Kesehatan

10 Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan yang Harus Kamu Tahu

manfaat ketumbar bagi kesehatan

Ketumbar merupakan rempah dan bumbu dapur yang biasanya digunakan untuk memasak untuk memberikan tambahan cita rasa. Tumbuhan herbal ini tergolong dalam keluarga wortel atau Umbelliferae sebab batang, daun, buah, dan akarnya punya aroma yang memberikan efek relaksasi.

Baca Juga:

Selain sebagai bumbu makanan, manfaat ketumbar bagi kesehatan juga banyak. Seperti mengatasi sakit perut, diare, mual, kejang usus, serta perut kembung.  Selain itu, ketumbar untuk kesehatan juga bermanfaat untuk meredakan gejala wasir, sakit gigi, campak, nyeri sendi, cacingan, dan infeksi karena bakteri dan jamur.

Bahkan, ketumbar juga berkhasiat untuk meningkatkan produksi ASI dan memperlancar peredaran darah tubuh lho! Agar tak penasaran, ada baiknya kamu simak informasi mengenai manfaat ketumbar untuk kesehatan serta efek sampingnya berikut ini yuk!

Khasiat Ketumbar Untuk Kesehatan

manfaat ketumbar bagi kesehatan

Bagian ketumbar yang paling terkenal adalah bijinya. Tidak hanya untuk kesehatan, tetapi ketumbar punya banyak khasiat seperti digunakan untuk bahan baku kosmetik, obat-obatan, pewangi aromaterapi, parfum, bahan baku rokok, sabun, serta aroma makanan dan minuman. Apa saja manfaatnya?

1. Menjaga kesehatan gigi

Jika kamu mengalami masalah pada kesehatan gigi dan mulut, kamu bisa mencoba menggunakan ketumbar. Sifat analgetik yang terkandung pada ketumbar bisa meredakan rasa sakit gigi. Antibakterinya juga baik untuk membuat gigi dan mulut tetap sehat.

2. Mengatasi gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan yang terjadi bisa diatasi dengan menggunakan ketumbar untuk kesehatan. Ketumbar bisa mngatasi iritasi yang terjadi pada usus besar. khasiat ketumbar untuk kesehatan lainnya yaitu bisa mengatasi masalah pencernaan yang kamu alami seperti perut kembung, cacingan, sembelit, ataupun diare. Produksi enzim pencernaan akan dibantu oleh kandungan antioksidan yang terdapat dalam biji ketumbar. 

3. Baik bagi penderita diabetes

Penderita diabetes bagus untuk mengonsumsi ketumbar karena salah satu manfaat ketumbar untuk kesehatan adalah dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Akan tetapi, ketika mengonsumsi ketumbar ini secara rutin, kamu harus rutin dan terus memeriksa kadar gula darah agar tahu apakah mengonsumsi ketumbar efektif atau tidak pada tubuh kamu.

4. Mengatasi infeksi bakteri dan jamur

Infeksi akibat jamur dan bekteri ternyata bisa diobati dengan ketumbar. Manfaat ketumbar bagi kesehatan ini yang belum banyak diketahui orang. Kamu bisa mengonsumsi ketumbar untuk mengatasi penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan jamur seperti infeksi kulit dan konjuntivitis.

5. Menurunkan kolesterol

Kolesterol jahat dalam darah bisa diturunkan dengan mengonsumsi ketumbar. Rebusan air ketumbar untuk kesehatan bisa untuk menjaga jantung. Jika kolesterol jahat dalam darah ini dibiarkan, maka dapat membentuk plak yang bisa menghambat peredaran darah dan dapat mengganggu fungsi jantung.

6. Mengatasi wasir

Khasiat ketumbar untuk kesehatan juga bisa mengatasi penyakit wasir. Karena bagus untuk mengatasi masalah pencernaan, ketumbar dinilai ampuh untuk atasi kontipasi yang kamu rasakan ataupun sembelit. Kontipasi merupakan awal dan penyebab dari wasir. Tidak hanya melancarkan pencernaan, tetapi ketumbar dengan kandungan analgesiknya bisa meredakan nyeri yang diakibatkan oleh wasir. 

