Kesehatan

7 Cara Menjaga Kesehatan Mata

kesehatan mata

Mata adalah salah satu organ vital lagi oleh tubuh kita. Keberadaannya sangat penting, karena fungsinya adalah membantu kita untuk melihat dan memahami suasana yang ada di sekitar kita. Jika mata kita berfungsi dengan baik, kita akan rasa mudah menjalani berbagai aktivitas.

Baca Juga:

Ada banyak penyakit mata yang berujung pada kebutaan yang bisa dihindari jika kamu menerapkan gaya hidup sehat dan selalu menjaga kondisi mata. Yuk cek infonya di bawah ini!

Cara Menjaga Kesehatan Mata

kesehatan mata

Memang ada bagian lain dari tubuh yang tak kalah pentingnya. Misalnya hidung, telinga, mulut, kaki, dan lain-lain. Namun mata memiliki peran vital bagi aktivitas sehari-hari, sehingga kamu perlu untuk selalu menjaga kesehatannya.

Berikut Okadoc Indonesia punya info beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata yang bisa kamu lakukan di rumah.

1. Atur jarak pandang

Tips menjaga kesehatan mata yang satu ini mungkin sudah sering kamu dengar. Dan ini yang penting, bukan hanya mitos. Jaga jarak pandangmu tidak melihat terlalu dekat. Terutama jika kamu melihat sesuatu dengan pancaran cahaya yang terang.

Hal-hal yang perlu kamu hindari di antaranya menonton, bermain game di TV atau membaca buku terlalu dekat. Untuk menonton TV, sebaiknya jaga jarak pandangmu sepanjang 2 meter. Jangan sampai terlalu dekat, karena akan membuat matamu cepat rusak.

2. Kurangi penggunaan gadget

Cara menjaga mata yang satu ini sebenarnya dengan yang sebelumnya. Usahakan kurangi penggunaan gadget ya. Saat menggunakan gadget, otomatis jarak pandang kita terhadap layarnya itu cukup dekat. Akan sulit jika kamu harus menjaga jarak sepanjang 2 meter seperti menonton TV.

Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengurangi penggunaannya. Misalnya cobalah untuk beristirahat 5 sampai 10 menit, setiap 30 menit pemakaian gadget. Bisa juga kamu menggunakan mode membaca pada untuk mengurangi risiko kerusakan mata.

3. Jangan menggosok mata dengan kasar

Selanjutnya ini hal kecil yang sering terjadi tapi jarang diperhatikan. Sangat wajar jika sesekali matamu terasa gatal. Saat ini terjadi, jangan menggosokkan mata dengan kasar ya. Coba lakukan dengan lembut dan berhati-hati. Karena penekanan dan gerakan yang kasar akan berpengaruh terhadap kesehatan mata.

4. Memakai kacamata serta penangkal debu

Sentuhan mata dengan objek asing akan mempengaruhi kesehatan mata. Karena itu, untuk menjaga kesehatan mata cobalah menggunakan kacamata dan penangkal Debu. Jika perlu, gunakan kacamata dengan penangkal sinar ultraviolet lensanya.

Kacamata dengan penangkal sinar ultraviolet, akan menghindari kamu dari gangguan mata. Seperti katarak atau penurunan fungsi mata itu sendiri. Sedangkan penangkal debu bisa kamu gunakan saat berkendara. Salah satunya dengan menurunkan kaca pada helm selama perjalanan.

5. Perbanyak konsumsi vitamin A

Vitamin A adalah gizi paling baik untuk mata. Vitamin ini banyak terkandung misalnya dalam wortel, tomat, alpukat, dan pepaya. Untuk menjaga kesehatan mata, konsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin A ya.

Dari banyak jenis makanan, wortel sayuran yang paling dikenal baik untuk mata. Selain mengandung vitamin A, dalam wortel juga terdapat senyawa beta karoten. Senyawa ini juga membuat mata semakin sehat.

