Kesehatan

Bagaimana Cara Agar Badan Tidak Bungkuk? Ini Panduan Praktisnya

cara agar badan tidak bungkuk

Semua orang mengidamkan tubuh yang indah. Salah satu kriterianya adalah tubuh tegap dan tidak bungkuk. Namun, tidak mudah menjaga bentuk tubuh. Kesalahan posisi duduk, tidur, maupun berdiri menyebabkan tubuh tidak lagi tegak. Efeknya, penampilan pun terganggu. Kemudian, rasa minder dan tidak percaya diri muncul.

Apakah badan bungkuk hanya terjadi pada orang yang sudah tua? Tidak. Justru di zaman sekarang, anak mudalah yang tubuhnya rentan membungkuk.

Baca Juga:

Di artikel ini, kamu akan menemukan cara agar badan tidak bungkuk. Namun sebelum itu, kamu perlu tahu apa sebetulnya penyebab kebungkukkan?

Kondisi Badan Bungkuk

badan tidak bungkuk

Kondisi tulang belakang melengkuk yang menyebabkan tubuh tampak bungkuk disebut kifosis. Umumnya, disebut kifosis apabila lengkungan tulang belakang mencapai 50 derajat atau lebih.

Kelainan tulang kifosis tidak menimbulkan sakit. Tapi ada juga kasus-kasus di mana penderitanya mengeluh sakit di bagian punggung, dada, atau kesulitan bernafas.

Gejala yang tampak bisa dilihat dari perubahan posisi bahu dan kepala. Pada penderita kifosis, posisi bahu kanan dan kiri tidak sama. Bila dilihat dari depan, posisi kepala tampak lebih condong ke depan, dan punggung atas lebih tinggi dari biasanya.

Faktor Penyebab Badan Bungkuk

badan tidak bungkuk

1. Postur tubuh yang salah

Bersandar di kursi dengan posisi membungkuk, membawa tas punggung terlalu berat, atau berdiri terlalu condong ke depan dapat mengubah bentuk tulang belakang. Walaupun tidak terjadi seketika, kebiasaan melakukan hal-hal tersebut yang diulang terus-menerus berisiko tinggi membuat badan bungkuk.

2. Kelainan bawaan

Walaupun jarang terjadi, badan yang bungkuk juga bisa terjadi sejak seseorang masih berada di dalam kandungan. Ini disebabkan oleh pembentukan tulang belakang si janin yang tidak sempurna Nantinya, kondisi ini akan bertambah parah seiring penderitanya bertumbuh besar.

Selain itu, ada juga kelainan bawaan berupa kondisi tulang yang rapuh. Tulang yang rapuh lebih rawan mengalami perubahan postur atau bahkan patah dibanding tulang yang normal. Bahkan, tekanan atau gerakan sedikit saja berpotensi membuat tulang yang rapuh menjadi rusak.

Tidak diketahui pasti apa yang menyebabkan seseorang bisa mengalami kelainan bawaan terkait tulang di tubuhnya. Beberapa ahli berasumsi faktor genetiklah penyebabnya.

3. Menggunakan PC / gadget terlalu lama

Kemudahan yang kita peroleh dari teknologi tanpa kita sadari mengubah olah tubuh kita. Misalnya, keberadaan internet membuat seseorang betah berlama-lama duduk di depan komputer. Selain itu kehadiran smartphone yang memungkinkan kamu browsing hingga menonton video dari mana saja membuat kebiasaan duduk seharian atau berbaring di kasur dalam waktu lama.

Orang-orang jadi cenderung malas bergerak. Kabar buruknya, tubuh yang jarang berolahraga lebih rentan untuk membungkuk. Cara duduk atau tidur yang salah, misalnya, dapat membengkokkan tulang punggung. Maka jangan heran apabila di zaman serba canggih seperti ini, justru anak mudalah yang berpotensi paling besar untuk mengalami kebungkukkan badan.

Cara Agar Badan Tidak Bungkuk

badan tidak bungkuk

Mencegah badan bungkuk bisa dilakukan dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan menjaga postur tubuh yang benar saat beraktivitas sehari-hari. Tanpa kita sadari, inilah yang berpotensi besar mengubah bentuk tulang punggung.

Sekarang, mari kita mencari cara agar badan tidak bungkuk dengan melakukan sedikit penyesuaian terhadap kegiatan-kegiatan kecil sehari-hari.

