Diet & NutrisiKesehatan

8 Makanan Penambah Berat Badan Secara Alami

Makanan Penambah Berat Badan alami

Kamu sering merasa iri dengan teman yang memiliki badan kurus? Tapi tahukah kamu orang yang memiliki berat badan yang kurang justru berisiko terkena masalah kesehatan? Sebut saja pertumbuhan yang lambat, sistem kekebalan tubuh yang melemah, osteoporosis, kekurangan gizi, dan peningkatan risiko komplikasi selama operasi.

Baca Juga:

Meski demikian, seiring majunya teknologi dan pengetahuan akan gizi, masyarakat yang memiliki berat badan yang kurang semakin sedikit. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat, jumlah orang dewasa dengan berat badan kurang dari umur 20 hingga 39 tahun di negara itu menurun dari 3 persen menjadi 1,9 persen antara 1988 dan 2008.

Nah, bagi kamu yang memiliki berat badan kurang, okadoc punya list makanan nih biar berat badan kamu bertambah secara alami.

1. Susu

Makanan Penambah Berat Badan alami

Sejak kita kecil, orangtua kamu tentu memberitahu kita bahwa susu itu menyehatkan. Susu memang sudah digunakan sebagai penambah berat badan sejak zaman dulu. Susu akan memberi keseimbangan protein, karbohidrat, dan lemak yang baik. Kandungan susu juga merupakan sumber kalsium yang baik serta sumber vitamin dan mineral.

Bagi kamu yang ingin menambah bobot otot, susu juga merupakan sumber protein yang baik lantaran menyediakan protein kasein. Susu menyebabkan peningkatan massa yang lebih besar daripada sumber proteinlainnya. Cobalah minum susu satu atau dua gelas ketika kamu memakan camilan atau sebelum dan sesudah berolahraga.

2. Nasi

Makanan Penambah Berat Badan alami

Beras yang akhirnya menjad nasi, adalah sumber karbohidrat yang nyaman dan murah untuk menambat berat badan kamu. Hanya 1 cangkir atau 165 gram nasi yang dimasak sudah dapat menghasilkan 190 kalori, 43 gram karbohidrat dan sedikit lemak.

Artinya, kamu mudah mendapatkan karbohidrat dan kalori yang tinggi dari satu porsi saja. Ini akan membantu kamu makan lebih banyak, meski kamu cepat kenyang.  

Dijamin berat badan kamu cepat naik. Tapi ada baiknya kamu juga menghindari konsumsi nasi yang berlebihan. Nasi mengandung arsenik dan kandungan asam fitat. Arsenik dapat menyebabkan toksisitas dan asam fitat dapat mengurangi penyerapan seng dan zat besi.

3. Kacang-kacangan

Makanan Penambah Berat Badan alami

Kacang adalah pilihan yang sempurna jika kamu ingin menambah berat badan. Hanya dengan satu genggam kecil kacang almond, kamu sudah mendapatkan lebih dari 7 gram protein dan 18 gram lemak sehat. 

Karena mereka sangat pada kalori, hanya dengan dua genggam per hari kamu dapat dengan cepat menambah ratusan kalori. Penyedap kacang juga dapat ditambahkan ke berbagai makanan ringan atau hidangan seperti smoothie dan yogurt. Jangan lupa pastikan juga kamu memilih mentega kacang yang 100% kadungannya tanpa tambahan gula dan minyak tambahan.

4. Daging Merah

Makanan Penambah Berat Badan alami

Daging merah mungkin salah satu makan penambahn berat badan atau pembentuk otot terbaik saat ini. Steak, mengandung sekitar 3 gram leusin per 6 ons (170 gram). Leusin adalah asam amino yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita guna merangsang sintesis protein otot dan menambah jaringan otot baru. 

Selain itu, daging merah juga merupakan salah satu sumber alami terbaik dari creatine, yang merupakan suplemen pembentuk otot terbaik di dunia.  Agar berat badan kamu naik dengan maksimal, pastikan kamu memilih potongan yang lebih gemuk ketgimbang potongan yang lebih ramping. Hal ini dapat membantu kamu mendapatkan kalori ekstra.

