Diet & NutrisiKesehatan

9 Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Duku

Buah duku umumnya sering dikonsumsi sebagai pencuci mulut. Buah duku merupakan salah satu buah tropis yang bisa ditemui di beberapa daerah di Indonesia. Buah yang satu ini berasal dari bagian barat Asia Tenggara, seperti Thailand maupun Filipina.

Baca Juga:

Selain karena rasanya yang unik, buah duku juga memiliki sederet manfaat untuk kesehatan dan kecantikan lho! Sebelum membahas mengenai manfaat buah duku, yuk cari tahu apa saja kandungan vitamin yang dimiliki oleh buah yang satu ini.

Kandungan Vitamin dan Serat yang Dimiliki Buah Duku

Manfaat Buah Duku

Apa saja kandungan yang dimiliki oleh buah duku? Berikut ini adalah kandungan vitamin dan serat dalam buah duku yang harus kamu ketahui.

1. Vitamin A

Buah duku kaya vitamin, terutama vitamin A dan mineral. Vitamin A adalah kelompok vitamin yang larut dalam lemak meliputi retinol dan karotenoid, yang merupakan antioksidan kuat untuk melindungi sel dari radikal bebas. Selain itu, vitamin A dalam buah duku juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan mata atau penglihatan.

2. Vitamin B

Buah duku juga mengandung Vitamin B1 yang dapat membantu memecah gula dalam tubuh, mendukung pertumbuhan tubuh, dan memproduksi sel darah merah. Sementara itu, vitamin B2 yang juga ditemukan dalam buah duku dapat membantu tubuh melepaskan energi dari karbohidrat.

3. Serat

Selain vitamin, buah duku juga mengandung serat yang berpotensi untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan juga membantu mencegah sembelit.

Buah duku sebanyak 100 gram mengandung lebih dari 2 gram serat. Jumlah tersebut tentu mampu memenuhi 8 hingga 11 persen kebutuhan serat untuk wanita dewasa dan 6 hingga 8 persen kebutuhan serat untuk pria dewasa.

4. Antioksidan

Selain serat, buah duku juga merupakan sumber antioksidan alami, seperti polifenol. Dengan begitu, buah duku juga disebut-sebut memiliki kemampuan antioksidan yang mirip dengan buah-buahan tropis lainnya, seperti pisang dan pepaya.

Itulah beberapa kandungan yang dimiliki oleh buah duku. Mengingat beragam vitamin, serat, dan antioksidan yang dimilikinya, maka penting untuk kamu mengonsumsi buah duku karena bermanfaat bagi kesehatan.

Mau tahu manfaat buah duku lainnya? Inilah beragam manfaat buah duku lainnya untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Duku

Jika tadi merupakan kandungan yang dimiliki oleh buah duku, berikut ini adalah sederet manfaat yang dimiliki buah duku untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Sebagai sumber antioksidan

Seperti yang telah disebutkan di atas, buah duku mengandung antioksidan alami dari vitamin C yang dikandungnya. Antioksidan sendiri merupakan nutrisi yang berfungsi untuk menghindari tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Hal itu sangatlah penting, mengingat radikal bebas merupakan penyebab utama pembentukan kanker dalam tubuh. Antioksidan berperan aktif dalam mencegah tubuh dari kerusakan akibat zat- zat beracun.

Selain itu, antioksidan tersebut juga dapat membantu tubuh memecah radikal bebas yang biasanya merusak sel, menyebabkan penyakit, dan mempercepat penuaan.

Terakhir, buah duku juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kadar gula darah untuk mencegah diabetes.

2. Mencegah penuaan dini

Ya, selain untuk menghindari tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, antioksidan dalam buah duku juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini.

Salah satu faktor penyebab penuaan dini adalah akibat dari radikal bebas. Dengan adanya antioksidan dalam vitamin C pada buah duku, maka sangat efektif untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas dan tentunya akhirnya dapat mencegah penuaan dini.

3. Memperkuat gigi dan gusi

Keinginan untuk memiliki gigi yang kuat dan sehat dapat kamu wujudkan dengan sering mengonsumsi buah duku. Pasalnya, buah duku juga memiliki manfaat untuk menguatkan gigi karena kandungan fosfor di dalamnya. Tidak hanya itu saja, buah duku juga bisa membuat tulang lebih kuat dan terhindar dari osteoporosis.

Vitamin C dalam buah duku juga sangat manjur untuk menjaga kesehatan gusi. Tidak hanya menjaga kesehatan gusi, buah duku juga dipercaya mampu mengatasi segala macam masalah mulut, seperti sariawan, gusi berdarah, bau mulut yang tidak sedap, dan masalah lainnya.

Selain itu, manfaat vitamin C yang terkandung dalam buah duku ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencerna lemak tubuh.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Seperti yang sudah disebutkan di atas, vitamin C yang terdapat dalam buah duku juga bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, buah duku juga sangat baik dikonsumsi bagi kamu yang sedang berada dalam masa pemulihan kesehatan.

5. Menjaga kulit tetap sehat

Salah satu manfaat buah duku untuk kecantikan adalah menjaga kulit tetap sehat. Kesehatan kulit dapat dijaga dengan seringnya mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E.

Dengan kandungan vitamin E yang dimilikinya, tentu buah duku sangat efektif menjaga kesehatan kulit seperti mencegah penuaan dini, melembutkan kulit, menjaga kelembapan kulit, menjaga kulit dari paparan sinar UV, serta membantu penyembuhan luka pada kulit.

6. Mencegah anemia

Manfaat buah duku selanjutnya adalah untuk mencegah anemia. Beberapa studi menyebutkan bahwa mengonsumsi buah duku dapat membantu seseorang terhindar dari anemia karena kandungan zat besi yang ada di dalamnya.

Kandungan zat besi pada buah duku dikatakan bisa meningkatkan sel darah merah dan oksigen di dalam tubuh. Kemampuan inilah yang menjadikan alasan mengapa buah duku dapat mencegah anemia.

7. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Salah satu masalah pencernaan yang sering terjadi adalah sembelit. Kondisi ini biasanya terjadi akibat asupan serat tidak tercukupi dengan baik.

Selain untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi buah duku secara teratur bisa cegah sembelit maupun wasir.

Ya, salah satu cara untuk mencegah sembelit adalah dengan mengonsumsi buah duku yang banyak mengandung serat. Kandungan serat yang amat tinggi dalam buah duku dapat bermanfaat dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Dengan sering mengonsumsi buah duku, kamu dapat terhindar dari masalah pencernaan seperti sembelit tersebut.

8. Membantu menurunkan berat badan

Buah duku juga bisa digunakan untuk menurunkan berat badan, lho. Buah duku akan membantu tubuh untuk mendapatkan karnitin. Karnitin itulah yang akan mengarahkan molekul lemak ke dalam jaringan pembakar lemak. Oleh karena itu, mengonsumsi buah duku sangat cocok untuk kamu yang sedang menjalankan program diet.

9. Mengontrol kolesterol

Buah duku juga memiliki manfaat untuk mengontrol kolesterol, lho. Bagi penderita kolesterol, bisa dibantu dengan sering mengonsumsi buah duku.

Vitamin dan nutrisi yang terkandung dalam buah duku dipercaya dapat mengontrol dan menormalkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Tidak hanya itu saja, seperti yang sudah disebutkan di atas, mengonsumsi buah duku secara teratur juga bisa membantu kamu dalam mencapai keberhasilan saat menjalankan program diet.

Nah, itulah beberapa manfaat dari buah duku untuk kesehatan dan kecantikan. Saat musim buah duku ini tiba, jangan lupa untuk membeli buah tropis yang satu ini, ya. Semoga bermanfaat.

Related posts
Bayi & Anak-AnakIbu & BayiKesehatan

7 Teether Alami untuk Bayi yang Tumbuh Gigi

Kesehatan

Perbedaan Cardiac Arrest dan Serangan Jantung yang Harus Kamu Tahu

Diet & NutrisiGaya Hidup

Dada Ayam vs Paha Ayam, Mana yang Lebih Baik untuk Menu Diet?

Kesehatan

Ini 10 Tanda Jika Kamu Butuh Me Time