KehamilanPrakonsepsi

10 Tanda Awal Kehamilan yang Harus Diketahui

tanda awal kehamilan

Tanda awal kehamilan memang sering kali tidak disadari oleh sebagian wanita. Paling umum, tanda kehamilan ini adalah berhentinya masa haid. Padahal ada beberapa tanda kehamilan lain yang perlu kamu ketahui.

Tidak semua wanita mengalami tanda-tanda awal kehamilan 1 minggu pertama. Bahkan tidak jarang wanita baru merasakan tanda perubahan pada kehamilan di minggu kedua atau ketiga.

Baca Juga:

Sebagian wanita ada juga yang merasakan tanda awal kehamilan sebelum jadwal haid datang. Ini disebabkan karena hormon kehamilan yang begitu sensitif, padahal ketika dilakukan pengecekan, tidak menunjukkan tanda positif.

Namun, ada berbagai tanda awal kehamilan sebelum telat haid. Berikut penjelasannya.

1. Kram perut

tanda awal kehamilan

Kram yang dialami beberapa wanita di bagian perut adalah tanda awal kehamilan pada perut. Kram perut ini terjadi karena adanya implantasi pada rahim oleh telur yang dibuahi. Implantasi ini biasanya terjadi 8-10 hari pasca terjadinya ovulasi.

Atau bisa dihitung 4-6 hari sebelum jadwal menstruasi bulanan kamu. Jika rasa kram yang menjadi tanda awal kehamilan pada perut terasa begitu sakit, sebaiknya periksakan ke dokter.

2. Mual

tanda awal kehamilan

Mungkin mual merupakan tanda umum dari kehamilan. Meski biasanya mual dialami beberapa wanita 2 minggu setelah telat haid atau 6 minggu usia kehamilan, tetapi ada wanita yang mengalami mual lebih cepat, sekitar satu minggu sebelum menstruasi atau seminggu setelah dibuahi.

3. Flek ringan

tanda awal kehamilan

Sebelum telat haid, banyak yang mengalami flek ringan atau adanya bercak darah. Jika tidak dibarengi dengan tanda awal kehamilan lainnya, kemungkinan flek ini hanya tanda sebelum menstruasi.

Tetapi bercak darah ini juga bisa jadi tanda awal kehamilan karena adanya implantasi sel telur yang sudah mengalami pembuahan yang ada dlam rahim. Biasanya terjadi 6-12 hari setelah ovulasi.

4. Sensitif pada bau

tanda awal kehamilan

Indra penciuman akan menjadi semakin peka dan sensitif terhadap aroma atau bau. Ini menjadi tanda awal kehamilan yang bisa segera kamu identifikasi. Bahkan aroma yang sebelumnya kamu sukai, saat awal kehamilan, kamu menjadi tidak suka bahkan merasa mual ketika menciumnya.

Meskipun hasil penelitian belum menemukan kenapa wanita hamil sensitif terhadap bau, tetapi ini diduga disebabkan oleh pengaruh meningkatnya hormon progesteron saat hamil.

5. Merasa lelah

tanda awal kehamilan

Tanda awal kehamilan yang juga bisa dirasakan adalah mudah lelah dan tidur lebih cepat dari jadwal biasanya. Banyak wanita menyebut rasa lelah pada awal kehamilan itu benar-benar melelahkan.

Ini disebabkan oleh meningkatnya hormon progesteron. Tidak sedikit wanita yang salah dengan berpikir kelelahan tersebut karena mengalami flu atau masuk angin karena terjadi sebelum haid.

6. Bentuk payudara berubah

tanda awal kehamilan

Tanda awal kehamilan bisa dirasakan dengan perubahan pada payudara yang menjadi lebih sensitif terhadap sentuhan. Payudara juga terasa tegang dan sakit, tetapi lebih sakit dibanding saat menstruasi.

Selain itu, payudara juga terasa tegang, lebih padat, dan lebih berat seiring bertambahnya usia kehamilan. Perubahan pada payudara ini terjadi 2-3 minggu setelah terjadi pembuahan.

7. Pusing

tanda awal kehamilan

Pusing juga menjadi salah satu tanda kehamilan sebelum haid. Hal ini disebabkan karena pembulluh darah membesar sedangkan tekanan darah menjadi turun. Rendahnya gula darah juga membuat wanita pada masa awal kehamilan menjadi lemas.

Dalam kondisi seperti ini, penting untuk mengatur pola makan, mencukupi waktu istirahat, dan tidur yang cukup. Penuhi juga kebutuhan cairan dalam tubuh dengan memperbanyak minum air agar menghindari terjadinya dehidrasi.

8. Sering buang air kecil

tanda awal kehamilan

Aliran darah akan mengalir dengan cepat ke ginjal karena adanya perubahan hormonal pada tubuh sebagai tanda awal kehamilan. Hal ini membuat kandung kemih cepat terisi yang berakibat pada intensitas buang air kecil menjadi lebih sering.

Ini juga menjadi tanda awal kehamilan sebelum haid bagi beberapa wanta. Semakin besar dan bertambahnya usia janin dalam perut, semakin menekan kandung kemih. Sampai masa kelahiran, wanita hamil akan sering buang air kecil.

9. Rasa logam di mulut

tanda awal kehamilan

Rasa logam di mulut bisa diindifikasi sebagai tanda awal kehamilan sebelum haid. Sama seperti tidak kuat mencium aroma tertentu, rasa logam di mulut ini tidak diketahui penyebab pastinya. Dugaan sementara adalah karena perubahan hormon progesteron dalam tubuh wanita hamil.

Ada yang mengalami hanya setelah trimester pertama, sebagian yang lain mengalami rasa logam dalam mulut sleama masa kehamilan hingga melahirkan.

10. Mood swing

tanda awal kehamilan

Perubahan suasana hati yang begitu cepat juga menjadi tanda awal kehamilan 1 minggu yang sangat umum terjadi. Wanita yang sedang hamil akan merasakan suasana hati yang bisa berubah secara drastis dari senang, tiba-tiba menjadi sedih bahkan menangis.

Kondisi ini terjadi sejak awal kehamilan hingga masa melahirkan. Tak lain disebabkan oleh adanya perubahan hormon dalam tubuh. Bagi pasangan yang tidak memahami kondisi ini bisa memicu pertengkaran. Penting untuk pasangan mengetahui agar tidak terjadi kesalahpahaman yang berefek panjang.

Jika kamu merasa memiliki tanda-tanda di atas, ada baiknya untuk melakukan uji kehamilan lewat test pack atau mengunjungi dokter untuk memeriksakan kondisi kamu agar mengetahui secara pasti apakah kamu benar-benar hamil atau tidak. Semoga bermanfaat!

Related posts
KehamilanKesehatan

10 Obat Sakit Gigi yang Aman Bagi Ibu Hamil

KehamilanPersalinan

Serba Serbi Melahirkan Normal di Rumah

Diet & NutrisiIbu HamilKehamilan

10 Buah Terbaik untuk Ibu Hamil

KehamilanPrakonsepsi

5 Tips untuk Program Hamil Anak Perempuan