Sebuah penelitian mengungkapkan, dari 100 wanita lansia yang menambahkan 6 ons daging merah (170 gram) dalam diet mereka, terdapat pengingkatan massa sebanyak 18%. Ya, daging berlemak merupakan sumber protein yang baik. Kandungangan memiliki banyak kalori dan dapat membantu menaikan berat badan kamu dengan efektif. 

5. Ikan Salmon dan Ikan Berminyak

Makanan Penambah Berat Badan alami

Seperti daging merah, salmon dan ikan berminyak adalah sumber protein yang sangat baik dan lemak sehat yang penting. Dari semua nutrisi yang diberikan makanan ini, asam lemak omega-3 adalah yang paling signifikan dan terkenal.

Kandungan ini menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan dan mampu menghalau beragam penyakit.  Dari satu fillet salmon 6 ons (170 gram) saja, kamu sudah bisa mendapatkan sekitar 350 kalori dan 4 gram lemak omega-3. Jumlah ini mampu membangun otot dan menambah berat badan.

6. Buah Kering

Makanan Penambah Berat Badan alami

Buah kering adalah camilan berkalori tinggi yang juga menyediakan antioksida dan zat gizi mikro. Kamu bisa mendapatkan berbagai jenis buah kering, namun kalau tidak hati-hati kamu akan mendapatkan buah yang memiliki kandungan gula yang tinggi dan tidak ideal. Meski demikian, buah kering memang bagus untuk menambah berat badan dan rasanya juga enak.

Tidak sedikit orang berpikir bahwa buah yang dikeringkan akan kehilangan sebagian besar nutrisinya. Namun buah-buahan kering mengandung banyak serat dan sebagian besar vitamin dan mineral mereka tetap utuh. Kamu dapat menggabungkan beberapa buah kering dengan sumber protein lainnya seperti potongan daging.

Kamu juga dapat mencampur buah kering dengan kacang-kacangan dan yogurt alami. Perpaduan ini dapat memberikan campuran lemak sehat, protein dan nutrisi yang penting bagi tubuh. 

7. Yogurt

Makanan Penambah Berat Badan alami

Yogurt adalah camilan sehat dan nyaman. Ini merupakan nutrisi yang bagus yang terdiri dari campuran protein, karbohidrat dan lemak yang seimbang. Ada banyak makanan ringan dan resep penambah berat badan yang sehat yang terbuat dari yogurt antara lain:  Yogurt dan buah. Caranya, campurkan 1-2 cangkir yogurt dengan buah segar atau kering. Kamu juga bisa menambahkan kacang, biji-bijian, madu, granola atau parutan kelapa. 

Kedua, Puding selai cokelat. Caranya campurkan 1-2 cangkir yogurt dengan 100% bubuk kakao, kacang atau selai kacang dan pemanis. Ketiga, yogurt parfait. Caranya campurkan 1-2 cangkir yogurt dengan granola. Kamu dapat membuat sarapan yang lezat dengan cara ini. 

8. Cokelat Hitam 

Makanan Penambah Berat Badan alami

Untuk menaikan berat badan, banyak orang yang merekomendasikan untuk memakan cokelat hitam dengan kandungan kakao setidaknya 70%.  Seperti makanan berlemak tinggi lainnya, cokelat hitam memiliki kepadatan kalori yang sangat tinggi, artinya sangat mudah untuk mendapatkan kalori dari sebuah cokelat hitam.

Setiap batang cokelat hitam seberat 100 gram (3,5 ons) dapat menyuplai sekitar 600 kalori dan dikemas dengan zat gizi mikro dan senyawa penunjang kesehatan, termasuk serat, magnesium dan antioksidan. Ini artinya cokelat hitam sangat efektif untuk menambah berat badan kamu.

Nah, 8 makan di atas dapat membantu menambah berat badan kamu secara alami.  Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Related posts
Kesehatan

Ini 10 Tanda Jika Kamu Butuh Me Time

Kesehatan

Ini Kadar Kolesterol Normal untuk HDL, LDL, Total, dan Trigliserida

Kesehatan

Sempat Dilarang, Kini Obat Ranitidin Boleh Dijual Kembali

Diet & NutrisiGaya Hidup

12 Pilihan Snack Sehat untuk Penderita Diabetes