KesehatanPriaWanita

9 Cara Menghilangkan Bau Kaki

cara menghilangkan bau kaki

Selain wajah, kaki juga sering menarik perhatian orang lain. Beberapa di antaranya menilai penampilan orang dari brand sepatu yang digunakan atau model alas kakinya. Tapi masih ada hal lain yang diperhatikan loh. Yaitu aroma, yang hanya bisa dirasakan dan tidak terlihat.

Baca Juga:

Ketertarikan seseorang dapat menurun drastis ketika aroma kakinya mengganggu. Aroma atau bau kaki ini padahal dapat kamu atasi dengan cara yang sederhana. Di bawah ini adalah beberapa cara menghilangkan bau kaki yang bisa kamu lakukan sendiri.

1. Menggunakan kaus kaki yang bersih

cara menghilangkan bau kaki

Penggunaan kaus kaki sebenarnya dapat menyebabkan aroma mengganggu pada kaki. Tapi ada cara menghilangkan bau kaki yaitu dengan menggunakan kaus kaki yang bersih. Kaus kaki yang kotor hanya akan menjadi sarang bakteri penyebab bau kaki berkembang biak. Ganti kaus kaki lama dengan yang baru jika sudah mengganggu ya.

2. Kaus kaki berbahan katun

cara menghilangkan bau kaki

Masih membahas pemakaian kaus kaki untuk menjadi salah satu cara menghilangkan bau kaki. Alasannya karena pemakaian kaus kaki adalah kebutuhan yang sulit untuk ditinggalkan. Karena itu, perhatikan tips saat memakai kaus kaki ya.

Selain perlu diganti secara rutin. kamu juga harus memilih kaus kaki dengan bahan yang cocok di kaki. Misalnya menggunakan kaus kaki berbahan katun karena mampu menyerap keringat dengan baik. Keringat adalah pemicu berkembangnya bakteri penyebab bau kaki.

3. Sepatu yang bersih

cara menghilangkan bau kaki

Jangan hanya memikirkan kaus kaki. Sepatu sendiri juga bisa menjadi sumber penyebab kakimu beraroma buruk. Lagi-lagi karena bakteri juga dapat berkembang di sepatumu. Karena bakteri penyebab bau kaki, senang berada di tempat-tempat yang cepat kotor.

Jika dirasa sepatumu sudah kotor, segera bersihkan dengan baik ya. Lakukan perawatan rutin khusus untuk sepatu. Kalau kamu bingung, kamu bisa menggunakan jasa laundry sepatu yang sudah banyak bermunculan di berbagai daerah.

4. Gunakan sepatu yang kering

cara menghilangkan bau kaki

Jangan biarkan kakimu berlama-lama berada di area yang lembap atau bahkan basah. Jika sepatumu basah misalnya karena hujan, segera dikeringkan. Bakteri akan lebih cepat berkembang di sepatu-sepatu basah dan dibiarkan oleh pemiliknya.

Kamu bisa menjemurnya di bawah sinar matahari. Lakukan ini satu sampai tiga hari atau lebih, hingga sepatumu benar-benar kering. Ini merupakan cara menghilangkan bau kaki sepatu yang sangat mudah untuk dilakukan.

5. Membersihkan kaki

cara menghilangkan bau kaki

Tidak hanya sepatu dan kaus kaki, kakimu sendiri juga harus terjaga kebersihannya. Selalu bersihkan kaki sebelum menggunakan alas kaki ya. Bisa menggunakan sabun, atau bahkan scrub agar kulit mati juga ikut terangkat.

Kulit kaki yang dibiarkan akan menjadi media tumbuhnya bakteri penyebab bau kaki. Kamu juga perlu menyempurnakan kebersihannya dengan rutin memotong kuku.

Kuku yang panjang akan menyebabkan kotoran banyak terselip. Kumpulan kotoran ini akan menghasilkan bau tidak sedap karena bakteri juga ikut berkembang di dalamnya.

6. Hindari beberapa jenis makanan

cara menghilangkan bau kaki

Bau kaki juga dapat dipengaruhi dari dalam tubuh. Kalau rasanya kamu sudah menggunakan kaus kaki dan sepatu yang kering dan bersih, mungkin saatnya kamu memperhatikan apa saja yang sudah banyak kamu konsumsi.

Beberapa jenis makanan jika dikonsumsi secara berlebihan akan menghasilkan aroma tidak sedap. Cara menghilangkan bau kaki dapat dilakukan dengan mengurangi konsumsi junk food, daging merah, kafein, alkohol, ataupun rempah-rempah misalnya bawang. Tentu tetap didukung dengan kebersihan dari luar tubuh ya.

7. Gunakan kopi

cara menghilangkan bau kaki

Kamu memang disarankan untuk mengurangi konsumsi kafein jika kakimu mengeluarkan aroma tidak sedap. Tapi ada juga cara menghilangkan bau kaki dengan kopi. Bukan mengonsumsinya, tapi membalurkannya di kaki.

Caranya yaitu dengan melarutkan kopi dengan sedikit air hingga membentuk pasta. Pasta kopi ini dibalurkan ke kedua kakimu. Diamkan selama 15 menit sebelum dibilas. Lakukan secara rutin hingga bau kaki berangsur-angsur berkurang.

8. Menggunakan teh

cara menghilangkan bau kaki

Teh juga tidak kalah khasiatnya dibandingkan kopi. Ada kandungan anti-inflamasi, anti-oksidan, dan bahkan anti-bakteri yang mampu mengurangi bau kaki. Belum lagi karena teh juga disebut dapat menutrisi kulit. Jadi teh sangat cocok dijadikan pilihan untuk menghilangkan bau kakimu.

Cara menghilangkan bau kaki dengan teh seperti ini. Larutkan teh dengan air putih panas hingga warnanya berubah. Selagi hangat, basuh atau rendam kaki di air teh ini. Kamu bisa melakukannya dua kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Garam

cara menghilangkan bau kaki

Ada juga cara menghilangkan bau kaki yang ekonomis. Kamu hanya perlu memiliki garam di rumah. Sejak dahulu, garam dikenal dapat mengurangi kelembapan berlebih di kaki. Karena itu, garam juga dapat mengurangi bau kaki yang tidak sedap.

Caranya hanya dengan membuat larutan garam dalam satu baskom besar. Gunakan baskom yang kira-kira dapat merendam kakimu. Karena selanjutnya, kaki direndamkan dalam larutan garam selama 20 menit. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari.

Cara menghilangkan bau kaki yang utama sebenarnya memang dengan menjaga kebersihannya. Maka dari itu, beberapa cara di atas itu perlu kamu kombinasikan atau kamu jalankan seluruhnya. Jangan terbiasa dengan kaki yang kotor ya.

Selain karena orang lain bisa terganggu karena aromanya yang tidak sedap, kamu pun akan menjadi malu sendiri dibuatnya. Semoga membantu, ya!

Related posts
GigiKesehatan

Obat Sakit Gigi Berlubang di Apotek untuk Pereda Nyeri Sementara

Kesehatan

Kontroversi Obat Asam Lambung Ranitidin yang Harus Kamu Tahu

KesehatanWanita

Kenali Penyebab Payudara Nyeri dan Cara Mengatasinya

Diet & NutrisiKesehatan

9 Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan dan Kecantikan