Kesehatan

Jangan Menahan Bersin, Berbahaya!

Bahaya Menahan Bersin

Kamu sering bersin? Jangan panik, karena itu sebenarnya hal yang normal-normal saja. Bersin adalah hembusan nafas dengan tekanan udara yang keluar dari paru-paru melalui hidung serta mulut. Saat bersin keluar, tekanan udaranya bisa dibilang terjadi semi otomatis. Udara yang keluar saat bersin itu terkesan paksa melalui mulut dan hidung. 

Baca Juga:

Penyebab bersin itu biasanya ada partikel asing mengganggu nasal mucosa atau membran mucus yang merupakan jaringan yang lembab di dalam hidung. Partikel ini membuat gatal sehingga kamu bersin. Dengan kata lain, bersin dapat membersihkan rongga hidung dari partikel asing atau iritan penyebab bersin tadi.

Sekali lagi, bersin adalah hal yang normal. Justru kalau kamu menahannya, ada bahaya mengintai. Apa saja bahaya menahan bersin?

1. Tulang rawan patah di dalam hidung patah

Kalau terkena pukulan, jelas ya itu pasti akan mematahkan hidung

Menahan bersin itu artinya ada tekanan besar yang ditahan. Ketika ini terjadi, tenaga yang seharusnya kamu keluarkan melalui mulut dan hidung, jadi tertahan serta akan merusak bagian tertentu dalam tubuh. Di dalam hidung misalnya, ada tulang rawan yang menyempurnakan kerja hidung sebagai saluran pernapasan.

Jika tekanan bersin yang ditahan terlalu tinggi, tulang rawan dalam hidungmu bisa patah karena tulang rawan termasuk tulang yang rentan rusak karena tekanan.

2. Mimisan

Bahaya Menahan Bersin

Selain tulang rawan yang patah, ada juga kondisi lain yang dapat terjadi saat kamu menahan bersin. Sekali lagi, ketika menahan bersin itu kan sama saja kamu menahan tekanan yang seharusnya dikeluarkan. Jadi dampak yang akan terjadi setelah menahan bersin itu cukup banyak.

Tekanan yang tertahan saat kamu seharusnya bersin, akan mendorong pembuluh darah di sekitarnya. Dorongan ini beresiko membuat pembuluh darah pecah. Jika itu terjadi, kamu selanjutkan akan mengeluarkan darah dari hidung atau kita mengenalnya dengan mimisan.

3. Gendang telinga pecah

Bahaya Menahan Bersin

Hidung memiliki koneksi khusus dengan telinga. Begitu juga tenggorokan, makanya ada dokter spesialis khusus Telinga, Hidung, dan Tenggorokan atau disingkat dokter spesialis THT. Karena itu, ketika kamu menahan bersin, bukan hanya hidung yang terdampak.

Yang satu ini adalah efek pada telinga jika kamu menahan bersin. Tekanan udara yang seharusnya dialiri ke luar hidung, tertahan mendorong ke arah lain. Tidak hanya mengenai pembuluh darah, tekanan bersin juga mengalir ke arah telinga. Celakanya jika menembus gendang telinga yang rentan rusak. Gendang telinga akan pecah dan pendengaranmu berkurang.

4. Gangguan pendengaran

Bahaya Menahan Bersin

Tadi sudah disebutkan pendengaran akan berkurang. Dalam arti lain, ketika gendang telinga pecah karena kamu menahan bersin, kamu akan mengalami gangguan pendengaran. Kualitas pendengaran yang berkurang hanya salah satunya, di kondisi terparah jika kamu sering menahan bersin, mungkin saja pendengaran rusak sehingga perlu perawatan lebih lanjut.

5. Stroke

Bahaya Menahan Bersin

Pembuluh darah di kepala itu cukup kompleks sebarannya. Kenapa begitu? Karena banyak organ tubuh yang menjalani fungsi pentingnya. Mulai dari hidung, mata, telinga, hingga otak yang tidak dapat terlihat dari penampilan luar seseorang. Pembuluh darah yang menyebar ini berfungsi untuk mengaliri oksigen agar semua sistem dapat bekerja dengan baik.

Ketika kamu menahan bersin, ini berbahaya karena dapat memicu serangan penyakit stroke loh. Alasannya yaitu pembuluh darah yang seharusnya mengaliri oksigen ke otak, terhambat akibat tekanan udara bersin menekan pembuluh dan menyumbat aliran darahnya.

Menahan bersin itu dapat mengakibatkan munculnya tekanan di leher dan kepala. Umumnya karena bersin tertahan, penyumbatan pembuluh darah itu terjadi dengan adanya penyempitan pembuluh diakibatkan suatu tekanan.

6. Gangguan penglihatan

Bahaya Menahan Bersin

Posisi hidung itu sangat dekat dengan mata. Karena kedekatannya ini, ada hubungan antara mata dan hidung. Ketika bersin biasanya mata memiliki reflek untuk menutup. Karena memang ada saraf-saraf yang terhubung antara hidung dengan mata.

Jika kamu menahan bersin, saraf ke mata akan terganggu. Jaringan di sekitarnya dapat rusak, seperti jaringan yang menghubungkan mata dengan otak. Karena itu, menahan bersin akan menimbulkan gangguan penglihatan. Retina akan rusak jika kamu menahannya terlalu kuat. Dan bahkan dan kondisi tertentu menyebabkan kebutaan.

7. Radang tenggorokan

Bahaya Menahan Bersin

Ingat, hidung terkoneksi dengan telinga dan tenggorokan. Ketika kamu tidak membiarkan bersin keluar, kamu bisa mengalami radang tenggorokan. Prosesnya begini. Tekanan udara bersin dapat memberikan tekanan dan gesekan ke tenggorokan. Karena itu lah mungkin tidak lama setelah menahan bersin, kamu mengalami radang tenggorokan. 

Setelah mengetahui bahaya menahan bersin, usahakan untuk tidak melakukannya ya! Ada banyak cara menyiasati bersin jika kamu malu atau khawatir orang sekitar terganggu. Bisa menutup mulut dan hidung, menggunakan masker, atau membalikkan badan terlebih dulu.

Related posts
KehamilanKesehatanPrakonsepsi

5 Jenis Vaksin Sebelum Menikah yang Disarankan

Kesehatan

10 Manfaat Mandi Pagi untuk Kesehatan Tubuh

KesehatanWanita

Memahami Fase Siklus Menstruasi

Bayi & Anak-AnakIbu & BayiKesehatan

Pencegahan dan Penanganan Ruam Air Liur Pada Bayi