KesehatanPenyakit A-Z

10 Buah Penurun Darah Tinggi

Buah Penurun Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau dikenal dengan istilah hipertensi merupakan kondisi ketika tekanan darah lebih tinggi dari 140/90 milimeter merkuri (mmHG). Ada beragam cara untuk mengatasi gejala hipertensi ini, salah satunya dengan mengonsumsi buah penurun tekanan darah.

Hal yang Meningkatkan Risiko Terkena Hipertensi

Buah Penurun Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi tidak akan berisiko sama bagi semua orang. Berbeda jenis kelamin, berbeda pula risikonya. Pria ternyata punya risiko komplikasi yang lebih tinggi ketimbang wanita, meskipun pada tekanan darah yang sama. Tidak hanya itu, orang yang berusia lanjut dan orang Afrika juga punya risiko lebih tinggi dari usia dan etnis lainnya. Sehingga ini menjadi pertanda bagi kamu untuk mengontrol hipertensi sedini mungkin.

Baca Juga:

Ada berbegai penyebab tekanan darah meningkat, yaitu karena kelebihan hormon tertentu atau penyakit ginjal. Jika hipertensi disebabkan oleh penyakit tertentu disebut hipertensi sekunder. Sementara hipertensi yang tidak diketahui penyebabnya disebut essential hypertension.

Buah Penurun Tekanan Darah Tinggi

Buah Penurun Darah Tinggi

Memanfaatkan buah untuk menurunkan hipertensi bisa dijadikan sebagai pegganti obat atau juga sebagai terapi pendampingan. Buah penurun tekanan darah tinggi artinya buah yang tidak hanya memberikan vitamin dan mineral, tetapi juga membantu untuk mengontrol tekanan darah kamu.

Apa saja buah penurun tekanan darah tinggi (hipertensi) yang terbukti efektif dan bisa kamu coba? Berikut daftarnya.

1. Buah bit

Buah bit merah adalah tanaman sejenis umbi-umbian dengan warna ungu kemerahan yang berbentuk seperti kentang. Banyak orang mengonsumsi buah bit dengan cara dijus atau diolah menjadi makanan yang enak dan sedap.

Buah bit ini ternyata menjadi salah satu buah penurun tekanan darah tinggi. Buah yang berasal dari keluarga Amaranthaceae-Chenopodiaceae ini juga dipercaya mencegah kekurangan darah. Hal ini karena buah bit mengandung bermacam kandungan, seperti asam folat, kaliumen, serat, zat besi, vitamin C, magnesium, fosfor, caumarin, betasianin, dan triptofan.

Buah bit ini bisa disantap dengan beragam cara seperti dibuat salad, dipanggang, ataupun di jus. Cara paling terkenal dan diyakini mampu menjaga kandungan yang ada dalam buahnya dengan dihancurkan lalu diblender, lalu air perasan buah bit tersebut diminum.

2. Pisang

Pisang merupakan buah yang disukai oleh banyak orang yang punya kandungan kalium, kalsium, dan magnesium. Selain itu, pisang juga mengandung karbohidrat, mangan, protein, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan serat. Buah yang kaya akan kandungan nutrisi ini, ternyata juga kaya akan manfaat untuk kesehatan.

Salah satunya baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi karena mengandung kalium yang cukup tinggi. Sehingga rutin mengonsumsi buah pisang bisa menjadi langkah untuk menurunkan dan menjaga tekanan darah kamu.

3. Buah berry

Buah yang termasuk dalam jenis buah-buahan berry adalah blueberry, blackberry, strawberry, raspberry, dan juga cransberry. Kenapa buah berry menjadi buah penurun tekanan darah tinggi? Sebab, buah berry mengandung vitamin, antioksidan, dan mineral yang tinggi sehingga baik untuk menjaga tekanan darah kamu.

Buah Penurun Darah Tinggi

Memang semua jenis buah berry baik untuk dikonsumsi dan bisa menjadi buah penurun tekanan darah tinggi. Namun, buah berry yang punya antioksidan lebih berupa flavonoid yang tinggi adalah blueberry. Buah lezat ini bisa langsung kamu konsumsi tanpa perlu diolah terlebih dahulu. Atau jika mau, kamu bisa mencampurkannya dengan oat untuk dikonsumsi saat waktu sarapan.

