KesehatanPriaWanita

Cara Menggemukkan Badan Secara Alami

cara menggemukkan badan

Berat badan yang ideal memang menjadi impian tersendiri bagi banyak orang. Selain karena alasan kesehatan, tingkat kepercayaan diri juga semakin meningkat bila memiliki bobot tubuh yang ideal. Dengan kepercayaan diri yang tinggi, tentunya seseorang akan lebih mudah berinteraksi dan mengaktualisasikan dirinya.

Baca Juga:

Biasanya, kebanyakan kasus yang terjadi adalah banyak orang ingin menurunkan berat badan untuk mencapai angka ideal. Namun tak sedikit pula kasus dimana beberapa orang justru ingin menambah massa tubuhnya agar tidak terlalu kurus. Biasanya alasan-alasan berikut ini yang membuat orang-orang memilih untuk menaikkan berat badannya.

Alasan Ingin Menggemukkan Badan

cara menggemukkan badan

1. Berat badan dibawah rata-rata

Rata-rata berat badan merupakan standar ideal, biasanya diukur menggunakan rumus BMI atau body mass index. Banyak orang yang khawatir dan ingin menggemukkan badan setelah mengetahui bahwa berat badannya ternyata masih dibawah standar yang ideal.

Sebab, orang-orang dengan berat badan kurang dari ataupun melebihi angka ideal lebih rentan terkena penyakit dibanding mereka yang memiliki bobot ideal.

2. Berat badan susah naik

Porsi makan seabrek, tetapi badan masih kurus-kurus saja? Beberapa orang memang mengalami masalah yang cukup pelik ini, dimana asupan nutrisi mereka sebenarnya sudah cukup secara kuantitas namun kondisi metabolisme tubuh membuat berat badan mereka tidak naik sedikitpun. Hal ini biasanya disebabkan oleh faktor genetik, dimana orang tua atau keluarga ada yang mengalami masalah serupa.

3. Omongan orang yang kurang menyenangkan

Selain faktor biologis, secara sosial terdapat pula faktor yang memengaruhi keinginan seseorang untuk menaikkan berat badannya. Tak dapat dipungkiri bahwa omongan orang lain terutama yang berada di sekitar kita mengenai berat badan yang dibawah angka ideal kerap kali membuat kita merasa risih dan terganggu.

Tidak hanya orang dengan kelebihan berat badan saja yang kerap mengalami kejadian tidak mengenakkan, orang-orang yang dianggap terlalu kurus pun mengalami problema serupa. Sayangnya, di Indonesia masih belum banyak orang yang sadar bahwa omongan yang sifatnya menyinggung mengenai kondisi fisik orang lain alias body shaming merupakan sesuatu yang kurang sopan dan bisa dibawa ke ranah hukum.

Cara Alami Menggemukkan Badan

cara menggemukkan badan

Bagi kamu yang ingin menggemukkan badan dengan cara yang aman, cara menggemukkan badan secara alami dapat menjadi opsi yang kamu pilih.  Berikut ini beberapa cara alami yang tentunya aman dan efektif dalam menambah berat badan hingga mencapai angka ideal.

1. Tingkatkan frekuensi makan

Porsi makan yang cukup merupakan kunci untuk meningkatkan berat badan secara alami. Akan tetapi, orang kurus cenderung cepat merasa kenyang dan eneg ketika makan. Oleh sebab itu, biasanya orang kurus hanya mampu menghabiskan makanan dalam porsi yang lebih sedikit dibanding kebutuhan nutrisi hariannya.

Untuk mengatasi hal ini, bagi porsi makan dalam 5 sampai 6 kali makan alias meningkatkan frekuensi makan. Makan dengan porsi kecil dengan frekuensi yang lebih sering terbukti efektif bagi orang kurus dibanding makan dengan porsi besar sekaligus.   

2. Pilih makanan bernutrisi

Junk food, soda, keripik kentang dan makanan sejenis lainnya memang mengandung banyak gula yang mampu meningkatkan berat badan secara kilat. Namun makanan-makanan tersebut sangat minim akan nutrisi dan justru beresiko menimbulkan gangguan kesehatan apabila dikonsumsi secara terus menerus.

