KesehatanPria

9 Bahaya Merokok Bagi Tubuh, Yuk Berhenti Sekarang Juga!

bahaya merokok

Orang yang merokok memiliki berbagai alasan tersendiri mengapa memulainya. Ada yang mulai karena iseng saat berkumpul bersama teman. Ada yang merasa bosan dan mencari kebiasaan baru. Atau bahkan ada juga yang menjadikan rokok sebagai alat bantu pelepas stres yang terasa mengganggu.

Baca Juga:

Apapun alasannya, memulai merokok merupakan langkah awal bagi kamu untuk terikat pada sesuatu yang sulit dilepaskan. Bagaimana tidak, banyak orang yang kesulitan untuk berhenti merokok. Ini disebabkan oleh kandungan nikotin dalam rokok yang memberikan efek kecanduan pada penggunanya.

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh

bahaya merokok

Pertanyaan berikutnya, memangnya kenapa kamu harus berhenti merokok? Untuk menjawab ini, kamu harus lebih seksama memperhatikan kemasan rokok. Sudah disebutkan apa saja dampak dari konsumsi rokok. Untuk lebih jelasnya, bahaya merokok dapat diketahui di sini.

1. Kanker

Kanker adalah penyakit paling berat yang dapat timbul jika kamu tidak berhenti merokok. Konsumsi rokok dapat memicu timbulnya penyakit kanker paru-paru, kanker pita suara, kanker usus, ataupun kanker hati. Hal ini disebabkan oleh peningkatan radikal bebas di dalam tubuh yang menjadi pemicu pertumbuhan sel yang tidak normal. Radikal bebas sendiri berasal dari 60 bahan kimia atau lebih dalam rokok yang sifatnya karsinogen atau memang menyebabkan kanker.

2. Paru-paru obstruktif kronik

Rokok dikonsumsi dengan cara diisap dari mulut. Karena itu hubungannya erat dengan paru-paru. Tentu ada dampak khusus di bagian paru-paru karena kebiasaan merokok ini.

Dilansir dalam kompas.com, Rumah Sakit Persahabatan Jakarta melakukan penelitian yang menunjukkan penyakit paru-paru obstruktif kronik diderita oleh pasien yang memiliki riwayat merokok. Kira-kira jumlahnya 92 persen dari yang mendapatkan perawatan di sana.

Tidak hanya itu, sudah diketahui juga secara umum bahwa perokok pasif akan menerima dampaknya. Risiko gangguan pernafasan seperti bronkitis, tuberkulosis, ataupun asma dapat meningkat tanpa disadari.

3. Hipertensi

Asap rokok memiliki kemampuan yang sangat unik. Selain berpengaruh terhadap paru-paru, asapnya juga dapat mengalir ke pembuluh darah. Sayangnya ini menjadi salah satu bahaya merokok yang perlu kamu waspadai.

Adanya kandungan nikotin dalam rokok dapat menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah serta pembuluhnya menjadi keras akibat penumpukan plak. Tekanan darah menjadi didorong lebih cepat oleh jantung, sehingga dapat menyebabkan hipertensi.

4. Penyakit jantung

Dengan konsep yang sama seperti hipertensi, rokok mendorong kerja aktif pada jantung. Bukan tidak mungkin, setelah hipertensi penyakit lain seperti jantung koroner dapat timbul tiba-tiba. Di sisi lain, kandungan zat-zat kimia dalam rokok dapat bersifat beracun bagi tubuh. Racun ini menjadi penyebab rusaknya struktur otot jantung serta pembuluh darah jantung.

5. Diabetes

Udara yang tidak bersih dapat mengganggu kinerja insulin dalam tubuh. Selain menghindari polusi, berhenti merokok dapat menjaga insulin tetap bekerja dengan baik. Insulin yang dihasilkan pankreas ini mampu mengubah glukosa menjadi energi. Jika kinerjanya terganggu, penyakit seperti diabetes dapat timbul dengan mudah.

