KehamilanPersalinan

9 Tanda Melahirkan Sudah Dekat

tanda melahirkan sudah dekat

Hamil merupakan sebuah anugrah yang ditunggu-tunggu oleh setiap wanita yang sudah menikah. Proses kehamilan yang memakan waktu sekitar 9 bulan ini menjadi momen yang tak akan terlupakan. Begitu juga dengan proses persalinannya!

Baca Juga:

Bicara soal melahirkan, kebanyakan wanita ingin mempersiapkannya dengan matang. Untuk itu, kamu juga perlu tahu kapan kamu akan melahirkan. Di sini kamu akan mempelajari berbagai jika tanda melahirkan sudah dekat.

1. Janin Masuk ke Panggul

tanda melahirkan sudah dekat

Ciri-ciri mau melahirkan yang pertama adalah posisi janin yang sudah masuk ke panggul. Di sini artinya kepala bayi sudah ada di bagian bawah sehingga siap untuk dilahirkan. Secara fisik, perut akan terlihat membesar ke arah bawah.

Janin yang sudah masuk ke panggul akan meringankan beban ibu. Kamu akan merasa lebih lega saat bernapas. Hal ini disebabkan tekanan terhadap diafragma yang sebelumnya dirasakan berkurang dengan sendirinya. Kamu yang sebelumnya merasa agak susah bernapas akan tertolong di sini.

2. Sering Buang Air Kecil

tanda melahirkan sudah dekat

Janin yang sudah masuk ke area panggul akan memberikan dampak lain pada tubuhmu. Tubuh bayi dengan posisi ini mendorong organ lain yang dekat dengan kandunganmu. Misalnya kandung kemih yang menampung cairan pembuangan tubuh.

Jangan kaget jika selanjutnya kamu akan lebih sering buang air kecil. Hal ini adalah salah satu ciri-ciri mau melahirkan, terutama di minggu akhir menjelang momen persalinan. Tapi jangan mengurangi konsumsi air putih karena lelah bolak-balik ke kamar kecil ya. Tubuhmu dan bayimu tetap membutuhkan air agar terhindar dari dehidrasi.

3. Serviks Melebar

tanda melahirkan sudah dekat

Kalau tanda mau melahirkan yang ini bisa lebih teliti dilihat oleh dokter kandungan atau bidan. Mereka akan melihat bahwa serviks sang Ibu sudah melebar. Artinya janin sudah siap untuk dikeluarkan dari kandunganmu. Tanda ini lebih familiar disebut sebagai bukaan.

Pelebaran serviks ini membutuhkan waktu, ada yang cepat namun ada juga yang memerlukan waktu panjang. Keduanya tidak masalah karena memang setiap orang memiliki kondisi yang berbeda-beda. Dokter atau bidan selanjutnya akan mengukur dilatasi atau pembesaran serviks secara berkala. Kamu dikatakan siap untuk melahirkan jika dilatasi mencapai 10 cm.

4. Keram dan Nyeri Lebih Sering

tanda melahirkan sudah dekat

Semakin mendekati waktu persalinan, tubuh akan merasa nyeri dan keram. Kondisi ini memang sudah biasa dirasakan para Ibu yang sedang hamil. Tapi tanda melahirkan sudah dekat adalah kuantitasnya yang semakin tinggi. Kamu akan merasa keram dan nyeri, terutama di pangkal paha dan punggung.

Nyeri dan keram yang kamu rasakan belum seberapa jika dibandingkan dengan rasa sakit saat melahirkan. Bukan menakut-nakuti, tapi kamu pasti bisa melewatinya. Hal ini terjadi karena otot dan persendian ikut merenggang dan bergeser karena mempersiapkan kelahiran anakmu.

5. Diare

tanda melahirkan sudah dekat

Selain sering buang air kecil, masih ada ciri-ciri mau melahirkan yang serupa. Kamu juga mungkin akan sering bolak-balik ke kamar kecil, bukan hanya untuk buang air kecil tetapi juga buang air besar. Tapi hal ini terjadi karena kamu mengalami diare.

