harus melahirkan normal di rumah. Di era yang modern ini, kamu bisa melihat contoh melahirkan normal di rumah melalui portal YouTube. Perhatikan posisi apa yang terbaik untuk melahirkan bayi.

Gambarannya kira-kira seperti ini. Coba baringkan badanmu terlentang dengan bantal sanggahan ada di bawah pinggul kiri. Kamu juga bisa menggunakan selimut lututmu untuk menutupi bokong. Posisi ibu saat melahirkan akan berpengaruh terhadap kondisi kesehatan bayi nantinya.

4. Fokus pada proses melahirkan

Saran berikutnya sebenarnya tidak terlalu berbeda jauh dengan tetap tenang. Ketenangan memang sangat penting ketika melahirkan. Karena jika kamu panik saat melahirkan normal di rumah, dikhawatirkan hal ini akan memperburuk keadaan.

Setelah tenang, cobalah untuk fokus pada proses melahirkan normal di rumah. Jangan memikirkan hal lain, aku saja pada satu hal ini. Perhatikan posisi saat melahirkan dan jangan lupa perhatikan juga bayi saat dilahirkan. Jangan sampai timbul cedera-cedera karena kamu kurang memperhatikan posisinya dengan baik.

5. Melakukan riset

Tidak semua orang ingin melahirkan dengan normal. Ada yang begitu khawatir sehingga memilih persalinan melalui operasi caesar. Atau alasan melakukan operasi caesar karena memang hanya itu yang bisa dilakukan, untuk mempertahankan kesehatan anak dan ibunya.

Walaupun begitu, kamu juga tetap harus bersiap-siap jika mau tidak mau kamu melahirkan normal di rumah mu sendiri. Lakukan riset yang mendalam mengenai cara dan bagaimana proses melahirkan dengan normal di rumah. Hal ini akan membuat kamu bergerak aktif dan cepat menjelang persalinan.

6. Ikuti couple class

Kelas berpasangan atau couple class itu baik dilakukan. Ketika kondisinya kamu untuk melahirkan normal di rumah, sebaiknya pasanganmu juga ikut membantu. Pasangan akan dapat membantu jika ia tahu bagaimana cara menjaga istri dan anak selamat saat persalinan.

Karena itu, ikutilah kelas berpasangan seperti senam hamil, hypnobirthing, atau prenatal yoga. Kelas-kelas ini akan membantumu memahami apa yang diperlukan untuk melahirkan normal di rumah. Karena mengikuti kelas ini, kamu dan pasanganmu akan siap, sekalipun harus melahirkan anak tempat yang jauh dari rumah sakit.

7. Atur pernapasan

Hal yang perlu dilakukan saat kamu melahirkan normal di rumah adalah mengatur pernapasan dengan baik. Jangan berteriak-teriak tanpa arah karena kesakitan. Hal ini justru akan membuat dirimu cepat lelah. Padahal seorang ibu harus terus bangun saat melahirkan anaknya.

Dalam kelas berpasangan seperti senam hamil dan sebagainya, biasanya kamu juga akan diajarkan bagaimana bernapas dengan baik. Bernapas memang mudah. Tapi ada cara bernapas khusus yang akan membuatmu lebih tenang dan melancarkan proses persalinan.

8. Tidur

Biasanya seorang ibu memiliki firasat tertentu sebelum melahirkan. Itu adalah firasat bahwa sepertinya sebentar lagi proses persalinan akan dilakukan. Ketika ini terjadi, segeralah tidur secukupnya. Bukannya banyak bergerak sehingga membuat dirimu tidak tenang. Tapi tidur adalah salah satu cara melahirkan normal di rumah dengan baik.

Melahirkan normal di rumah membutuhkan tenaga yang sangat besar. Karenanya, sebelum ini terjadi sebaiknya kamu perbanyak tidur. Tujuannya agar kamu tidak cepat kelelahan saat melahirkan. Karena istirahatkan dirimu jauh-jauh hari sebelumnya.

9. Ikhlaskan segalanya

Melahirkan normal di rumah bukanlah hal yang mudah. Jangankan di rumah, di mana pun itu rasanya akan sangat berat. Kondisi yang normal yaitu seorang ibu memikirkan bagaimana keselamatan bayi dan dirinya sendiri. Jujur saja, melahirkan anak adalah proses penting tentang keselamatan seseorang.

Daripada memikirkan banyak hal, cobalah untuk mengikhlaskan segalanya. Ingat-ingat kembali, kalau kamu sudah berusaha melakukan yang terbaik untukmu dan untuk anakmu. Karena itu, jalani saja keadaan dan ikhlaskan apapun yang akan terjadi. Percayalah, bahwa tidak ada proses yang menghianati hasil.

Melahirkan Normal di Rumah

Itulah beberapa hal yang perlu kamu persiapkan dan tips untuk melahirkan normal di rumah. Di zaman sekarang, memang melahirkan normal di rumah bukanlah pilihan. Karena banyak fasilitas yang lebih menjamin keselamatan anak dan ibu, yaitu melahirkan di rumah sakit atau bidan.

Karena melahirkan normal di rumah bukan pilihan, tidak berarti kamu dapat menghindarinya. Melahirkan normal di rumah seringkali dilakukan karena kamu tidak memiliki pilihan lain. Semoga dengan tips-tips di atas, kamu tetap bisa melahirkan anak dengan normal dan sehat ya.

Related posts
KehamilanKesehatan

10 Obat Sakit Gigi yang Aman Bagi Ibu Hamil

Diet & NutrisiIbu HamilKehamilan

10 Buah Terbaik untuk Ibu Hamil

KehamilanPrakonsepsi

5 Tips untuk Program Hamil Anak Perempuan

KebugaranKehamilan

8 Manfaat Senam Kegel untuk Ibu Hamil