1. Duduk

  • Punggung rata dan tegak menempel ke sandaran. Jika kamu duduk di sofa, tempatkan bantal untuk menyangga punggungmu
  • Jika kamu gemar membaca buku sambil duduk, posisikan buku di atas pangkuan. Atau, lebih baiknya, gunakanlah meja yang diletakkan di depan kursimu
  • Posisikan leher sejajar dengan kepala kursi
  • Usahakan kakimu sejajar dengan pinggul
  • Belilah kursi yang ukurannya sesuai dengan tinggi badanmu untuk di rumah

2. Berdiri

  • Kepala lurus ke depan dan jangan tempelkan dagu menyentuh leher
  • Tegakkan punggung dengan menariknya ke atas
  • Bertumpulah pada kedua kaki secara seimbang dan berpijaklah dengan bagian tengah telapak kaki saat berjalan
  • Jangan berdiri terlalu lama
  • Barang bawaan yang berat, seperti tas atau plastik, bisa membengkokkan punggung, jadi sebaiknya kurangilah berat bawaanmu

3. Berbaring

  • Pilih alas yang permukaannya rata dan tidak keras
  • Posisikan punggungmu lurus saat terlentang dan tengkurap
  • Kalau kamu tidur dengan posisi menyamping memeluk guling, pilihlah guling yang pas dengan tinggi badan dan letakkan sejajar dengan dagu

Gerakan untuk Memperbaiki Badan yang Bungkuk

badan tidak bungkuk

Tubuh yang sehat adalah tubuh yang banyak bergerak. Makanya, kalau kamu mencari cara agar badan tidak bungkuk, salah satu yang bisa kamu terapkan adalah berolahraga. Tidak perlu melakukan olahraga yang rumit. Kamu bisa memperbaiki postur tubuhmu dengan beberapa gerakan latihan memperbaiki postur tubuh di bawah ini.

1. Peregangan leher

Posisikan telaak tangan di dagu, lalu dorong ke atas perlahan-lahan. Rasakan tekanan pada leher bagian belakangmu. Setelah 2 x 10 detik, dorong salah satu sisi pipimu untuk melatih sisi samping leher. Selanjutnya, ulangi pada sisi yang lain.

2. Peregangan lengan dan punggung

Angkat kedua tanganmu lurus ke atas dan tarik perlahan-lahan hingga kamu bertumpu pada ujung-ujung kaki. Rasakan tarikan pada punggung. Pertahankan posisi ini selama 2 menit. Setelahnya, lakukan gerakan yang sama ke arah kiri dan kanan. Latihan ini bermanfaat untuk meluruskan punggung dan lengan.

3. Back up

Jika kamu ingin meluruskan badan yang bungkuk, sebaiknya hindari gerakan sit up. Sebagai penggantinya, lakukan gerakan back up yang tak lain kebalikan dari sit up. Caranya, berbaringlah tengkurap dan posisikan tangan di belakang leher. Secara perlahan, angkatlah bagian atas tubuhmu seolah kamu ingin menyentuhkan kepala ke punggung. Ulangi gerakan ini 2 x 10 kali.

4. Plank

Plank merupakan gerakan yang baik untuk meluruskan punggung dan mengencangkan perut. Caranya, ambil posisi seperti ingin melakukan push up. Bedanya, tekuk lengan 90o untuk jadi tumpuan. Angkat dagu dan posisikan kepala menghadap ke depan, lalu tahan posisi jangan sampai perut dan lutut menyentuh lantai. Luruskan punggung sejajar dengan kaki. Pertahankan posisi ini selama 1 menit.

Meski tampak sederhana, melakukan gerakan-gerakan tersebut secara rutin bisa menjadi cara agar badan tidak bungkuk. Mulailah dengan porsi rendah untuk membiasakan diri. Setelah terbiasa, tingkatkan frekuensi latihan.

Temukan info kesehatan lainnya di portal Okadoc.id. Semoga bermanfaat!

Related posts
Bayi & Anak-AnakIbu & BayiKesehatan

7 Teether Alami untuk Bayi yang Tumbuh Gigi

Kesehatan

Perbedaan Cardiac Arrest dan Serangan Jantung yang Harus Kamu Tahu

Kesehatan

Ini 10 Tanda Jika Kamu Butuh Me Time

Kesehatan

Ini Kadar Kolesterol Normal untuk HDL, LDL, Total, dan Trigliserida