Kesehatan

7 Jenis Vitamin dan Manfaatnya Bagi Tubuh

jenis vitamin

Tubuh membutuhkan banyak vitamin agar dapat berfungsi dengan baik. Untuk itu, kita perlu asupan vitamin agar tubuh mampu melakukan banyak tugas.

Baca Juga:

Ada macam-macam vitamin yang bisa kita peroleh dari berbagai jenis makanan yang berbeda. Oleh karena itu, kita perlu mengonsumsi berbagai makanan bergizi agar kebutuhan vitamin kita terpenuhi.

Vitamin memang memegang peranan penting bagi tubuh. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai jenis, manfaat, serta sumber-sumber vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Jenis dan Manfaat Vitamin Bagi Tubuh

jenis vitamin

Ada berbagai macam jenis vitamin yang memiliki fungsi penting bagi tubuh. Berikut ini adalah jenis-jenis vitamin serta manfaatnya bagi tubuh kita.

1. Vitamin A

Vitamin A adalah jenis vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan mata, serta berperan penting untuk melindungi sistem imun tubuh. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan penyakit rabun senja yang membuat penderitanya sulit melihat ketika malam hari atau dalam cahaya yang redup.

Ya, vitamin A dapat membantu mata untuk melihat dalam cahaya yang redup dan membedakan warna benda. Selain itu, vitamin A juga berperan dalam menjaga kesehatan kulit dan membantu sistem imun melawan infeksi.

Selain itu, vitamin A juga dapat membantu menurunkan risiko kanker, seperti kanker paru-paru dan kanker prostat, serta mampu menjaga kesehatan kulit serta kekuatan tulang.

Vitamin A banyak ditemukan pada wortel, kangkung, brokoli, paprika merah, bayam, minyak ikan kod, kentang, telur, keju, dan lain sebagainya.

2. Vitamin B

Ada delapan jenis vitamin B dengan fungsi yang berbeda-beda, yaitu:

  • Vitamin B1: Untuk membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi, serta menjaga kesehatan kulit.
  • Vitamin B2: Untuk membantu tubuh menghasilkan energi dari makanan, serta membantu sel tubuh membakar lemak.
  • Vitamin B3: Untuk membantu sel-sel tubuh mengubah makanan menjadi energi, serta menjaga kesehatan kulit.
  • Vitamin B5: Untuk membantu sel tubuh memproduksi asam lemak dan hormon.
  • Vitamin B6: Untuk membantu tubuh dalam memproses cadangan gula menjadi energi, serta membantu produksi sel darah merah.
  • Vitamin B7: Untuk membantu tubuh dalam memproduksi asam lemak dan asam amino ketika dibutuhkan oleh tubuh.
  • Vitamin B9: Berperan penting dalam proses pembelahan sel, terutama pada ibu hamil, sehingga dapat meminimalkan risiko terjadinya kelainan bawaan pada janin.
  • Vitamin B12: Untuk membantu pembentukan sel darah merah, serta memelihara fungsi saraf.

Memberi asupan vitamin B dalam tubuh juga dapat membantu mencegah masalah kesehatan lainnya, seperti gangguan kecemasan, depresi, kelelahan, penyakit jantung, dan masalah kulit seperti jerawat.

Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan terganggunya berbagai proses metabolisme. Selain itu, penyakit yang dapat timbul akibat kekurangan vitamin ini adalah beri-beri, diare, dan anemia.

Beragam makanan yang dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin B adalah biji-bijian (seperti kacang, gandum, dan sereal), nasi merah, susu, yogurt, sayur-sayuran (seperti asparagus dan brokoli), aging, hati, dan telur, lalu ikan dan kerang, serta buah-buahan (seperti kurma, alpukat, dan pisang).

3. Vitamin C

Vitamin C adalah jenis vitamin yang berperan penting untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel dalam tulang, gigi, dan kulit. Vitamin C juga dapat melindungi tubuh dari berbagai infeksi karena manfaat vitamin C yang memelihara fungsi sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, vitamin C bekerja sebagai antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas sehingga dapat mengurangi risiko sejumlah kanker, seperti kanker mulut, tenggorokan, kerongkongan, perut, hingga kanker payudara.

Itulah mengapa penting untuk kita memenuhi kecukupan asupan vitamin C. Vitamin C dapat diperoleh dari buah-buahan, seperti jeruk, jambu biji, stroberi, dan pepaya. Selain itu, kamu juga bisa memperoleh vitamin C dari makanan-makanan sehat seperti, kentang, tomat, brokoli, dan bayam.

