Ibu HamilKehamilan

9 Tips Cepat Hamil Bagi Pengantin Baru

tips cepat hamil

Pernikahan adalah momen dimana dua orang menjadi satu keluarga. Dan keluarga tersebut akan semakin utuh jika dilengkapi dengan kehadiran anak. Karena itu, tidak sedikit pengantin baru yang ingin segera memiliki anak. Minimal satu anak, tapi beberapa orang bahkan berharap memiliki lebih dari satu anak.

Baca Juga:

Untuk kamu yang ingin cepat hamil, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Tenang saja, beberapa tips cepat hamil di bawah ini aman untuk dilakukan karena termasuk cara yang alami dan tidak rumit. Pilih cara yang paling sesuai untukmu ya.

1. Pemeriksaan Prakonsepsi

tips cepat hamil

Pemeriksaan prakonsepsi adalah pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh dokter kandungan. Nah mungkin kamu bingung, memangnya sebelum hamil perlu ke dokter kandungan? Jawabannya adalah perlu. Jangan menunggu hamil untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Dokter kandungan akan melakukan pemeriksaan prakonsepsi kepada pasangan yang ingin cepat hamil. Yang diperiksa nantinya adalah kesehatan tubuhmu dan kesiapanmu untuk menjalani proses kehamilan. Karena itu, dokter kandungan akan memberikan rekomendasi yang tepat sesuai dengan kebutuhan kamu dan pasanganmu.

2. Merencanakan Hamil Sehat

tips cepat hamil

Jangan cuma berpikir yang penting cepat hamil. Tapi kamu juga harus berpikir bagaimana caranya untuk hamil dengan sehat. Pertama-tama tentu kamu harus menjaga kesehatan tubuhmu sendiri. Tubuh yang sehat adalah media yang baik untuk pertumbuhan bayi.

Cobalah untuk menghentikan konsumsi makanan bergula tinggi, berlemak jahat, minuman beralkohol, atau rokok. Hal-hal tersebut tidak baik untuk kesehatanmu dan akan mempengaruhi kesiapanmu untuk segera hamil. Konsumsilah makanan makanan yang mengandung asam folat. Setidaknya 1 bulan sebelum hamil karena dapat mengurangi resiko cacat tertentu saat melahirkan.

3. Jangan Konsumsi Pil KB

tips cepat hamil

Yang berikutnya adalah menghentikan penggunaan pil KB atau tidak menggunakannya sama sekali. Kenapa ini penting? Karena KB memang diciptakan untuk menghambat kehamilan. Kalau kamu mengkonsumsinya, kemungkinan kecil saja kamu bisa cepat hamil.

Penggunaan pil KB akan mempengaruhi hormon dalam tubuh. Hal ini akan membuat tubuhmu berada pada kondisi yang tidak siap untuk hamil dengan cepat. Segera setelah menghentikan pemakaian pil KB, biasanya kamu akan lebih cepat hamil.

4. Ketahui Masa Subur

tips cepat hamil

Hal yang paling penting adalah mengetahui kapan masa suburmu. Masa subur dapat diketahui dengan mengamati siklus dan periode menstruasi seorang wanita. Ketika masa subur tiba, sel telur akan dilepaskan dari ovarium. Artinya sel telur kamu sedang aktif-aktifnya sehingga kamu pun cepat hamil.

Kalau kamu bingung sudah banyak aplikasi di Play Store atau App Store yang akan membantumu menghitung masa subur. Dengan begitu, kamu dapat berusaha dengan optimal di waktu yang tepat agar cepat hamil.

5. Berhubungan Sebelum Berovulasi

tips cepat hamil

Setelah mengetahui masa subur, selanjutnya tentu kamu perlu berhubungan intim. Tapi jangan hanya melakukan hubungan tepat di masa subur. Sebenarnya, kamu juga bisa cepat hamil jika berhubungan intim 2 sampai 3 hari sebelum masa subur. Yaitu 2 sampai 3 hari sebelum masuk masa ovulasi.

Sperma yang dikeluarkan pasanganmu dapat bertahan di dalam rahim selama 2 sampai 3 hari. Jadi, mempersiapkan sperma untuk membuahi sel telur sebelum sel telur siap itu lebih baik. Karena sel telur hanya dapat bertahan 12-24 jam setelah dilepaskan.

6. Pilih Waktu Terbaik untuk Berhubungan

tips cepat hamil

Tidak hanya itu, kamu juga perlu tahu waktu yang tepat untuk berhubungan intim. Waktu yang tepat untuk berhubungan, tentunya di masa subur atau dua sampai tiga hari sebelumnya. Masa-masa ini benar-benar paling optimal untuk kamu yang berharap cepat hamil.

Usahakan untuk berhubungan intim tertidur. Alasannya seharusnya setelah sperma dikeluarkan, tubuhmu diposisikan berbaring di tempat tidur. Pada masa ini, sperma sedang menggenang di vagina. Karena itu sebaiknya tidak banyak bergerak agar hasilnya optimal.

7. Jangan Mengkhawatirkan Orgasme

tips cepat hamil

Orgasme adalah momen terbaik saat berhubungan intim. Banyak yang bilang, jika ingin cepat hamil sebaiknya saat kamu dan pasanganmu berorgasme. Padahal, sebaiknya kamu jangan terlalu memikirkan ini. Jika kamu memikirkannya, lama-lama kamu akan cepat khawatir.

Rasa khawatir akan orgasme, dapat membuatmu tidak rileks. Kondisi ini tidak baik bagi kamu ataupun pasanganmu. Hal terpenting saat berhubungan intim adalah mencoba untuk tenang dan tidak terlalu mengkhawatirkan banyak hal.

8. Jangan Pakai Pelumas Tambahan ke Vagina

tips cepat hamil

Salah satu masalah yang mengganggu saat berhubungan intim daerah rasa sakit yang dirasakan oleh wanita. Beberapa di antaranya merasa vaginanya kurang pelumas. Karena itu, ada yang memilih untuk menggunakan pelumas tambahan saat berhubungan intim.

Penggunaan pelumas ke vagina akan menghambat kehamilan. Hal ini terjadi karena keseimbangan pH di vagina akan terganggu. Pergerakan sperma pasangan juga tidak leluasa. Lebih baik kamu konsultasikan dulu saja dengan dokter kandunganmu.

9. Jaga Kualitas Sperma

tips cepat hamil

Tips cepat hamil yang terakhir adalah menjaga kualitas sperma. Tentu saja sperma yang sehat akan dapat bergerak lebih cepat dan lebih aktif. Pergerakan ini selanjutnya saat membuahi sel telur. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah berhenti minum-minuman beralkohol dan berhenti merokok.

Untuk mendapatkan kualitas sperma yang terbaik, sebaiknya pasanganmu memiliki berat badan yang sehat. Selain itu konsumsi juga banyak makanan yang mengandung vitamin C, asam folat, dan seng. Karena nutrisi ini baik untuk meningkatkan volume sperma.

Tips cepat hamil yang disebutkan di atas seharusnya sudah cukup lengkap. Coba kamu praktikkan satu persatu, atau pilih yang kamu anggap perlu. Jika dirasa perlu kamu bisa konsultasikan dengan dokter kandungan ya. Semoga bermanfaat!

Related posts
Ibu HamilKehamilan

6 Tanda Hamil Anak Laki-Laki, Fakta atau Mitos?

KehamilanPrakonsepsi

Beberapa Cara Punya Anak Kembar

Ibu HamilKehamilan

10 Ciri Hamil 1 Minggu yang Harus Kamu Tahu

Ibu HamilKehamilan

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil