GigiKecantikanKesehatan

5 Cara Menghilangkan Karang Gigi Mengeras

Karang Gigi Mengeras

Karang gigi, atau yang kerap disebut sebagai kalkulus gigi sejatinya adalah plak yang mengalami proses mengeras di gigi. Karang gigi ini juga dapat terbentuk di bagian bawah gusi dan rentan menyebabkan iritasi pada bagian gusi. Adanya karang gigi ini juga membuat plak menjadi memiliki tempat luas untuk berkembang dan menyebabkan permukaan gusi menjadi lebih lengket sehingga rentan menimbulkan penyakit yang lebih serius lagi seperti misalnya radang gusi.

Baca Juga:

Tak hanya berbahaya bagi kesehatan, karang gigi juga mampu menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang karena menimbulkan bau mulut yang kurang sedap, juga mengganggu penampilan karena noda kuning pada gigi.

Masalah karang gigi mengeras bukanlah hal yang mustahil untuk dihilangkan. Kamu bisa mengunjungi dokter gigi terdekat untuk melakukan scalling gigi untuk hasil yang lebih cepat. Atau kamu juga bisa menggunakan bahan alami untuk menghilangkan karang gigi mengeras.

Sebelum membahas hal tersebut, yuk cari tahu terlebih dahulu mengenai dampak buruk karang gigi yang harus jadi perhatian kamu!

Masalah yang Mungkin Muncul Karena Karang Gigi

Karang Gigi Mengeras

Pada umumnya, penyebab muncul karang gigi adalah karena sisa makanan di dalam mulut yang tertinggal lama dan lalai untuk dibersihkan. Lama-kelamaan, sisa makanan ini akan menumpuk dan mengeras, menciptakan karang gigi.

Komposisi air liur yang mengandung mineral membantu sisa makanan tadi mengeras dan memperkokoh struktur karang gigi yang terbentuk. Selain merusak penampilan, karang gigi juga mengakibatkan masalah yang lebih parah seperti di bawah ini.

1. Bau mulut

Tentunya, sisa makanan yang terkumpul dan luput dibersihkan, dalam jangka panjang akan menimbulkan aroma yang tidak sedap.

2. Gigi berlubang

Apabila tidak segera ditangani, maka karang gigi akan membuat gigi mengalami masalah keropos karena karang gigi mengeluarkan zat asam yang merusak gigi. Setelah gigi makin keropos, gigi pun akan mudah untuk berlubang.

3. Radang gusi

Kondisi mulut yang kotor menyebabkan gusi menjadi rentan terinfeksi hingga mengalami pendarahan. Apabila dibiarkan, bisa jadi akan timbul benjolan nanah pada gusi.

4. Periodontitis

Ketika radang gusi semakin parah, jaringan lunak dan tulang penyangga gigi akan mengalami kerusakan. Bila melalui fase ini, akibat terparahnya ialah gigi bahkan bisa tanggal. Tidak hanya itu, bakteri yang ada pada gusi akan masuk ke aliran darah akan menyebabkan hal yang lebih serius lagi.

Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Mengeras

Karang Gigi Mengeras

Mengingat betapa bahayanya akibat yang ditimbulkan bila tidak menangani karang gigi secara tepat, maka sebaiknya kita harus melakukan pemeriksaan gigi secara rutin untuk mencegah ataupun menghilangkan karang gigi yang terlanjur mengeras. Cara yang paling praktis untuk menghilangkan karang gigi ini tentu saja dengan pergi ke dokter gigi.

Namun apabila kamu tidak memiliki waktu atau biaya lebih untuk melakukan hal ini, tak perlu khawatir. Masih ada cara-cara lain untuk menghilangkan karang gigi tanpa perlu ke dokter dan tentunya tidak merogoh kocek terlalu dalam yakni dengan memanfaatkan bahan-bahan serta cara yang alami.

1. Rajin gosok gigi

Ini merupakan hal yang cukup mendasar untuk membantu menghilangkan karang gigi. Sikatlah gigi minimal dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung flouride agar gigi senantiasa bersih dan karang gigi pun berkurang. Lakukan proses menyikat gigi secara benar selama kurang lebih dua menit lamanya untuk memastikan semua bagian gigi telah tersikat rata.

2. Flossing

Istilah flossing memiliki penjelasan berupa cara membersihkan gigi dengan menggunakan bantuan alat berupa benang. Tentunya, benang yang digunakan bukan sembarang benang melainkan benang khusus untuk membersihkan gigi. Dengan menggunakan benang jenis ini, maka plak yang tadinya berada di sela-sela gigi akan dapat dijangkau dan dibersihkan secara lebih mudah.

3. Gunakan baking soda

Cara yang cukup ampuh untuk menghilangkan karang gigi yang berwarna kekuningan adalah dengan menggunakan baking soda dan membuatnya sebagai pasta gigi. Baking soda memiliki manfaat berupa menghilangkan karang gigi sekaligus memutihkan gigi kamu secara cepat.

Caranya pun cukup mudah, ambil saja satu sendok makan baking soda. Tambahkan sejumput garam dan aduk sampai merata. Selanjutnya, celupkan sikat gigi ke campuran ini. Gunakan untuk menyikat gigi layaknya biasa selama kurang lebih dua menit, lalu kumur sampai bersih. Lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal.

4. Manfaatkan kulit jeruk

Cara yang cukup sederhana namun efektif untuk menghilangkan karang gigi secara tradisional, alami, dan cepat berikutnya adalah dengan memanfaatkan kulit jeruk. Sebelum menggunakan kulit jeruk, jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dahulu.

Bila telah dibersihkan, gosokkan langsung di gigi kamu. Gosok sampai merata. Diamkan selama semalaman, jangan langsung berkumur dengan air sampai esok harinya. Lakukan cara ini setiap hari menjelang tidur untuk hasil yang optimal.

5. Mengunyah daun sirih

Tradisi mengunyah sirih biasanya dilakukan oleh mereka yang berusia lanjut. Ternyata, daun sirih dapat membersihkan karang gigi sekaligus mengurangi bau mulut yang tidak sedap. Caranya pun cukup simpel, yakni ambil selembar daun sirih, tambahkan sebatang cengkeh, haluskan dan kemudian kunyah.

Related posts
KecantikanKulit

7 Cara Menghilangkan Bulu di Wajah yang Bisa Dicoba

KecantikanKulit

7 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat

KecantikanKulit

13 Manfaat Bengkoang untuk Kecantikan

Kesehatan

5 Cara Penularan HIV AIDS dan Pencegahannya