KehamilanPrakonsepsi

9 Tips Merencanakan Kehamilan Setelah Haid

Tips Merencanakan Kehamilan

Anak adalah hal yang didambakan oleh pasangan yang sudah menikah. Apalagi jika kamu dan pasanganmu baru saja menikah. Biasanya orang-orang yang baru menikah itu ingin sekali memiliki anak. Tetapi belum pengalaman dan belum cara cepat hamil.

Baca Juga:

Hal yang paling utama jika kamu ingin cepat hamil adalah dengan merencanakan kehamilan dengan baik. Perencanaan ini perlu didukung dengan hal-hal yang positif. Apa saja hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk merencanakan kehamilan? Simak ulasan ini sampai selesai yuk.

1. Berhubungan Intim di Masa Subur

Masa-masa terbaik untuk berhubungan intim adalah ketika masa subur datang. Masa subur yang dimaksud yaitu masa subur wanita. Karena wanita lah yang nantinya akan menampung sperma dan mengandung seorang anak sebelum dilahirkan.

Hubungan intim di masa subur akan meningkatkan peluang kamu untuk cepat hamil. Karena itu jangan terburu-buru, cobalah merencanakan kehamilan dengan baik. Cari tahu bagaimana cara menghitung masa subur, sebelum atau setelah haid datang.

2. Konsumsi Asam Folat

Asam folat adalah nutrisi terbaik yang mempengaruhi kualitas sperma dan sel telur seseorang. Orang yang rajin mengkonsumsi asam folat, memiliki volume yang besar. Sel telur juga akan menjadi sehat.

Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat tinggi. Konsumsi makanan ini dalam jumlah yang banyak, selama kamu merencanakan kehamilan. Asam folat juga baik dikonsumsi setelah hamil, karena akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin.

Beberapa makanan yang mengandung asam folat tinggi di antaranya sayuran berwarna hijau, asparagus, brokoli, atau kacang merah. Sedangkan buah-buahan yang juga baik dikonsumsi misalnya alpukat, jeruk, dan tomat. Roti gandum dan sereal juga biasanya kaya akan folat. Coba lah membuat makanan olahan yang nikmat untuk dikonsumsi agar kamu semakin bersemangat ya.

3. Konsumsi Protein dan Vitamin E

Selain asam folat, nutrisi berupa vitamin E dan protein juga baik untuk kamu dan pasanganmu. Jika kamu dan pasangan sedang merencanakan kehamilan, sebaiknya perhatikan makanan-makanan yang kamu konsumsi. Apakah itu mengandung asam folat, protein, serta vitamin E yang tinggi.

Makanan yang sehat akan membuat tubuhmu sehat juga. Vitamin E dan protein menjaga produksi hormon yang stabil dalam tubuh. Jika produksi hormon tetap normal, ini akan berpengaruh terhadap masa subur seseorang.

4. Jaga Berat Badan

Tubuh yang sehat tidak hanya datang dari asupan makanan yang bergizi. Kamu juga harus memperhatikan berat badanmu. Berat badan yang berlebihan atau terlalu sedikit akan mempengaruhi kesuburan tubuhmu.

Menjaga berat badan adalah hal penting yang perlu dilakukan saat kamu merencanakan kehamilan. Wanita yang kegemukan akan sulit untuk hamil. Begitu juga dengan lelaki yang gemuk, kualitas spermanya akan menurun. Jika terlalu kurus baik wanita maupun lelaki, akan terganggu produksi hormon di dalam tubuhmu.

Tips Merencanakan Kehamilan

5. Olahraga dengan Teratur

Untuk menjaga berat badan, kamu dapat melakukannya dengan berolahraga teratur. Beberapa orang bisa saja kesulitan untuk menjaga pola makan. Tetapi berat badan akan terjaga dengan bantuan olahraga ini.

Olahraga yang teratur akan membuat hormon dalam tubuh dan darah bekerja dengan baik. Sistem metabolisme juga akan berjalan lancar. Karena olahraga mendorong tubuh untuk lebih rileks atau lebih tenang. Kondisi ini baik untuk kamu yang merencanakan kehamilan.

6. Menghindari Stres

Sekali lagi, tips cepat hamil yang utama adalah menjaga tubuh dan jiwa yang sehat. Cara membuat tubuh sehat sudah disebutkan sebelumnya. Yaitu dengan mengkonsumsi makanan-makanan bergizi dan berolahraga dengan rutin.

Jiwa yang sehat perlu didorong dengan upaya untuk menghindari stres. Jika kamu stres, hormon tidak akan bekerja dengan baik. Salah satu dampaknya itu kamu kesulitan untuk segera hamil.

7. Menjauhi Hal-hal yang Berpotensi Membahayakan Diri

Rasa stres yang disebutkan sebelumnya, akan berbahaya untuk jiwamu. Tapi bukan hanya itu saja hal yang berbahaya. Ada beberapa hal yang perlu dihindari saat kamu hamil. Jadi usahakan untuk tidak ceroboh dalam bertindak ya.

Untuk merencanakan kehamilan yang sehat, hindari konsumsi makanan yang memberikan efek panas di perut. Misalnya buah durian ataupun buah nanas. Beberapa orang juga menyebutkan sebaiknya menghindari minuman bersoda saat hamil.

8. Berhenti Merokok

Rokok sudah terkenal akan mengganggu kehamilan. Karena itu usahakan kamu dan pasanganmu berhenti merokok. Jika kamu memang tidak merokok itu baik. Tetapi jika pasanganmu masih merokok, sama saja.

Asap rokok yang kamu hisap saat hamil akan mempengaruhi kesehatan janin. Karena itu, berusahalah lebih keras agar pasanganmu atau orang-orang di sekitarmu berhenti merokok. Atau paling tidak, mereka merokok dengan jangkauan yang jauh dari orang-orang yang hamil.

9. Lakukan Kegiatan yang Membahagiakan

Untuk menghindari stres, kamu juga perlu melakukan hal-hal yang membahagiakan. Kenapa sih stres itu berkali-kali dikatakan harus dihindari? Karena jika kamu stres, kamu akan kesulitan merencanakan kehamilan.

Ketika merencanakan kehamilan, lakukan lah dengan ikhlas. Ajak pasanganmu untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang membahagiakan kalian berdua. Misalnya menonton film bersama, wisata kuliner, dan lain sebagainya. Selain dapat mempercepat peluang hamil, kegiatan membahagiakan juga baik untuk hubunganmu dengan pasanganmu

Jika kamu merencanakan kehamilan setelah haid, 9 tips di atas dapat kamu lakukan. Ya, memang sebenarnya tips yang disebutkan sebelumnya tidak hanya bisa kamu lakukan saat kamu merencanakan kehamilan.

Pilih beberapa cara yang kamu sukai atau lakukan semuanya. Cobalah untuk konsisten, terutama untuk menjaga kesehatan dan menjaga ketenangan jiwamu. Semoga kamu cepat hamil ya!

Related posts
Ibu HamilKehamilan

7 Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil

KehamilanPrakonsepsi

Ini Ciri dan Tanda Masa Subur Wanita agar Cepat Hamil

KehamilanPersalinan

11 Perlengkapan Bayi dan Ibu yang Harus Dibawa ke Rumah Sakit

KehamilanPrakonsepsi

Mengapa Susah Hamil? Mungkin Ini Penyebabnya!