Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

manfaat daun sirsak

Tanaman sirsak merupakan buah yang dapat dengan mudah ditemui di Indonesia. Manfaat daun sirsak ini banyak sekali seperti untuk mengobati penyakit dan juga soal kecantikan. Daun sirsak bisa mengobati kanker, tumor, penyakit asam urat, masalah kesuburan, diabetes, dan lainnya.

Tidak hanya daunnya, buah sirsak juga puunya manfaat karena kaya akan serat. Setiap 100 gram daging buah sirsak mengandung 3,3 gram serat yang bisa memenuhi kebutuhan serat tubuh setiap harinya sebanyak 13 persen.

Buah sirsak juga mengandung karbohidrat fruktosa. Selain itu juga mengandung vitamin C, vitamin B1, dan B2. Tetapi hati-hati, sebab biji sirsak tidak boleh dikonsumsi karena mengandung racun.

Baca Juga:

Sirsak adalah tumbuhan dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan yang bisa tumbuh sembarangan tempat. Tetapi aling baik jika ditanam di tempat yang berair. Di Indonesia, sirsak juga dikenal dengan nama lain nangka Belanda. Nama sirsak berasal dari bahasa Belanda, Zuurzak yang memiliki arti kantung yang asam.

Tidak hanya buahnya yang bermanfaat, daun sirsak juga kaya akan senyawa yang baik untuk kesehatan. Daun sirsak termasuk salah satu jenis tanaman herbal yang bisa dijadikan untuk pengobatan herbal dengan rutin mengkonsumsinya.

Sirsak diolah dengan benar dan dikonsumsi dengan cukup sesuai anjuran agar tidak memberikan efek negatif bagi tubuh.

Manfaat Daun Sirsak untuk Wanita dan Kesehatan

manfaat daun sirsak

Berikut beberapa khasiat daun sirsak untuk kesehatan yang harus kamu ketahui.

1. Menurunkan kolesterol

Daun sirsak bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa daun sirsak bisa melawan kolesterol jahat karena adanya suatu zat pada daun sirsak yang bisa mengurangi penyakit tersebut. Khasiat daun sirsak untuk kesehatan ini cocok buat kamu yang memiliki masalah berat badan atau obesitas.

2. Mengobati Kanker

Manfaat daun sirsak juga bisa mengobati penyakit kanker. Hal ini karena pada daun sirsak terdapat zat yang bisa melawan sel kanker hingga bisa membunuh sel kanker dalam tubuh. Zat ini juga memiliki manfaat lain untuk mendeteksi sel kanker dengan cepat dan segera membunuhnya. Sehingga pengobatan kanker dengan daun sirsak lebih efektif dibandingkan dengan pengobatan seperti kemoterapi dan sejenisnya.

3. Wasir

Penyakit wasir merupakan penyakit yang terjadi karena pembengkakan anus. Sehingga penderita wasir akan merasakan nyeri pada bagian organ tersebut. Tidak hanya nyeri, tetapi jika sudah parah, penderita bisa merasakan nyeri hingga mengeluarkan darah dari anus.

Salah satu obat herbal yang ampuh untuk menyembuhkan penyakit ini adalah mengkonsumsi daun sirsak. Daun sirsak bisa meredakan pendarahan di anus yang terjadi pada penderita wasir. Selain itu juga bermanfaat untuk membuat otot anus rileks dan membuat pembengkakan anus berkurang.

4. Mengobati asam urat

Salah satu obat tradisional mengobati asam urat adalah dengan daun sirsak. Manfaat daun sirsak untuk asam urat dengan meramunya menjadi air rebusan yang bisa diminum oleh penderita asam urat. Daun sirsak memiliki senyawa kimia yang bisa membunuh virus dan bakteri sehingga baik untuk proses regenerasi sel. Daun sirsak juga mengandung zat acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin, serta asam linoleat. Ada juga zat lain seperti glikosida, tannin, alkaloid, serta flavanoid.

Cara membuat air rebusan untuk mendapatkan manfaat daun sirsak untuk asam urat ini juga cukup mudah. Kamu bisa merebus enam hingga sepuluh lembar daun sirsak yang dicuci dan dipotong-ppotong terlebih dahulu. Rebuslah dengan air sebanyak 400 ml hingga menyisakan setengah saja. Tunggu air rebusan dingin terlebih dahulu sebelum diminum.

