Ibu HamilKehamilan

9 Tips Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil Tua

Susah Tidur Saat Hamil Tua

Banyak orang yang mendambakan kehamilan. Setelah itu datang, tidak sedikit yang mengeluhkannya. Bukan maksud menyesali kehamilan, tapi beberapa Ibu merasakan perubahan-perubahan yang mengganggu. Belum lagi ditambah rasa khawatir menghadapi persalinan.

Baca Juga:

Perubahan yang mengganggu bisa dilihat dari hal kecil. Misalnya menjadi sulit tidur ketika sudah hamil tua. Padahal stamina Ibu yang akan melahirkan itu harus sangat dijaga. Karena itu, tips mengatasi susah tidur saat hamil diperlukan. Tapi sebelumnya, mari ketahui dulu apa saja pemicu susah tidur saat hamil.

Pemicu Susah Tidur Saat Hamil

Susah Tidur Saat Hamil Tua

1. Rasa mual disertai muntah

Beberapa dari kamu mungkin merasakan ini dari awal kehamilan hingga hamil tua. Tentu rasa mual itu sangat mengganggu, apalagi disertai muntah. Tubuh biasanya langsung merasa lemas dan tidak bersemangat melakukan aktivitas lain.

Rasa mual beserta muntah bisa menghampirimu kapan saja, Bahkan saat kamu hendak tidur dan berbaring di kasur. Keadaan ini akan membuatmu sulit untuk tidur dan beristirahat dengan tenang.

2. Selalu ingin buang air kecil

Bayi di kandungan semakin lama semakin besar ukurannya. Adanya bayi dalam perut ini mendorong bagian tubuh lain di dekatnya.

Termasuk area yang memproduksi cairan pembuangan berupa air kecil. Tidak heran kamu jadi selalu ingin buang air kecil. Karena ini kamu pun jadi tidak dapat tidur dengan tenang.

3. Janin bergerak aktif

Ketika umur kehamilan sudah semakin matang, rasanya tidak sabar lagi menanti kelahiran anak. Saat kamu memasuki usia kehamilan yang tua, anak atau janin dalam kandungan semakin bergerak aktif.

Rasanya lucu sekali seperti ia pun tak sabar untuk melakukan banyak hal. Tapi saat kamu sudah sangat lelah, pergerakan ini mungkin membuatmu sulit tidur saat hamil.

4. Nyeri punggung

Semakin berat bayi artinya tubuhmu menopang beban yang lebih berat pula. Tidak sedikit orang yang mengeluh sakit di bagian punggung saat hamil tua. Sekalipun sedang berbaring di kasur, rasanya itu tidak nyaman. Tidak heran kalau akhirnya kamu kesulitan untuk tidur.

5. Berkeringat

Salah satu perubahan yang terjadi dalam tubuh adalah meningkatnya kinerja berbagai organ tubuh untuk menunjang kesehatan Ibu dan anak. Walaupun kamu sebenarnya tidak terlalu banyak bergerak. Tanpa disadari, tubuhmu akan lebih cepat berkeringat dan merasa gerah. Karena itu kamu jadi susah tidur saat hamil.

6. Cemas berlebihan

Banyak orang mengkhawatirkan proses persalinan. Belum lagi ditambah memikirkan apa saja yang harus dilakukan setelah anak lahir. Ketika ini terjadi berlebihan, sangat mungkin kamu semakin cemas. Rasa cemas yang berlebihan ini membuat hatimu tidak tenang lalu selanjutnya sulit tidur saat hamil.

Tips Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil Tua

Susah Tidur Saat Hamil Tua

1. Membuat pola tidur yang teratur

Jika kamu membaca ini saat usia kehamilan yang masih muda, ada yang bisa kamu lakukan sebagai langkah antisipasi. Yaitu membuat pola tidur yang teratur.

Biasakan diri untuk tidur cukup di waktu-waktu tertentu. Sesuaikan dengan kesibukanmu di hari biasa atau di akhir pekan. Dengan konsisten memiliki pola tidur yang teratur, kamu tidak akan sulit tidur saat hamil tua.