6. Perbanyak konsumsi makanan bergizi

Selain vitamin A, kamu juga membutuhkan asupan gizi lain agar matamu semakin sehat. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, senyawa beta karoten juga baik untuk mata. Jika kamu tidak suka wortel, kamu bisa mendapatkan senyawa ini dari sayur-sayuran berdaun warna hijau tua atau brokoli.

Kemudian jangan lupa mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan serta asam lemak omega-3. Misalnya buah jeruk, buah ceri, buah plum, ikan salmon, ikan tuna, atau ikan talibut. Antioksidan dapat meminimalkan kerusakan mata karena paparan dari radikal bebas. Sedangkan asam lemak omega-3 akan mencegah katarak dan meminimalkan mata yang mengering.

Mata yang sehat juga perlu didukung dengan tubuh yang sama sehatnya. Karena itu, kamu perlu mengimbangi tubuh dengan makanan yang kaya nutrisi. Jangan hanya fokus pada vitamin A, kamu juga perlu mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung multivitamin. Seperti vitamin C, B6, B12, E, dan sebagainya.

7. Kontrol gula darah dan kadar kolesterol

Memperhatikan nutrisi dalam makanan, bukan berarti kamu harus makan sebanyak-banyaknya. Kamu juga perlu menjaga gula darah dan kolesterol. Jangan sampai berlebihan karena itu justru dapat memicu munculnya penyakit pada tubuh. Misalnya tekanan darah tinggi, diabetes, tingginya kolesterol.

Penyakit Mata yang Paling Umum

kesehatan mata

1. Refraksi mata

Pernah dengar refraksi mata? Penyakit mata ini sebenarnya lumayan sering terjadi loh. Gejalanya adalah penglihatan menjadi tidak terfokus. Baik dekat ataupun jauh, pandangan akan berbayang. Hal ini disebabkan cahaya yang masuk ke dalam mata tidak terpusat secara langsung ke mata.

2. Mata merah

Yang ini bisa jadi lebih sering terjadi. Penyakit mata merah sering datang dan pergi. Penyebabnya bisa karena polusi, paparan asap yang terlalu banyak, zat kimia, infeksi bakteri atau virus. Mata merah akan berlanjut pada rasa gatal dan mata sering berair. Jika sudah cukup berat, matamu juga bisa jadi membengkak.

3. Katarak

Selanjutnya ada penyakit mata katarak. Penyakit ini biasanya menyerang orang yang berusia lanjut. Mungkin karena memang secara alami, kualitas mata lama kelamaan akan menurun.

Katarak ditandai dengan lensa mata yang berubah warnanya menjadi keruh. Perubahan ini membuat cahaya dari luar tidak bisa menembus ke dalam mata. Otomatis penglihatan menjadi buram, sensitivitas terhadap kontras juga menghilang, serta ketajaman mata berkurang.

4. Glaukoma

Penyakit mata yang satu ini mengikis dan juga merusak saraf optik yang berfungsi untuk menunjang penglihatan. Glaukoma terdiri dari dua jenis, yaitu glaukoma sudut terbuka primer dan juga glaukoma sudut tertutup. Penyakit mata ini menjadi salah satu penyumbang tertinggi angka kebutaan di Indonesia.

Setelah mengetahui cara-cara menjaga kesehatan mata, semoga matamu semakin terhindar dari kerusakan mata ya. Jika memang sudah ada penurunan kondisi dari mata normal, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter mata sambil terus menjaga kesehatan dengan menjalankan gaya hidup sehat.

Related posts
GigiKesehatan

Obat Sakit Gigi Berlubang di Apotek untuk Pereda Nyeri Sementara

Kesehatan

Kontroversi Obat Asam Lambung Ranitidin yang Harus Kamu Tahu

KesehatanWanita

Kenali Penyebab Payudara Nyeri dan Cara Mengatasinya

Diet & NutrisiKesehatan

9 Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan dan Kecantikan