Diare yang terjadi menjelang proses persalinan adalah hal yang normal-normal saja. Jangan khawatir, ini terjadi karena pengaruh otot di bagian rektum beradaptasi dengan tubuh mempersiapkan kelahiran anakmu. Yang perlu kamu ingat, karena kamu sedang diare, jangan lupa menjaga kandungan air dalam tubuh selalu dalam kondisi yang cukup ya.

6. Keluar Cairan Kental

tanda melahirkan sudah dekat

Beberapa hal akan terjadi menjelang waktu persalinan. Jangan bingung jika keluar cairan kental berupa lendir berwarna merah muda, cokelat atau sekedar ada guratan merah di dalamnya. Cairan kental ini keluar dari mulut rahimmu.

Bentuknya tidak selalu dalam bentuk lendir, tapi bisa juga berupa gumpalan. Ini akan keluar sedikit demi sedikit selama beberapa hari. Tapi jika kamu mengkhawatirkan ini sebagai bentuk pendarahan, coba lah untuk berkonsultasi dengan dokter kandunganmu.

7. ASI Mulai Keluar

tanda melahirkan sudah dekat

Saat anak telah dilahirkan, kamu tetap harus memperhatikan nutrisinya. Untuk beberapa waktu, hanya susu yang dapat dicerna oleh anak yang lahir. Bersyukur jika kamu dapat memproduksi Air Susu Ibu (ASI) sendiri, karena beberapa orang tidak dapat atau kurang mampu melakukannya.

ASI dikeluarkan dari payudara seorang Ibu. Untuk mempersiapkan ini, tubuh akan memproduksi ASI bahkan sebelum anak dilahirkan. Salah satu tanda melahirkan sudah dekat memang ASI yang sudah mulai keluar. ASI di masa awal ini disebut kolostrum. Kolostrum ini baik dikonsumsi bayi karena kaya akan nutrisi.

8. Berat Badan Stabil

tanda melahirkan sudah dekat

Saat kamu hamil, berat badan tubuh tentu akan mengalami kenaikan. Selain karena kamu menopang tubuh bayi di dalam perutmu, berat badan juga mungkin naik karena meningkatnya asupan nutrisi ke dalam tubuh. Kamu memang perlu makan dan minum lebih banyak daripada biasanya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin.

Tapi tanda melahirkan sudah dekat justru unik. Berat badan tidak akan lagi naik atau turun tanpa diduga. Berat badanmu akan cenderung stabil di masa ini. Kalaupun terjadi penurunan, itu karena kadar cairan dalam ketuban semakin berkurang seiring dengan berjalannya waktu.

9. Pecah Ketuban

tanda melahirkan sudah dekat

Tanda-tanda persalinan harus segera dilakukan adalah pecah ketuban. Ketika ini terjadi, cairan yang membantu janin tumbuh dan berkembang dengan baik di dalam perut semakin berkurang. Jika persalinan terlambat dilakukan, nyawa janin di dalam perut akan terancam.

Pecah ketuban ditandai dengan keluarnya cairan dari rahim. Jumlahnya sangat banyak bahkan bisa saja mendadak banjir seperti kamu sedang mengompol. Jika kamu masih kesulitan untuk melahirkan, biasanya akan dibantu dengan induksi oleh dokter kandunganmu.

Itu lah ciri-ciri mau melahirkan yang perlu kamu perhatikan. Jika ini sudah terjadi, persiapkan mental yang kuat untuk menjalani proses persalinan ya. Tenang dan semangat ya, karena wanita ditakdirkan untuk menjadi makhluk yang kuat.

Related posts
Kehamilan

Apakah Ada Ciri-ciri Orang Hamil dari Raut Wajah?

Kehamilan

Tips Memilih Dokter Kandungan yang Tepat

KehamilanKesehatan

10 Obat Sakit Gigi yang Aman Bagi Ibu Hamil

KehamilanPersalinan

Serba Serbi Melahirkan Normal di Rumah