KesehatanPria

3 Kisah Sukses Berhenti Merokok yang Bisa Jadi Inspirasi

Kisah Sukses Berhenti Merokok

Berhenti merokok memang akan memberikan banyak manfaat dari segi kesehatan. Namun tentu saja tidak akan semudah membalikkan telapak tangan. Hanya sedikit orang yang sukses, terlebih bagi pecandu kuat.

Baca Juga:

Jika kamu sudah menjadikan berhenti merokok sebagai resolusi di tahun ini, kamu bisa membaca kisah-kisah sukses berhenti merokok berikut ini yang bisa menjadi inspirasi untuk kamu tetap semangat.

1. Kisah Joni O M O Talan warga Jatinegara

Kisah Sukses Berhenti Merokok

Pria 57 tahun ini sudah mulai merokok sejak masih SMP. Joni bahkan bisa menghabiskan rokok dua bungkus sehari. Kini, Haji Boy, begitu dia akrab disapa, sudah berhenti merokok secara total sejak 20 tahun yang lalu.

Menurut Joni, keinginan berhenti merokok harus dibarengi dengan niat. Dia bercerita niatan berhenti merokok dimulai saat bulan ramadan. Tidak secara langsung diberhentikan, tetapi jumlah rokoknya mulai dikurangi. Secara pelan-pelan pastinya.

Awalnya, Joni mengaku proses berhenti merokok tersebut tidak mudah. Terlebih ketika sedang berkumpul bersama teman-teman yang merokok. Tapi, karena sudah meniatkan diri dan tekad yang kuat, Joni bisa menahan hasratnya untuk menghisap rokok. Joni juga mengingat, ketika temannya memberi rokok, dia tetap ambil tetapi tidak dinyalakan. Hal itu dilakukan sebagai upaya menghargai pemberian, tetapi tekad di hati tetap kuat.

Kata Joni, setiap perokok mengetahui bahwa apa yang dihisapnya hanya membawa mudarat, tetapi mau dikata apa lagi kalau sudah kecanduan. Orang rela membeli lagi dan lagi. Tak peduli harga yang tinggi membuat kantong jebol, tetap saja para perokok ini rela membelinya.

Haji Boy juga menyebut ketika dirinya masih menjadi perokok aktif, bagian tubuh yang paling terasa efeknya adalah area dada. Kata Haji Boy, panas. Sering mudah capek ketika naik dan turun tangga.

Tak jarang banyak tetangga sekitar rumahnya di daerah Cipinang Besar Utara, Jatinegara, menjadikan dirinya sebagai tempat curhat yang juga ingin berhenti merokok. Jika Haji Boy sudah sukses berhenti merokok sejak 20 tahun lalu, giliran kamu kapan?

2. Bimbim Slank

Kisah Sukses Berhenti Merokok

Kisah sukses berhenti merokok juga datang dari seorang drummer band Slank, Bimo Setiawan, atau yang akrab disapa Bimbim Slank. Meski mengaku sangat susah, akhirnya Bimbim bisa berhenti merokok. Bahkan menurutnya, berhenti merokok lebih susah ketimbang melepaskan candu pada narkoba.

Bimbim menyebut butuh tekad dan usaha yang lebih keras agar bisa melepaskan diri dari candu rokok. Kata dia, rokok  terkesan sepele sehingga membuatnya jadi susah melepaskan rokok.

Bimbim bercerita dirinya tidak pernah mengikuti saran-saran yang ada. Ketika ingin berhenti, ya, berhenti saja, begitu jelas dia. Berbeda dengan Haji Boy yang berhenti perlahan, Bimbim langsung berhenti ketika sudah niat di hati. Dia mengaku memang mudah berubah dengan cepat.

Pada masa-masa transisi inilah Bimbim melewatinya dengan penuh perjuangan, salah satunya dengan proses adaptasi. Jika sebelumnya dia merokok ketika latihan atau bahkan tampil, Bimbim menggantinya dengan menaruh pensil di mulutnya yang seolah-olah seperti rokok.