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan anemia, gusi berdarah, gangguan sistem saraf, dan penurunan massa otot, serta membuat luka di tubuh kamu sulit sembuh atau mudah terinfeksi.

4. Vitamin D

Vitamin D berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium yang berguna untuk pertumbuhan tulang. Selain itu, vitamin ini juga dapat membantu sistem imun dalam melawan infeksi. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan kamu mengalami pelunakan tulang, rakitis, dan rentan terkena infeksi.

Salah satu jenis vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh adalah vitamin D3. Vitamin D3 didapatkan secara alami oleh tubuh saat kulit terkena sinar matahari. Mungkin sepertinya vitamin D3 mudah diperoleh, namun tidak jika kamu tinggal di daerah dingin atau tidak menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari.

Itu sebabnya juga penting untuk mendapatkan pasokan vitamin D3 dari makanan, seperti salmon, minyak ikan, kuning telur, hati sapi, dan susu. Vitamin D penting untuk membantu tubuh mempercepat penyerapan kalsium dan fosfor untuk membangun dan menjaga tulang yang kuat, serta tentunya mencegah gangguan kesehatan pada tulang.

Selain itu, asupan vitamin D yang memadai juga dapat memberikan sejumlah efek perlindungan terhadap beberapa penyakit seperti kanker dan diabetes tipe 1.

5. Vitamin E

Vitamin E berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan mata. Kamu bisa mendapatkan asupan vitamin E dengan mengonsumsi berbagai makanan sehat, seperti minyak nabati, sayuran hijau, buah kiwi, alpukat, telur, susu, dan kacang-kacangan.

Vitamin E bertindak sebagai antioksidan yang membantu melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin E juga dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan sistem imun sehingga dapat melawan bakteri dan virus.

Vitamin E adalah antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melindungi sel-sel dari kerusakan. Selain itu, vitamin E juga memiliki fungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu pembentukan sel darah merah, memperlambat penuaan, serta mengurangi risiko penyakit katarak.

6. Vitamin K

Vitamin K merupakan vitamin yang berperan penting dalam proses pembekuan darah dan menjaga kekuatan tulang. Kekurangan vitamin K dapat berisiko mengalami perdarahan dan patah tulang. Asupan vitamin K dapat diperoleh dari sayur-sayuran hijau, alpukat, dan kiwi.

7. Selenium dan Yodium

Selenium adalah mineral yang berperan penting untuk ketajaman fungsi kognitif, sistem kekebalan tubuh yang sehat, dan kesuburan bagi pria dan wanita. Selenium ditemukan dalam berbagai makanan sehat, seperti nasi, telur, makanan laut, dan organ daging.

Selenium bekerja sama dengan vitamin E sebagai antioksidan di dalam tubuh untuk mencegah pembentukan radikal bebas sehingga dapat mengurangi risiko kanker kulit. Selain selenium, ada pula yodium yang dibutuhkan dalam menu makanan kamu sehar-hari untuk memelihara fungsi tiroid dan metabolisme sel.

Kekurangan asupan yodium dapat menyebabkan risiko gondok atau pembengkakan tidak normal di daerah leher, serta menyebabkan peningkatan berat badan, intoleransi terhadap suhu dingin, dan sembelit. Untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa mendapatkan asupan harian yodium dengan mengonsumsi hidangan laut, keju, dan telur.

Selain itu, produk garam beryodium hadir sebagai cara yang cukup efektif guna mencukupi kebutuhan yodium harian. Nah, itulah jenis-jenis vitamin serta manfaat-manfaat yang dimilikinya. Sekarang sudah tahu, kan, apa saja jenis-jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan kaya vitamin agar kebutuhan harian vitamin kamu tetap terpenuhi, ya!

Bila perlu, berkonsultasilah dengan dokter untuk mengetahui jumlah vitamin yang perlu dikonsumsi setiap harinya dan tentunya sesuai dengan kondisi kesehatan serta kebutuhan tubuh kamu. Untuk memperoleh vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, sebaiknya mulai terapkan pola makan sehat dari sekarang. Semoga bermanfaat!

Related posts
Kesehatan

7 Tips Perawatan Kaki Penderita Diabetes

Kesehatan

Alasan Kenapa Cuci Tangan Itu Penting untuk Cegah Corona

Kesehatan

7 Tips Sehat Selama Social Distancing

Bayi & Anak-AnakKesehatan

13 Aktivitas Menarik untuk Bantu Perkembangan Motorik Anak