6. Stroke

Bahaya rokok yang lainnya yaitu dapat memicu timbulnya penyakit stroke. Stroke adalah penyakit yang memungkinkan tubuhmu sangat kesulitan untuk bergerak. Hal ini dapat terjadi karena adanya kerusakan pembuluh darah, termasuk yang ada di dalam otak. Nikotin dapat menjadi penyebabnya, diawali dengan penyumbatan yang terjadi di pembuluh darah ke otak.

7. Disfungsi ereksi

Rokok paling banyak dikonsumsi oleh laki-laki. Padahal ada bahaya rokok yang mengintai, berhubungan dengan jenis kelamin. Pembuluh darah terdapat di seluruh bagian tubuh, termasuk hingga ke alat kelamin lelaki.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, merokok dapat menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah. Jika darah terhambat alirannya ke penis, kamu dapat mengalami disfungsi ereksi. Yaitu keadaan di mana kamu tidak mampu mempertahankan atau bahkan mencapai ereksi. Bahaya merokok yang lebih jauh, bahkan dapat menjadi salah satu faktor gangguan infertilitas.

8. Gangguan kehamilan dan janin

Tidak hanya bagi kaum laki-laki, merokok juga berbahaya untuk perempuan. Baik jika kamu merupakan perempuan yang merokok secara aktif maupun pasif. Sama seperti lelaki, gangguan infertilitas dapat timbul sehingga kamu kesulitan untuk hamil.

Sekalipun sudah hamil, sebaiknya hindari asap rokok. Lagi-lagi, kandungan nikotin dalam rokok yang menyumbat pembuluh darah, dapat memberikan efek lain. Yaitu terhambatnya juga aliran nutrisi dan oksigen ke kandunganmu. Selanjutnya adalah risiko tinggi bayi tidak tumbuh dengan normal saat ada dalam kandungan ibu.

9. Kulit keriput

Bahaya merokok terakhir mungkin lebih berdampak pada penampilan. Radikal bebas yang terkandung dalam tubuh akan mempengaruhi kondisi kulit. Kulit akan cepat mengalami penuaan dengan tampilan yang kering, kusam, bahkan berkeriput.

Apa yang Terjadi Setelah Kamu Berhenti Merokok?

bahaya merokok

Berhenti merokok bisa saja membuatmu tidak nyaman, karena ada kebiasaan yang kamu paksakan untuk dihilangkan. Kebanyakan orang tidak berhasil di percobaan pertama. Tapi mungkin beberapa manfaat di bawah ini akan memotivasimu untuk berhenti merokok. Secara bertahap, ini lah yang akan terjadi pada tubuhmu.

  • 20 menit: detak jantung dan tekanan darah menurun.
  • 12 jam: karbon monoksida di tubuhmu turun ke level normal.
  • 48 jam: saraf yang ‘rusak’ teregenerasi indra penciuman dan perasa kembali normal.
  • 2 minggu – 3 bulan: risiko serangan jantung menurun dan fungsi paru-paru membaik.
  • 1 – 9 bulan: batuk-batuk dan pernafasan yang pendek mengurang.
  • 1 tahun: risiko gangguan hati menurun.
  • 5 tahun: risiko kanker dan stroke menurun.
  • 10 tahun: risiko meninggal dari kanker menurun.

Bagaimana, setelah mengetahui bahaya merokok dan apa yang akan terjadi jika kamu berhenti merokok, apakah rasanya menjadi bersemangat? Mulai lah dengan membulatkan tekad secara penuh untuk berhenti merokok. Tubuhmu akan semakin sehat jika berhasil melakukannya dengan baik. Yuk mulai niatkan untuk berhenti merokok sekarang juga!

Related posts
Bayi & Anak-AnakIbu & BayiKesehatan

7 Teether Alami untuk Bayi yang Tumbuh Gigi

Kesehatan

Perbedaan Cardiac Arrest dan Serangan Jantung yang Harus Kamu Tahu

Kesehatan

Ini 10 Tanda Jika Kamu Butuh Me Time

Kesehatan

Ini Kadar Kolesterol Normal untuk HDL, LDL, Total, dan Trigliserida