5. Mengobati Kista Ovarium

Selain untuk kesehatan, ada juga manfaat daun sirsak untuk wanita. Seperti mengobati penyakit kista ovarium. Kista ovarium merupakan penyakit tumor jinak yang tumbuh di ovarium. Penyakit kista perlu segera diobati agar tidak berkembang menjadi kanker. Oleh sebab itu kamu bisa mencoba manfaat daun sirsak untuk wanita ini.

Buat kamu penderita penyakit ovarium ini bisa dengan meminum air rebusan daun sirsak. Cara membuat air rebusan ini juga mudah. Rebus sepuluh lembar daun sirsak dengan tiga gelas air. Bisa diminum saat air rebusan masih hangat atau tunggu dingin terlebih dahulu. Minumlah air rebusan ini setiap pagi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Meningkatkan kesuburan

Khasiat daun sirsak ini juga bisa meningkatkan kesuburan. Daun sirsak ternyata bisa meningkatkan jumlah produksi sperma pada pria. Sedangkan manfaat daun sirsak untuk wanita adalah dipercaya bisa memperkuat rahim. Sangat baik untuk menjadikan daun sirsak sebagai obat herbal tidak hanya wanita tetapi juga pria.

7. Menghilangkan Jerawat

Ternyata daun sirsak juga memiliki khasiat untuk kecantkan yaitu menghilangkan jerawat. Daun sirsak diketahui bisa mencegah munculnya jerawat pada kulit wajah. Penggunaan daun sirsak untuk kecantikan ini adalah dengan menggunakannya sebagai masker dan dipakai sebelum tidur. Tentu ini menjadi salah satu manfaat daun sirsak untuk wanita yang paling didambakan agar penampilannya tetap terjaga.

8. Menghilangkan flek hitam

Selain bermanfaat untuk menghilangkan jerawat, masker daun sirsak juga berkhasiat untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Cara membuat masker wajah ini cukup mudah. Kamu tinggal menumbuk enam lembar daun sirsak hingga halus. Lalu campurkan dengan air mawar dan masker daun sirsak siap digunakan di wajah. Gunakan rutin sebelum tidur agar kamu mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Mengencangkan kulit

Manfaat daun sirsak untuk wanita lainnya adalah mengencangkan kulit. Meminum rebusan air daun sirsak rutin akan membuat kulit kamu kencang. Cara membuatnya juga cukup mudah, kamu tinggal merebus delapan hingga sepuluh daun sirsak dengan tiga gelas air. Rebus hingga mendidih sampai air rebusan bersisa satu gelas saja. Kamu bisa meminumnya 1 hingga 2 kali seminggu secara tertaur dan rutin agar mendapatkan hasil terbaik.

10. Melangsingkan Tubuh

Daun sirsak ternyata punya khasiat untuk melangsingkan tubuh. Hal ini karena daun sirsak berfungsi melancarkan pencernaan sehingga buang air besar bisa lebih teratur. Kamu hanya tinggal meminum air rebusan untuk mendapatkan manfaat yang satu ini. Pencernaan yang lancar akan membuat tubuh kamu lebih sehat dan langsing.

Manfaat Daun Sirsak Kering

manfaat daun sirsak

Perlu diketahui bahwa tanaman tradisional sebagai obat herbal ini tidak hanya direbus saja untuk mendapatkan manfaatnya. Kamu juga bisa mengolahnya dengan cara lain seperti mengambil manfaat daun sirsak kering. Daun sirsak kering punya senyawa yang tetap sama dengan daun sirsak biasa hanya saja akan ada pengurangan kadar air pada daun.

Cara mengeringkan daun sirsak ini juga mudah. Cuci bersih daun sirsak terlebih dahulu lalu keringkan di bawah sinar matahari. Ingat, agar kandungan baik dalam daun sirsak tidak hilang, ketika menjemur kamu harus menutupnya dengan kain. Tujuannya agar tidak terpapar langsung sinar matahari.

Manfaat daun sirsak kering ini baru bisa kamu rasakan jika direbus dulu dengan air, lalu air rebusan diminum untuk mengobati penyakit yang kamu derita.

Related posts
KehamilanKesehatanPrakonsepsi

5 Jenis Vaksin Sebelum Menikah yang Disarankan

Kesehatan

10 Manfaat Mandi Pagi untuk Kesehatan Tubuh

KesehatanWanita

Memahami Fase Siklus Menstruasi

Bayi & Anak-AnakIbu & BayiKesehatan

Pencegahan dan Penanganan Ruam Air Liur Pada Bayi