ASI & MPASIKehamilan

3 Tips Menjaga Kualitas ASI

tips menjaga kualitas asi

Air Susu Ibu (ASI) adalah sumber nutrisi terbaik untuk anak. Bahkan untuk beberapa waktu, bayi yang baru dilahirkan hanya dapat mengonsumsi ASI. Alasannya karena alat pencernaan bayi masih kecil dan lemah. Perlu dilatih secara bertahap hingga akhirnya bayi yang berkembang dapat mengonsumsi semua jenis makanan.

Baca Juga:

Memang ASI dapat digantikan dengan susu formula dalam kondisi-kondisi tertentu. Tapi sesuatu yang alami biasanya lebih baik bukan? Karena itu, jika kamu dapat memproduksi ASI, perhatikan kualitasnya ya. Simak beberapa tips menjaga kualitas ASI untuk kamu berikut ini, yuk!

1. Menjaga Kesehatan

tips menjaga kualitas asi

Sebenarnya menjaga kesehatan tidak hanya dilakukan setelah kamu menjadi seorang Ibu. Setiap orang harus cermat menjaga kesehatannya agar dapat melakukan berbagai aktivitas. Hari-harimu akan terasa berat jika kondisi kesehatanmu menurun.

Tips menjaga kualitas ASI yang satu ini di antaranya dengan istirahat yang cukup, berolahraga untuk menjaga tubuh tetap bugar, serta mengelola stres dengan baik. Tubuh pasti akan dua kali lebih lelah dari biasanya, karena bukan hidupmu saja yang diperhatikan tapi juga hidup anakmu. Tidak terkecuali kesehatan mental kamu yang mungkin terasa berat karena memikirkan banyak hal.

2. Perbanyak Konsumsi Air Putih

tips menjaga kualitas asi

ASI yang diproduksi tubuh itu berbentuk cairan. Tidak berbeda dengan air susu yang diproduksi hewan atau susu dalam bentuk yang instan. Saat memberikan ASI kepada bayi, prosesnya seperti men-transfer cairan dari dalam tubuhmu ke tubuh lain yang juga membutuhkannya.

Produksi ASI ini tentu akan mengurangi kadar cairan dalam tubuh. Untuk menjaga kualitas ASI, kamu harus menggantikan cairan yang dikeluarkan dengan cairan baru. Cara yang paling baik adalah dengan mengonsumsi air putih sebanyak-banyaknya. Jika memang tubuhmu sudah cukup cairan, air yang tidak diperlukan akan keluar dengan sendirinya melalui sistem pencernaan tubuh.

3. Konsumsi Makanan yang Bersih dan Bernutrisi

tips menjaga kualitas asi

Selain men-transfer cairan, kamu juga akan secara otomatis menyalurkan nutrisi dari tubuhmu ke tubuh bayi. Kesehatan bayi akan bergantung padamu. Agar kamu dapat menjaga kualitas ASI, kamu harus menjaga kebersihan makanan dan mengonsumsi makanan-makanan yang bernutrisi.

Kebersihan makanan ini penting untuk mendukung lancarnya proses produksi ASI. Kualitas ASI dapat kamu tingkatkan, misalnya dengan mengonsumsi jenis makanan berikut:

  • Ikan salmon

    Ikan adalah makanan yang kaya akan nutrisi. Kamu bisa mengiblat pada Jepang saat memilih jenis ikan yang baik untuk dikonsumsi. Dalam upaya menjaga kualitas bayi, konsumsi lah ikan salmon dengan berbagai cara pengolahan.

    Ikan salmon memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi, ditambah vitamin B12, vitamin Dl dan protein baik lainnya. Vitamin D adalah nutrisi yang akan membantumu menjaga kualitas ASI. Selain itu nutrisi yang terkandung dalam ikan salmon dipercaya dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak, serta membantu Ibu menangkal depresi setelah melahirkan.

  • Daging sapi

    Jika kamu kurang suka dengan ikan, kamu dapat memilih daging sapi untuk dikonsumsi. Tenang, daging sapi juga mengandung protein yang tinggi. Kandungan gizinya baik untuk menjaga kualitas ASI. Selain protein, kamu juga akan mendapatkan zat besi, zink, serta vitamin B. Sumber energi yang baik untuk Ibu dan anak.
  • Telur

    Bosan dengan daging-dagingan? Coba kombinasikan asupan nutrisimu dengan telur. Telur adalah sumber protein yang mudah ditemukan di mana saja. Nutrisi berupa vitamin B12, vitamin D, lutein, kolin, folat, ataupun riboflavin akan kamu dapatkan setelah mengonsumsinya.

    Telur adalah bahan makanan yang mudah dicampurkan dengan bahan makanan lain untuk menjadi sajian makanan yang lezat. Konsumsi telur yang cukup untuk menjaga kualitas ASI-mu ya. Tidak perlu takut, konsumsi telur tidak akan terlalu banyak meningkatkan kolesterol dalam tubuh.

  • Kacang-kacangan

    Selain ikan salmon, telur, atau daging, kacang-kacangan juga baik untuk Ibu menyusui. Kacang-kacangan kaya akan nutrisi seperti serat, mineral, dan protein. Beruntungnya, kamu dapat menemui berbagai macam kacang-kacangan di Indonesia. Beberapa makanan khas Indonesia bahkan menjadikan kacang sebagai saus pelengkapnya, seperti ketoprak atau gado-gado.
  • Biji-bijian

    Makanan yang mirip kacang seperti biji-bijian juga dapat dikonsumsi untuk menjaga kualitas ASI. Sama halnya seperti kacang, biji-bijian dilengkapi dengan kandungan mineral, protein, serat, dan vitamin. Belum lagi nutrisi dalam bentuk lemak tak jenuh yang tunggal dan ganda, serta antioksidan yang tidak kalah penting.

    Konsumsi biji-bijian akan menyehatkan tubuhmu. Baik untuk mendukung kerja sehat jantung dan membantumu menghindari penuaan dini. Otomatis kesehatan bayi juga akan terjaga karena kualitas ASI yang baik.

  • Sayuran hijau

    Ada jenis makanan yang tidak kalah penting yaitu sayuran yang berdaun hijau. Sayuran yang berdaun hijau mengandung antioksidan, serat, mineral, dan bahkan kalsium serta vitamin A, C, E, atau K. Makanan jenis ini baik dikonsumsi saat kamu sedang aktif memproduksi ASI ataupun tidak.

    Sayuran hijau ini rendah akan kalori. Tubuhmu akan terjaga kesehatan jika mengonsumsi sayuran hijau dengan rutin. Kamu bisa membuatnya sebagai tumisan, dibuat bersama buah-buahan menjadi minuman bernutrisi, atau diolah menjadi bentuk lain. Usahakan mengonsumsi sayuran hijau sehari sekali ya.

  • Alpukat

    Sebenarnya banyak buah yang mengandung banyak nutrisi. Tapi buah alpukat adalah buah yang sangat baik untuk Ibu menyusui. Konsumsi buah ini akan membuat tubuhmu lebih bertenaga. Dan kamu juga dapat menjadikan alpukat sebagai camilan untuk mengganjal rasa lapar.

    Lemak yang terkandung dalam buah alpukat sangat tinggi namun baik untuk dikonsumsi. Kamu juga akan menerima asupan folat, potasium dan berbagai vitamin. Di antaranya vitamin E, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K.

Untuk kamu para ibu menyusui jangan lupa untuk selalu menjalani pola hidup yang sehat ya agar kualitas ASI terjaga. Konsumsi air putih, dan konsumsi makanan bernutrisi sangat baik dilakukan oleh ibu menyusui. Semoga bermanfaat!

Related posts
Ibu HamilKehamilan

7 Faktor Penyebab Keguguran yang Harus Diwaspadai

Ibu HamilKehamilan

Keputihan Saat Hamil Muda dan Tua

KehamilanKesehatanPrakonsepsi

5 Jenis Vaksin Sebelum Menikah yang Disarankan

Ibu HamilKehamilan

10 Gerakan Yoga untuk Ibu Hamil yang Aman