Ibu HamilKehamilan

10 Sifat Ibu Hamil yang Harus Dimengerti Suami

sifat ibu hamil

Ada banyak perubahan yang akan terjadi pada seorang wanita ketika sedang hamil. Mulai dari mood yang mudah berantakan karena faktor hormon, perubahan berat badan hingga munculnya kebiasaan-kebiasaan baru yang terkadang bikin gemes para suami.

Baca Juga:

Nah, sebagai suami yang baik kamu harus memberi dukungan serta perhatian penuh pada istri yang tengah mengandung, ya! Kamu pun diharap mengerti dan membekali diri dengan sifat ibut hamil yang mungkin akan ditunjukkan oleh sang istri di rumah.

Supaya tidak kaget dengan perubahan sifat istri yang tengah hamil, berikut ada beberapa sifat ibu hamil yang harus kamu tahu.

1. Mudah merasa lelah dan mual

sifat ibu hamil

Sifat ibu hamil yang pertama muncul adalah mudah merasa lelah. Ini muncul karena ibu masih menyesuaikan diri dengan anak yang dikandung dalam perutnya. Biasanya ibu merasa lelah karena kadar gula mulai menurun dan tekanan darah menjadi lebih rendah.

Selain mencoba menyesuaikan diri, ibu juga akan merasa lelah karena kandungan yang semakin besar. Artinya beban yang dibawanya semakin bertambah bobotnya. Belum lagi ditambah rasa mual saat hamil. Kalau ini penyebabnya adalah peningkatan hormon HCG saat hamil. Tapi mual biasanya akan hilang ketika usia kehamilan memasuki trimester kedua.

2. Memilih-milih makanan

sifat ibu hamil

Karena rasa mual, selera makanan seorang ibu sering menurun. Tapi ada yang lebih unik lagi. Sifat ibu hamil yang sering muncul adalah suka memilih-milih makanan alias ngidam. Padahal bisa jadi sebelumnya ibu terbiasa makan semua jenis makanan.

Kadang lucu, ibu bisa tiba-tiba ingin makan ini dan itu. Kalau tidak ada di depan mata, rasanya terbayang terus. Padahal saat makan juga belum tentu habis. Pada beberapa kasus, bisa jadi suaminya yang ngidam sedang sang istri biasa saja.

3. Mood swings

sifat ibu hamil

Sifat ibu hamil selanjutnya adalah mood swings atau perasaan si ibu akan sering berubah-ubah, kadang turun kadang naik. Ini sebenarnya hal yang normal terjadi karena ada perubahan hormon saat hamil.

Secara psikologis, memang ada perubahan juga dalam diri seorang ibu yang hamil. Perasaannya bisa sangat bahagia, tetapi bisa sangat sedih juga seketika. Pada masa-masa seperti ini lah para suami diharapkan bisa memahaminya. Tidak jarang suami justru tidak tahan dengan sifat ibu hamil ini.

4. Lebih sensitif

sifat ibu hamil

Serupa dengan mood swings, tapi sifat ibu hamil ini lebih konsisten dialaminya. Ibu hamil akan lebih sensitif daripada biasanya. Sekalipun perasaannya bisa cepat berubah, ibu akan lebih luwes menampakan emosinya. Semoga suami tidak ikut terbawa emosi ya. Sifat ini hanya sementara kok.

5. Selalu ingin diperhatikan

sifat ibu hamil

Kalau sifat ibu hamil yang satu ini agak lucu. Ibu yang sedang mengandung anak, biasanya selalu ingin diperhatikan. Terutama oleh sang suami.

Ibu yang sedang hamil itu umumnya sangat bahagia karena menanti anaknya. Saking bahagianya, ingin diperhatikan suami dari hal kecil sekalipun. Hati-hati, kalau suami cuek, ibu hamil ini akan sedih loh. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ibu hamil itu lebih sensitif daripada biasanya.

6. Lebih cemburuan

sifat ibu hamil

Sifat ibu hamil yang mungkin agak menyebalkan adalah cemburuan. Ibu hamil memang akan lebih cemburuan daripada biasanya. Ada beberapa alasan kenapa sifat ini muncul. Pertama karena ibu hamil tidak percaya diri.

Saat hamil, terjadi perubahan bentuk tubuh yang signifikan. Ibu menjadi merasa tidak secantik dulu. Ketika ini terjadi, jangan kaget jika Ibu jadi lebih cemburu dari biasanya. Suami harus mengerti dengan mencoba menenangkan hati istri ya!

7. Mudah merasa lapar

sifat ibu hamil

Sifat ibu hamil yang satu ini berpengaruh pada ngidam. Ibu hamil biasanya akan merasa mudah lapar. Sebagian besar memang dipengaruhi karena ibu mengalami perubahan metabolisme setelah hamil. Tidak heran jika dampaknya yaitu berat badan ibu semakin meningkat. Tapi ibu, jangan lupa untuk tetap berolahraga ya. Suami bisa mendukung dengan ikut kelas olahraga bagi pasangan dan yoga hamil.

8. Mager

sifat ibu hamil

Sifat ibu hamil berikutnya yaitu sering merasa malas bergerak alias mager. Berkaitan dengan sifat sebelumnya, ingin diperhatikan. Ibu hamil biasanya lebih memilih dimanjakan oleh suami daripada melakukan banyak hal sendiri. Selain itu saat usia kandungan sudah semakin dekat dengan masa persalinan, beban psikis dan juga berat tubuh membuat ibu lebih senang bersantai dan kamu para suami bisa berkontribusi dengan membantu melakukan pekerjaan rumah ya.

9. Gangguan tidur

sifat ibu hamil

Ibu hamil biasanya juga sering mengalami gangguan tidur atau insomnia. Sifat ibu hamil ini terutama terjadi saat usia kehamilannya masih muda. Mungkin karena Ibu masih belum terbiasa dengan kondisi sedang mengandung. Selain itu, ibu yang sedang hamil tua juga sering mengalami gangguan tidur karena perut yang semakin besar, berbagai posisi tidur pun jadi tak nyaman.

10. Merasa gerah dan mudah berkeringat

sifat ibu hamil

Karena mengangkat dua beban sekaligus dalam dirinya, seorang ibu hamil seringkali mudah merasa kelelahan. Sifat ibu hamil yang muncul selanjutnya adalah mudah merasa gerah. Saat ini terjadi, tubuh juga menjadi lebih mudah untuk berkeringat. Tapi jangan khawatir, hal ini normal-normal saja kok terjadi.

Ibu hamil bisa jadi menyebalkan atau menggemaskan sekaligus. Apapun perubahan sifat ibu hamil yang dialami, sudah selayaknya kamu sebagai seorang suami memahaminya ya!

Related posts
Ibu HamilKehamilan

6 Tanda Hamil Anak Laki-Laki, Fakta atau Mitos?

KehamilanPrakonsepsi

Beberapa Cara Punya Anak Kembar

Ibu HamilKehamilan

10 Ciri Hamil 1 Minggu yang Harus Kamu Tahu

Ibu HamilKehamilan

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil