KesehatanPria

Ini 13 Cara Meningkatkan Sperma yang Efektif

Cara Meningkatkan Sperma

Rendahnya jumlah dan kualitas sperma sering kali membuat seorang pria kurang percaya diri. Bagaimana tidak? Sperma sendiri merupakan sel reproduksi pria yang berguna untuk membuahi sel telur wanita. Jika jumlah dan kualitas sperma rendah, tentu potensi kehamilan pasangannya juga akan menurun. Sehingga, diperlukan beberapa cara meningkatkan sperma yang efektif untuk mengatasi masalah tersebut.

Baca Juga:

Pada umumnya, seorang pria dapat menghasilkan sperma hingga 20 juta lebih per satu militer air mani. Oleh sebab itu, akan ada 60 persen dari sperma yang dihasilkan pria berbentuk normal atau menunjukkan gerak maju yang normal.

Untuk mengetahui normal atau tidaknya jumlah dan kualitas sperma seseorang, memang dibutuhkan pengecekan lebih lanjut dengan dokter ahli. Namun, jika setelah proses pengecekan diketahui jika jumlah spermamu kurang, hal tersebut dapat terjadi karena banyak faktor, seperti berikut ini.

Faktor Penyebab Kurangnya Jumlah Sperma

Cara Meningkatkan Sperma

Selain mengetahui cara meningkatkan sperma, penting untuk kita mengetahui apa saja faktor penyebab jumlah sperma menjadi menurun. Selain itu, hal ini juga bisa dijadikan sebagai langkah pencegahan, sebelum hal yang tidak diinginkan tersebut terjadi.

Oleh sebab itu, berikut faktor penyebab kurangnya jumlah sperma yang wajib kamu hindari:

  • Kebiasaan Merokok.
  • Paparan panas berlebih pada skrotum.
  • Banyak pikiran dan stres.
  • Kurangnya ejakulasi air mani.
  • Faktor keturunan atau genetik.
  • Kelebihan berat badan atau obesitas.
  • Akibat penyakit menular seksual (PMS).
  • Pengaruh konsumsi obat-obatan dan antibiotik tertentu, sehingga mengurangi produksi sperma pada testis.
  • Gangguan hormonal.
  • Melakukan diet ekstrim atau tidak seimbang.

Nah, jika kamu tidak ingin kualitas dan jumlah spermamu menurun, maka hindari beberapa faktor penyebab turunnya kualitas sperma yang telah dijabarkan di atas ya.

Terlepas dari hal tersebut, kamu juga bisa melakukan beberapa cara meningkatkan sperma yang efektif, seperti cara-cara di bawah ini.

Cara Meningkatkan Sperma

Cara Meningkatkan Sperma

Secara umum, ada beberapa cara meningkatkan sperma yang bisa kamu lakukan. Cara-cara ini selanjutnya akan dibagi ke dalam beberapa kelompok, mulai dari menjaga asupan makanan, mengkonsumsi beberapa jenis vitamin dan mineral, konsumsi suplemen, serta menjaga pola hidup sehat.

Untuk lebih jelasnya, simak penjabaran berikut ini:

Makanan Penambah Sperma

1. Konsumsi Buah dengan Kandungan Likopen

Apa itu likopen? Likopen adalah nutrisi yang kerap ditemukan pada buah-buahan berwarna merah, seperti tomat, ceri, stoberi, dan paprika merah.

Beberapa penelitian menyebutkan, bahwa konsumsi likopen dapat meningkatkan kualitasm mobilitas, serta volume sperma secara efektif, bahkan hingga 70 persen.

2. Makan Makanan Berupa Biji-Bijian Utuh

Memakan makanan biji-bijian, seperti sereal, gandum, kentang, serta beras merah ternyata ampuh sebagai cara meningkatkan sperma.

Kandungan serta, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang terdapat di dalam biji-bijian tidak hanya berfungsi menjaga kesehatan tubuh, namun juga kesehatan sel reproduksi pada pria.

3. Konsumsi Makanan Berprotein Tinggi

Cara meningkatkan sperma yang satu ini tentu sudah sering kamu dengar, bukan? Ya, banyak mengkonsumsi makanan berprotein tinggi, seperti lemak, ikan, telur, dan kacang-kacangan ternyata sanat baik untuk menjaga kualitas dan volume sperma pria.

Vitamin dan Mineral Penambah Sperma

1. Zinc

Zinc memang sangat berguna sebagai penambah sperma. Bukan cuma itu, vitamin yang kerap ditemui pada daging, kerang, produk olahan susu, roti, dan sereal ini juga bermanfaat memperbaiki motilitas sperma.

2. Selenium

Konsumsi selenium juga dapat dijadikan sebagai cara meningkatkan sperma. Enggak perlu membeli obat-obatan di apotek, hanya dengan mengkonsumsi kacang, ikan, daging, dan telur kamu akan mendapatkan kandungan vitamin yang satu ini.

3. Asam Folat

Asam folat atau vitamin B9 adalah vitamin yang ampuh menjaga kesuburan pria. Beberapa makanan yang tergolong kaya akan asam folat adalah kacang-kacangan, kentang, dan juga jeruk.

4. Vitamin D

Selama ini vitamin D selalu identik dengan sinar matahari pagi. Padahal, kita juga bisa mendapatkan asupan vitamin D melalui konsumsi suplemen, ikan, daging merah, hati, serta kuning telur. Vitamin D sendiri berfungsi untuk mempercepat bergerakan dari sel sperma.

5. Antioksidan

Bukan hanya melindungi sel tubuh dari kerusakan, beberapa penelitian menyebutkan antioksidan juga berguna melindungi kualitas sel sperma. Antioksidan sendiri terdapat pada vitamin C dan E, serta sayur dan buah-buahan yang mengandung beta-karoten.

Menjaga Pola Hidup Sehat

1. Menghindari Obesitas

Percaya atau tidak, pria dengan berat badan ideal memiliki jumlah dan kualitas sperma yang lebih baik daripada mereka yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas.

Berat badan ideal membuat kondisi fisik seseorang lebih prima, sehingga kualitas dan volume sperma menjadi lebih banyak, lebih pekat, serta bergerak lebih cepat.

2. Rajin Berolahraga

Berolahraga memang bisa meningkatkan kadar testosteron pada tubuh, serta meningkatkan kualitas sperma menjadi lebih baik. Oleh sebab itu, rajin berolahraga adalah cara meningkatkan sperma yang cukup efektif.

3. Berhenti Merokok

Impotensi merupakan salah satu bahaya yang ditimbulkan oleh rokok. Hal tersebut bahkan secara gamblang tertera pada kemasan rokok tersebut. Apalagi jika kebiasaan merokokmu dibarengi dengan kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol, pasti kualitas sperma yang kamu miliki sangat buruk.

4. Menerapkan Perilaku Seksual yang Sehat

Menerapkan perilaku seksual yang sehat sangat direkomendasikan sebagai cara meningkatkan sperma seorang pria. Bagaimana perilaku seksual yang sehat itu? Dengan melakukan aktivitas seks secara aman dan tidak berganti-ganti pasangan.

5. Hindari Memakai Pakaian Ketat

Mengapa tidak boleh memakai pakaian yang terlalu ketat? Sebab, pakaian yang terlalu ketat dapat meningkatkan temperature suhu pada area selangkanganmu.

Suhu yang terlalu tinggi atau panas, dapat menurunkan kualitas sperma. Ditambah lagi, benih sperma yang akan tumbuh kerap kali mati akibat suhu yang terlalu panas. Jika hal tersebut terjadi, maka produksi sperma kita menjadi sangat lambat.

Suplemen Peningkat Sperma

Cara Meningkatkan Sperma

Hormon testosteron merupakan hormon yang sangat berperan dalam menentukan kesuburan seorang pria. Jika kadar testosteron dalam tubuh tinggi, dapat dipastikan tingkat kesuburannya juga cukup tinggi.

Lantas, bagaimana cara meningkatkan sperma dengan testosteron? Yaitu dengan konsumsi suplemen D-aspartic (D-AA), yang termasuk dalam jenis asam animo.

Selain itu, hindari konsumsi steroid secara berlebih. Ya, steroid kerap kali digunakan oleh para pria untuk menambah, serta mempertahankan masa ototnya.

Kendati demikian, konsumsi steroid dalam waktu lama, sesungguhnya dapat mempengaruhi kondisi dari testikel pria tersebut, sehingga membuat produksi spermanya melemah dan kualitasnya menurun.

secara morfologi, sperma dapat dikatakan baik apabila memiliki struktur kepala berbentuk lonjong dengan ekor yang panjang, bentuknya hampir menyerupai seperti berudu atau kecebong.

Semakin banyak sperma sehat yang diproduksi oleh testikel, maka semakin besar dan mudahlah kesempatan sperma-sperma tersebut berenang hingga mencapai sel telur pada wanita.

Itu tadi beberapa hal penting terkait cara meningkatkan sperma yang penting kamu ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat ya, selamat mencoba!

Related posts
Kesehatan

Waspadai 5 Komplikasi Hipertensi Ini!

KecantikanPriaRambut

Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok pada Pria

Kesehatan

Ini Dia Ciri – Ciri Kolesterol Naik yang Harus Diwaspadai

Bayi & Anak-AnakKesehatan

8 Manfaat Alpukat Sebagai MPASI untuk Si Kecil