Kesehatan

Alasan Kenapa Cuci Tangan Itu Penting untuk Cegah Corona

cuci tangan cegah corona

Masker dan hand sanitizer menjadi yang paling dicari semua orang seiring maraknya berita COVID-19, karena dianggap sebagai pencegah penularan virus yang paling efektif. Tapi apakah benar hanya itu solusi yang dibutuhkan sekarang?

Read More:

Hal terbaik yang bisa dilakukan untuk mencegah COVID-19 adalah menjaga jarak satu sama lain, tidak bersentuhan, usahakan tidak keluar rumah, menjaga sistem imun tetap kuat, dan cuci tangan dengan sabun. Yap! Mencuci tangan dengan sabun adalah kunci penting untuk mencegah COVID-19.

Kenapa Cuci Tangan itu Penting?

cuci tangan cegah corona

Agar semakin memahami pentingnya cuci tangan, ada baiknya terlebih dahulu mengetahui bagaimana cara penyebaran virus COVID-19. Virus COVID-19 mampu bertahan di permukaan benda selama berhari-hari. Virus ini menyebar melalui droplets penderita, yaitu percikan liur ketika bersin, batuk, atau saat berbicara.

Jika penderita tidak menutup mulut dengan masker atau tisu saat bersin dan batuk, droplets bisa menempel di permukaan meja, pintu, atau dinding yang ada di sekitarnya. Jika penderita menutup mulut dengan tangan saat bersin atau batuk, droplets yang mengandung virus ini akan berpindah ke tangan, selanjutnya dari tangan virus akan berpindah dan menempel ke berbagai benda yang disentuhnya, seperti gagang pintu, pegangan tangan di eskalator, busway atau kereta.

Sentuhan dengan benda atau fasilitas umum yang sudah terkontaminasi membuat virus berpindah ke tangan. Jika tangan tidak dicuci, virus bisa masuk ke dalam tubuh melalui mata, hidung, dan mulut yang disentuh oleh tangan yang terkontaminasi. Sebelum hal tersebut terjadi, cucilah tangan dengan sabun dan air mengalir untuk menghilangkan virus.

Cuci tangan secara teratur, terutama setelah bersentuhan atau berjabat tangan dengan orang lain, saat baru masuk ke rumah, setelah menggunakan kendaraan umum dan fasilitas umum, setelah menggunakan toilet, sebelum makan, dan setelah batuk atau bersin. Perlukah kita cuci tangan menggunakan sabun terutama sabun anti bakteri?

Mencuci tangan menggunakan air saja hanya memberikan pengaruh sangat kecil untuk menghilangkan virus. Cucilah tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Kandungan yang terdapat dalam sabun mampu menghilangkan virus dari kulit. Dan air mengalir bisa membawa virus luruh dari tangan. Kamu bisa menggunakan sabun merk apapun dan sebaiknya gunakan sabun cair bukan sabun batangan, virus atau kotoran dapat menempel di sabun batang setelah digunakan.

Karena COVID-19 adalah virus, jadi sabun antibakteri tidak memberikan manfaat lebih untuk menghilangkan virus dari sabun biasa. Sabun biasa atau sabun antibakteri akan memberikan manfaat yang sama. Bahkan, sabun biasa lebih jarang menimbulkan efek samping pada kulit. Sabun antibakteri cenderung membuat kulit kering dan rentan iritasi.

Kesalahan Saat Mencuci Tangan

cuci tangan cegah corona
  • Tidak menggunakan sabun dan air mengalir
  • Cuci tangan terlalu singkat. Gosok tangan dengan sabun minimal selama 20 detik
  • Hanya menggosok telapak tangan. Bagian punggung tangan, sela-sela jari dan kuku juga harus digosok dengan teknik cuci
    tangan yang tepat
  • Menggunakan mesin pengering tangan. Mengeringkan tangan menggunakan tisu lebih baik daripada menggunakan mesin pengering tangan
  • Mematikan keran dengan tangan yang sudah di cuci. Tutup keran menggunakan tisu agar tangan tidak kembali kotor

Saat Sabun dan Air Tidak Tersedia

Saat keluar rumah, tidak semua tempat menyediakan wastafel dan sabun. Sebagai penggantinya, kamu bisa menggunakan hand sanitizer yang bisa dibawa dan digunakan kapan saja setelah bersentuhan dengan orang lain ataupun menggunakan fasilitas umum yang disentuh banyak orang. Pilih hand sanitizer dengan kandungan alkohol 60% atau lebih.

Desinfektan, hand sanitizer, dan tisu basah yang mengandung alkohol dapat berguna untuk membunuh virus ini, tetapi tidak seefektif sabun. Segera cuci tangan dengan sabun setelah menemukan wastafel agar tangan benar-benar bersih dari virus.

Related posts
Kesehatan

7 Tips Perawatan Kaki Penderita Diabetes

Kesehatan

7 Tips Sehat Selama Social Distancing

Bayi & Anak-AnakKesehatan

13 Aktivitas Menarik untuk Bantu Perkembangan Motorik Anak

Kesehatan

10 Obat Ambeien yang Ampuh; Alami dan Medis