Jika ingin meningkatkan berat badan dengan cara yang aman, pilihlah makanan yang kaya akan nutrisi untuk konsumsi harianmu. Hindari mengonsumsi makanan berlemak ataupun yang mengandung kalori serta gula dalam jumlah yang cukup besar. Pilih makanan sehat seperti buah, sayur, serta kacang-kacangan.

3. Rutin mengonsumsi jus atau smoothies

Buah memang menjadi salah satu makanan yang direkomendasikan untuk meningkatkan berat badan secara alami karena kaya akan kandungan mineral, air dan vitamin. Rutin meminum jus buah dapat menjadi salah satu cara menaikkan berat badan.

Kamu juga bisa mengombinasikan buah dengan susu atau yoghurt dan mengolahnya menjadi smoothies yang cocok disajikan saat sarapan pagi. Kedua jenis olahan dari buah ini sesuai untuk menggemukkan tubuh karena teksturnya yang halus membuat nutrisi yang terkandung menjadi lebih mudah diserap oleh tubuh kita.  

4. Olahraga secara teratur

Olahraga tidak hanya harus dilakukan oleh mereka yang ingin menurunkan berat badannya. Sebagian orang beranggapan olahraga akan membuat bobot mereka menyusut sehingga menghindari melakukan olahraga ataupun banyak bergerak saat sedang ingin menggemukkan badan. Ini merupakan salah kaprah yang cukup fatal.

Berolahraga secara teratur justru sangat penting apabila kita ingin mencapai berat badan yang ideal. Setelah melakukan olahraga, biasanya kita akan merasa lapar sehingga asupan nutrisi pun akan bertambah setelah rutin berolahraga.

5. Batasi latihan kardio

Meskipun olahraga sangat dianjurkan untuk membentuk tubuh menjadi ideal, akan tetapi kamu harus memerhatikan jenis olahraga yang dilakukan. Sangat penting untuk membatasi latihan kardio terlebih apabila metabolisme tubuhmu tergolong cukup cepat.

Hindari gerakan aerobik seperti lari atau bersepeda terlalu sering karena gerakan-gerakan ini justru akan membuat lemak tubuh yang diperlukan untuk menggemukkan badan menjadi berkurang.

6. Konsumsi air putih yang cukup

Kebanyakan orang yang berbadan kurus ternyata mengalami masalah dehidrasi. Padahal, air merupakan unsur yang sangat berperan penting dalam beroperasinya berbagai fungsi organ tubuh seperti lambung dan usus dalam penyerapan nutrisi.

Air putih yang cukup akan membantu menjaga kondisi badan dan memperbaiki metabolisme tubuh sehingga berat badan pun bisa naik. Apabila mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak membuatmu merasa mual, maka bagilah 2 liter air yang merupakan kebutuhan harian dalam beberapa gelas, kemudian tingkatkan frekuensi minum agar terhindar dari bahaya dehidrasi.

7. Jangan minum sebelum makan

Anjuran mengonsumsi air secara cukup untuk memenuhi kebutuhan harian ternyata memiliki ketentuan khusus, yakni jangan dilakukan ketika sebelum makan. Minum sebelum makan akan membuat kita merasa kenyang lebih cepat dan mengurangi nafsu makan. Akan lebih baik jika kita minum saat sedang makan ataupun 30 menit setelah makan untuk penyerapan nutrisi yang lebih baik.

Itu dia tips alami untuk cara menggemukkan badan yang bisa kamu coba. Tips-tips ini tentunya aman dan tidak membawa efek samping apapun bagi kesehatan tubuhmu, juga terbukti efektif dalam membantu menaikkan berat badan agar mencapai angka ideal. Jadi, manakah tips yang menjadi pilihanmu?

Related posts
Bayi & Anak-AnakIbu & BayiKesehatan

7 Teether Alami untuk Bayi yang Tumbuh Gigi

Kesehatan

Perbedaan Cardiac Arrest dan Serangan Jantung yang Harus Kamu Tahu

Kesehatan

Ini 10 Tanda Jika Kamu Butuh Me Time

Kesehatan

Ini Kadar Kolesterol Normal untuk HDL, LDL, Total, dan Trigliserida