7. Mengatasi batuk

Ternyata ketumbar juga mengandung vitamin C yang bisa mengobati penyakit batuk dan pilek yang kamu alami. Vitamin C yang terdapat pada ketumbar menjadi antioksidan alami yang bagus untuk meningkatkan imunitas tubuh. Antioksidan inilah yang dipercaya bisa membuat batuk dan pilek kamu sembuh lebih cepat.

8. Meringankan nyeri sendi

Banyak aktivitas membuat kamu akan sering mengalami nyeri sendi. Jangan khawatir, kamu bisa megonsumsi ketumbar untuk kesehatan sendi. Masih ada hubungannya dengan sifat analgesik dan kandungan linoleat dari ketumbar. Tidak hanya membuat nyeri sendi kamu berkurang, tetapi ketumbar untuk kesehatan juga bisa meringankan sakit karena hernia. Ingat ya, manfaat ketumbar ini hanya bisa meringankan gejala, tidak dapat mengobati penyebab utama penyakitnya.

9. Melebatkan rambut

Selain manfaat ketumbar untuk kesehatan tubuh, ketumbar juga bermanfaat untuk rambut yang mana bisa menguatkan akar rambut agar tidak mudah rontok serta merangsang tumbuhnya rambut. Selain kemiri yang memang sudah terkenal mafaatnya yang baik untuk rambut, kamu juga bisa mencoba ketumbar untuk rambut dan llihat efeknya di rambut kamu setelah digunakan.

10. Menjaga kesehatan kulit

Kesehatan kulit bisa dijaga dengan ketumbar kandungan antibakterinya mampu mengatasi jerawat, mengatasi kulit berminyak, mencerahkan kulit, serta meremajakan kulit. Manfaat ketumbar untuk kesehatan ini juga bisa membuat kulit kamu terhindar dari infeksi dan iritasi.

Efek Samping Ketumbar

manfaat ketumbar bagi kesehatan

Namun, hal yang kamu harus ingat adalah, tidak semua orang bisa merasakan khasiat ketumbar untuk kesehatan sebagai obat herbal. Karena meskipun memiliki manfaat yng sebagiannya sudah dibuktikan secara ilmiah, tetapi masih butuh penelitian lebih lanjut. 

Ibu hamil dan menyusui tidak disarankan menggunakan ketumbar sebagai obat herbal. Selain itu untuk kamu yang penderita gangguan pernapasan, penderita penyakit hati, kulit sensitif, dan alergi pada ketumbar juga tidak direkomendasikan.

Manfaat ketumbar bagi kesehatan pada ibu hamil dan menyusui ada, tetapi bukan manfaat yang berasal dari biji ketumbar. Manfaat yang dimaksud berasal dari daun ketumbar yang mengandung asam folat yang masih bisa dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Tetapi jika menggunakan biji ketumbar sebagai bumbu dapur masih diperbolehkan, namun menggunakannya sebagai obat herbal tidak disarankan.

Efek samping yang muncul akan berbeda-beda pada setiap orang, sehingga harus dilakukan hati-hati. Bebeapa efek samping ketumbar untuk kesehatan ini adalah menyebabkan sakit kepala, sakit perut, nafsu makan menurun, mual, muntah, menyebabkan alergi seperti gatal, mata berair, ruma merah, dan sebagainya.

Akan tetapi, mengambil manfaat ketumbar untuk kesehatan sebagai bumbu dapur masih relatif aman digunakan untuk semua orang. Menambahkan ketumbar pada masakan kamu akan menimbulkan cita rasa yang sedap dan memiliki rasa yang khas saat dimakan. Semoga bermanfaat!

Related posts
GigiKesehatan

Obat Sakit Gigi Berlubang di Apotek untuk Pereda Nyeri Sementara

Kesehatan

Kontroversi Obat Asam Lambung Ranitidin yang Harus Kamu Tahu

KesehatanWanita

Kenali Penyebab Payudara Nyeri dan Cara Mengatasinya

Diet & NutrisiKesehatan

9 Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan dan Kecantikan