2. Gunakan kasur yang tepat

Susah tidur saat hamil mungkin disebabkan karena kasur yang kamu gunakan tidak nyaman. Padahal kamu bisa tenang beristirahat lama jika bentuk dan struktur kasurmu dirasa tepat.

Jika perlu, tambahkan bantal dan guling untuk menopang perut ataupun punggungmu. Ini bisa membantu kamu saat merasa nyeri di bagian punggung.

3. Pastikan gunakan kasur untuk tidur

Kasur adalah tempat beristirahat. Untuk menjaga kualitas dan fungsinya, kamu bisa mencoba tidak menambahkan kegiatan lain yang dilakukan di kasur. Apalagi kegiatan aktif seperti bekerja di tempat tidur. Alam bawah sadarmu mungkin akan merasa tidak tenang.

4. Berolahraga di pagi hari

Tubuh yang sehat akan membuatmu tidur dengan nyaman. Tips mengatasi susah tidur saat hamil yang lainnya adalah berolahraga. Jaga stamina tubuhmu dengan berolahraga di pagi hari.

Atau setidaknya lakukan tiga jam sebelum tidur. Aktivitas ini akan membuat tubuhmu semakin rileks sehingga mudah untuk tidur.

5. Tenangkan diri di siang hari

Rasa cemas sering menjadi pemicu seseorang sulit untuk tidur. Karena kamu sedang hamil, usahakan untuk menghindari itu. Coba luangkan sedikit waktu di siang hari untuk menenangkan diri.

Misalnya 15 menit difokuskan untuk menenangkan diri. Setiap orang memiliki caranya masing-masing, kamu juga bisa melakukannya.

6. Melakukan terapi

Kalau kamu sendiri bingung bagaimana cara menenangkan diri yang tepat, mungkin kamu butuh bantuan orang lain. Coba konsultasikan dengan terapis yang bisa membantumu melakukan terapi.

Misalnya terapi perilaku kognitif untuk memantau diri dan mengembangkan energi serta pikiran positif. Terapi rutin akan membantumu tidur dengan cepat dan nyaman.

7. Jangan merokok

Beberapa orang merokok karena menganggapnya sebagai pilihan untuk menenangkan diri. Padahal yang terjadi justru bisa sebaliknya. Gejala insomnia dapat terjadi karena konsumsi nikotin. Jadi hindari rokok, apalagi karena rokok tidak baik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayimu.

8. Lakukan teknik relaksasi

Kalau kamu rasanya malas keluar rumah untuk berkonsultasi dengan orang lain, coba buka gadget-mu dan cari tutorial untuk melakukan teknik relaksasi yang aman.

Misalnya melakukan gerakan yoga sambil menarik napas dengan dalam. Kegiatan ini akan membuat jiwamu semakin tenang sehingga tidak sulit tidur saat hamil tua.

9. Matikan layar gadget

Walaupun gadget sangat berguna, tapi saat mau tidur sebaiknya matikan layarnya. Cahaya terang yang terpancar dari gadget membuatmu kesulitan untuk tidur. Tips mengatasi susah tidur saat hamil tua ini wajib kamu lakukan.

Biarkan matamu beristirahat dari gadget ataupun perangkat lain yang mengeluarkan cahaya di layarnya seperti laptop, televisi, dan lainnya.

Jika sudah mengetahui pemicu dan melakukan 9 tips mengatasi susah tidur saat hamil tua dengan tepat, kamu tidak perlu lagi khawatir. Buatlah dirimu selalu nyaman untuk mempersiapkan kelahiran anak yang sudah kamu tunggu-tunggu. Semoga bermanfaat, ya!

Related posts
Ibu HamilKehamilan

6 Tanda Hamil Anak Laki-Laki, Fakta atau Mitos?

KehamilanPrakonsepsi

Beberapa Cara Punya Anak Kembar

Ibu HamilKehamilan

10 Ciri Hamil 1 Minggu yang Harus Kamu Tahu

Ibu HamilKehamilan

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil