ASI & MPASIKehamilan

8 Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui

tips Puasa Bagi Ibu Menyusui

Perhatian orang tua terbesar di masa awal kelahiran anak adalah kandungan gizi dalam tubuhnya. Apalagi jika anakmu baru bisa mengonsumsi satu jenis makanan seperti Air Susu Ibu (ASI). Kualitas ASI akan sangat bergantung pada kandungan gizi dalam tubuh sang Ibu. Lalu bagaimana jika kamu sedang berpuasa?

Baca Juga:

Berpuasa yaitu tidak makan dan minum pada waktu tertentu. Walaupun begitu, tidak perlu khawatir kebutuhan gizi anak tidak tercukupi. Sejauh kamu mengikuti tips puasa bagi bu menyusui di bawah ini, semua akan aman-aman saja.

1. Perhatikan Usia Bayi

tips Puasa Bagi Ibu Menyusui

Usia bayi adalah satu hal penting yang wajib kamu perhatikan. Ada usia-usia tertentu yang memang harus menggantungkan hidupnya pada ASI. Sebaiknya hindari dulu berpuasa jika usia bayimu belum mencapai enam bulan.

Enam bulan pertama adalah bulan-bulan keemasan anak mengembangkan tubuhnya. Pada masa ini bayi akan memulai proses adaptasinya. Tapi jika sudah melewati enam bulan, sebenarnya tidak masalah jika kamu berpuasa.

2. Berhenti berpuasa jika diperlukan

tips Puasa Bagi Ibu Menyusui

Bagaimana pun, kamu lah yang memahami dirimu sepenuhnya. Yang pertama merasakan tubuhmu sehat atau tidak juga kamu sendiri. Walaupun anakmu terlihat kuat seharian saat kamu berpuasa, belum tentu itu terjadi pada kamu.

Jika dirasa puasa saat menyusui membuat tubuhmu menjadi sangat lemah, berhentilah. Puasa tidak dilakukan untuk membuatmu sakit. Sebenarnya berpuasa itu dilakukan untuk menyeimbangkan kebutuhan tubuh yang tidak kamu sadari.

3. Cukup istirahat

tips Puasa Bagi Ibu Menyusui

Kondisi tubuh yang sehat akan berpengaruh positif pada produksi ASI. Seimbangkan pergerakan tubuhmu saat berpuasa dengan beristirahat yang cukup. Apalagi jika kondisi tubuhmu sedang sangat lemah dan terserang penyakit.

Pada hari-hari biasa saja, tubuh perlu diistirahatkan. Apalagi saat sedang berpuasa, di mana tidak setiap waktu kamu menerima asupan gizi dari luar tubuh. Kegiatan sederhana ini sangat penting dilakukan untuk puasa saat menyusui.

4. Maksimalkan menyusui di malam hari

tips Puasa Bagi Ibu Menyusui

Memang sangat dimungkinkan, produksi ASI berkurang saat kamu berpuasa di siang hari. Jelas karena tidak ada gizi tambahan yang masuk ke dalam tubuhmu di siang hari. Umat beragama islam menambahkan asupan gizi yang dibutuhkan tubuh saat sahur sebelum matahari terbit, dan saat berbuka setelah matahari terbenam.

Tips puasa saat menyusui yang satu ini dilakukan untuk menghadapi itu. Coba maksimalkan menyusui anakmu di malam hari. Jumlah dan kualitasnya akan lebih baik karena gizi dalam tubuhmu sudah kembali karena berbuka puasa.

5. Pompa ASI saat produksinya tinggi

tips Puasa Bagi Ibu Menyusui

Tips puasa saat menyusui selanjutnya adalah menyediakan ASI agar bisa dikonsumsi kapan pun oleh anakmu. Sebelumnya kamu sendiri harus memperhatikan produksi ASI yang kamu hasilkan. Tips yang satu ini dapat dilakukan oleh kamu yang dapat memproduksi ASI dalam jumlah yang tinggi.

Coba amati, kapan waktu yang memungkinkan kamu memproduksi ASI sangat banyak. Apakah itu di malam hari atau dini hari? Selagi ini terjadi, manfaatkan momen dengan memompa ASI dan menyimpannya di lemari penyimpanan khusus. Jadi anakmu dapat makan atau minum kapan pun ia mau.

6. Jaga jumlah cairan dalam tubuh

tips Puasa Bagi Ibu Menyusui

Tips lainnya adalah tips menyusui pada umumnya. Karena memproduksi ASI akan mengurangi cairan dalam tubuhmu, kamu harus mengembalikannya. Belum lagi jika kamu memahami, puasa di siang hari saat kamu belum memiliki anak saja, cairan tubuh berkurang dengan sendirinya.

Untuk menjaga keseimbangan tubuh, kamu harus tetap mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup. Minum lah banyak air putih saat sahur dan berbuka puasa. Hal ini akan membuat kamu tetap kuat walaupun puasa saat menyusui.

7. Sediakan gizi baik dalam ASI

tips Puasa Bagi Ibu Menyusui

Selain jumlah, kamu juga harus selalu menjaga kualitas ASI. Ini bisa dilakukan dengan memperhatikan nutrisinya. Karena ASI diproduksi langsung dari tubuhmu, makan untuk menjaga kualitasnya kamu harus menyediakan gizi yang baik dari dalam tubuh.

Bayi akan tetap sehat walaupun kamu puasa saat menyusui. Asalkan hal ini benar-benar kamu perhatikan ya. Komposisi gizi yang baik dari makananmu minimal ada 50% karbohidrat, 30% protein, dan 20% lemak. Kalau kamu terbangun di malam hari, makan saja untuk tetap menjaga pola makan tiga kali dalam sehari.

8. Konsultasi dengan dokter

tips Puasa Bagi Ibu Menyusui

Banyak orang mengkhawatirkan puasa saat menyusui. Padahal sebenarnya, sejauh kamu menjalani tips-tips sebelumnya, puasa bukan lah masalah untuk kamu ataupun anakmu. Coba lah dulu walaupun kamu takut. Toh jika merasa tidak kuat, kamu dapat segera berbuka puasa.

Bagaimana jika kamu sudah berhasil berpuasa, tapi tetap khawatir? Ragu apakah kamu dan anakmu tetap dalam kondisi yang sehat. Jika begitu, coba konsultasikan dengan dokter. Biarkan dokter mengamatimu dari kacamata kedokteran. Dokter akan memberikan saran yang kamu butuhkan mengenai puasa saat menyusui.

Puasa adalah hal yang baik dilakukan jika kamu menjalaninya dengan tepat. Walaupun puasa saat menyusui adalah hal baru untukmu, bukan berarti ini tidak baik untuk kesehatan kamu dan anakmu. Bahkan orang yang sedang hamil saja sebenarnya tidak masalah jika berpuasa.

Tapi kondisi tubuh satu orang bisa saja berbeda dengan orang lain. Selain dirimu sendiri yang mampu mengenalinya, orang lain seperti dokter juga bisa menganalisa kebutuhan kamu dan anakmu. Seperti saran di atas, lakukan yang terbaik dan jangan memaksakan diri ya.

Related posts
Ibu HamilKehamilan

7 Faktor Penyebab Keguguran yang Harus Diwaspadai

Ibu HamilKehamilan

Keputihan Saat Hamil Muda dan Tua

KehamilanKesehatanPrakonsepsi

5 Jenis Vaksin Sebelum Menikah yang Disarankan

Ibu HamilKehamilan

10 Gerakan Yoga untuk Ibu Hamil yang Aman