Dulu dia memang biasa menghilangkan grogi di panggung dengan merokok. Tiga bulan pertama, Bimbim juga harus mengkonsumsi permen dengan rasa pedas untuk mengalihkan keinginannya menghisap rokok. Dan cara ini dinilai cukup efektif.

Memberitahukan niat itu pada orang-orang terdekat seperti keluarga, sahabat, dan saudara. Hal ini dilakukan agar terus termotivasi dan menjadi pengingat agar tidak tergoda untuk merokok lagi. Katanya, malu. Masa sudah woro-woro tapi tidak konsisten.

Satu lagi yang membuat Bimbim begitu ingin berhenti merokok adalah rasa cinta pada sang anak. Apalagi ketika anaknya masih kecil, sang buah hati sering menulis kalimat “you are not smoking anymore” di kotak rokok milik Bimbim. Sehingga ini menjadi motivasi utama bagi Bimbim untuk bisa melepaskan diri dari candu rokok.

Karena sudah bertekad penuh, akhirnya Bimbim sukses berhenti merokok. Hal yang dulu mungkin mustahil baginya.

3. Indro Warkop

Kisah Sukses Berhenti Merokok

Indro Warkop mengaku sudah berhenti merokok sejak lebih dari dua puluh tahun yang lalu. Alasannya sederhana. Dia tahu kebiasaan merokok itu tidak baik dan ingin menghindarinya. Komedian ini alasan utama yang membuat dirinya benar-benar berhenti adalah karena anak perempuannya, sama seperti Bimbim Slank.

Saat itu anak perempuannya masih berusia 5 tahun. Indro bercerita, pernah di masa itu sang putri meminta Indro untuk mengambil fotonya. Lalu sang putri berpose menirukan gaya sang ayah dengan memegang rokok-rokokan, kata putrinya biar “kayak Papah”.

Itulah titik balik dimana Indro berpikir dia harus menjadi contoh yang baik. Indro mengingat lagi, kejadian itu persis di bulan puasa. Lalu ketika lebaran hari pertama, dia berhenti merokok total.

Diakui Indro, berhenti merokok bukan persoalan mudah. Banyak hal yang harus dilawan, bahkan hingga menggigil dan sakau. Kata Indro, dirinya sudah seperti orang kecanduan pakai narkoba. Tetapi dia tahu itu akibat berhenti merokok, jadi dia bisa lawan dan tahan. Dia tidak mau kalah dari rokok.

Kondisi tubuh menggigil itu dirasakannya bahkan hingga dua minggu. Hebatnya, dia berhasil melawan dan bisa berhenti hingga sekarang. Tak lupa, Indro berpesan agar masyarakat juga bisa segera menyadari efek buruk akibat merokok ini, seperti kanker paru-paru.

Selain untuk kesehatan diri sendiri, berhenti merokok juga sebagai bentuk kepedulian kepada orang lain yang tidak merokok tapi terkena oleh asap rokok yang dihisap. Komedian itu juga mengingatkan agar masyarakat tidak merokok dekat orang yang sedang sakit. Meskipun suduah menjauh, tetapi jika masih dalam satu ruangan yang sama, orang di ruangan itu masih tetap terpapar asap rokok, begitu kata Indro.

Itu dia 3 kisah sukses berhenti merokok dari sekian banyak kisah inspiratif lainnya. Intinya, untuk bisa berhenti merokok butuh niat dan tekad yang kuat agar tidak tergoda dengan candu rokok.

Related posts
KehamilanKesehatanPrakonsepsi

5 Jenis Vaksin Sebelum Menikah yang Disarankan

Kesehatan

10 Manfaat Mandi Pagi untuk Kesehatan Tubuh

KesehatanWanita

Memahami Fase Siklus Menstruasi

Bayi & Anak-AnakIbu & BayiKesehatan

Pencegahan dan Penanganan Ruam Air Liur Pada Bayi