4. Jeruk

Jeruk dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin A, vitamin C, kalium, serat, fruktosa, polyphonel, limonoid, karetonoid, beta karotin,hesperidin, magnesium, karbohidrat, dan flavonoid. Sehhingga jeruk memang dikenal memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh, seperti menurunkan tekanan darah tinggi, mengobati sembelit, mencegah kanker, menurunkan kolesterol, mengurangi radang otot dan sendi, memelihara kesehatan jantung dan sebagainya. 

Konsumsi jeruk secara rutin bisa memberikan manfaat yang banyak sekali bagi tubuh. Bagi penderita hipertensi, ada baiknya mengunsumsi buah jeruk karena merupakan buah penurun tekanan darah tinggi.

5. Kiwi

Sama seperti buah pisang, buah kiwi juga mengandung kalium, kalsium, dan juga magnesium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. 

Dalam penelitian yang dilakukan pada tahun 2011, partisipan yang mengalami tekanan darah tinggi disuruh mengonsumsi tiga buah kiwi dan satu buah apel dalam sehari. Ternyata, peneliti menemukan bahwa konsumsi kiwi bisa menurunkan tekanan darah karena adanya komponen antioksidan yang terkandung pada buah.

Namun peneliti menyarankan agar mengonsumsi buah dalam jumlah yang wajar, sebab menurut peneliti, buah bukanlah satu-satunya solusi yang bisa menurunkan tekanan darah.

Buah yang ditetapkan menjadi buah nasional Selandia Baru ini bisa dikonsumsi dengan berbagai cara. Selain mengonsumsinya secara langsung, kamu juga bisa menjadikannya sebagai topping untuk kue atau sebagai campuran jus.

6. Alpukat

Buah yang dikenal memiliki kandungan lemak yang tinggi ini ternyata juga termasuk buah penurun tekanan darah tinggi, lho. Lemak yang terkandung pada buah alpukat ini merupakan kandungan lemak baik sehingga tidak akan membuat tubuh menjadi tidak sehat.

Selain itu, alpukat ternyata mengandung kalium yang tinggi sehingga bisa menurunkan tekanan darah tinggi jika dikonsumsi oleh penderita. Bagian terbaik pada buah alpukat adalah daging buah yang dekat dengan bagian kulitnya.

7. Anggur

Anggur memang dikenal baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidak hanya menurunkan kadar kolesterol dalam darah, ternyata mengonsumsi anggur juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.  Buah anggur ini mengandung kalium yang diyakini dapat menjaga dan menekan kelebihan natrium pada tubuh yang merupakan pemicu hipertensi.

8. Melon

Buah yang efektif menjadi penurun tekanan darah tinggi lainnya adalah melon. Melon dikenal mengandung potasium atau kalium yang tinggi yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, melon juga mengandung vitamin A, C, B5, kalsium dan serat. 

9. Nanas

Buah nanas mengandung enzin yang bernama bromelain yang berkhasiat menangani peradangan dan dapat ditemukan pada berbagai jenis obat. Selain dapat mengobati peradangan, bromelain ini juga memiliki manfaat baik untuk menurukan tekanan darah alias hipertensi.

10. Semangka

Buah penurun tekanan darah tinggi atau hipertensi yang terakhir adalah semangka karena mengandung senyawa yang bernama L-citrulline yang bisa membantu pembuluh darah berelaksasi. Sehingga baik untuk menjadi obat penurun darah tinggi. Tidak hanya itu, semangka juga baik dikonsumsi oleh penderita anemia.

Related posts
KecantikanKesehatan

Bahaya Kosmetik Palsu dan Oplosan Serta Cara Menghindarinya [Panduan Lengkap]

Penyakit A-Z

Hepatitis B: Gejala dan Cara Mengatasinya

Penyakit A-Z

Pembunuh Mematikan Bernama Kanker Paru-Paru

Penyakit A-Z

Varises; Gejala, Faktor Resiko, dan Cara Pengobatannya