Gaya HidupKesehatan

Manfaat Kolang-kaling untuk Kesehatan

Manfaat Kolang-kaling

Siapa yang suka kolang-kaling? Biasanya kolang-kaling bisa ditemukan di minuman es buah atau minuman segar lainnya ya. Tetapi ternyata nggak cuma itu saja lho, kolang-kaling ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh!

Kolang-kaling berasal dari biji tanaman aren, dalam bahasa latinnya Arenga pinnata dan biasanya buah ini banyak ditemukan di daerah Asia Tenggara seperti Malaysia, Indonesia, Filipina dan lainnya. Kolang-kaling ini berwarna putih transparan, lonjong dan juga memiliki tekstur kenyal. Rasanya yang menyegarkan biasanya banyak digunakan untuk sop buah.

Baca Juga:

Untuk mendapatkan biji kolang-kaling, diperlukan proses yang panjang. Buah aren yang masih setengah matang dibakar hingga daging buahnya terasa hangus dan getah yang menempel pada permukaan kulit hilang.

Kemudian direbus selama 1-2 jam , dan dikupas satu per satu ketika telah dingin untuk diambil bijinya dan pipihkan dengan cara ditumbuk. Lalu rendam di dalam air kapur selama beberapa hari sampai terlihat bening dan siap diolah menjadi makanan. 

Kandungan Kolang-kaling

Manfaat Kolang-kaling
  • Dikenal sebagai buah dengan kandungan air yang cukup tinggi, yakni hingga 93%. Selain itu, biji kolang-kaling juga memiliki kandungan lainnya seperti protein sebanyak 0.69 gram dan juga karbohidrat 4 gram.
  • Tidak hanya itu, kolang-kaling juga memiliki kandungan zat besi, kalsium, kalium, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan gelatin.
  • Tekstur lembut dan rasanya yang menyegarkan membuat biji kolang-kaling mudah dikonsumsi sehingga banyak memberikan kandungan nutrisi baik untuk kesehatan tubuh.
  • Kandungan lainnya adalah kandungan mineral seperti protasium, zat besi, dan kalsium juga bisa melancarkan proses metabolisme tubuh.

Manfaat Kolang-kaling untuk Kesehatan

Manfaat Kolang-kaling

Tidak hanya kenyal, lembut dan rasanya menyegarkan, manfaat kolang-kaling lainnya bisa kamu dapatkan untuk kesehatan tubuh hingga kesuburan. Nah, dibalik kesegarannya, berikut beberapa manfaat kolang-kaling untuk kesehatan yang harus kamu tahu:

1. Bantu menurunkan berat badan

Bagi kamu yang sedang diet atau menurunkan berat badan, kamu bisa mengonsumsi kolang-kaling yang segar ini. Kolang-kaling bisa bantu menurunkan berat badan karena selain mengandung karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber energi tubuh, kolang-kaling juga mengandung gelatin yang bisa menahan nafsu makan berlebihan. Namun untuk hasil maksimal kamu harus konsumsi kolang-kaling tanpa tambahan apa-apa (sirup atau gula) ya.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Manfaat lainnya adalah untuk melancarkan sistem pencernaan kamu. Kandungan kolang-kaling salah satunya ada 1.6 gr serat kasar dalam 100 gram kolang-kaling. Tentunya jenis serat ini akan mendukung pergerakan sistem pencernaan dan meningkatkan feses sehingga serat yang tidak larut dalam air akan membantu kamu yang sedang mengalami konstipasi, sehingga BAB pun akan lancar.

3. Mencegah pengeroposan tulang

Kamu bisa konsumsi kolang-kaling karena di dalamnya ada kandungan kalsium dan fosfor yang baik untuk kesehatan dan kekuatan tulang. Meskipun kadarnya tidak terlalu tinggi, namun kalsium pada kolang kaling juga bisa bermanfaat bagi tubuh.

4. Mencegah anemia

Kandungan zat besi di dalam kolang-kaling bisa mengatasi anemia pada tubuh seseorang. Perlu diketahui bahwa kandungan zat besi dalam kolang-kaling merupakan komponen dari hemoglobin yang bermanfaat memasok oksigen ke seluruh jaringan tubuh melalui sirkulasi darah. Nah, jika zat besi tercukupi, maka bisa mencegah anemia.

Manfaat Kolang-kaling untuk Kecantikan

Manfaat Kolang-kaling

1. Mencegah penuaan dini

Kandungan senyawa galactomannan atau sejenis gula polisakarida dalam kolang-kaling juga dipercaya memiliki khasiat antipenuaan. Senyawa galactomannan ini bisa menghambat tirosinase lebih dari 50%. Tirosinase adalah senyawa yang terlibat dengan sintesis melanin, yang memberikan warna pada kulit.

Melain juga bertanggung jawab sebagai salah satu penyebab munculnya bintik hitam pada wajah, sehingga kemampuan galactomannan dalam menghambat tirosinase merupakan sinyal positif untuk mencegah bintik hitam pada wajah. Selain itu, galactomannan juga bisa melawan radikal bebas penyebab penuaan dini. 

2. Meremajakan kulit

Selain untuk kesehatan, biji kolang-kaling juga bermanfaat untuk meremajakan kulit karena mengandung kolagen dan vitamin. Kandungan ini tentunya akan membuat kulit tampak lebih muda.

Nah, banyak kan manfaat kolang-kaling dan tentunya tidak ada salahnya mengonsumsinya untuk kesehatan tubuhmu. Tetapi ingat, jangan konsumsi berlebihan dan pilih biji kolang-kaling yang segar dan bebas bahan pengawet yang bisa membahayakan tubuh ya!

Related posts
GigiKesehatan

Obat Sakit Gigi Berlubang di Apotek untuk Pereda Nyeri Sementara

Kesehatan

Kontroversi Obat Asam Lambung Ranitidin yang Harus Kamu Tahu

Gaya HidupKebugaran

9 Cara Mengecilkan Betis Yang Bisa Kamu Coba

KesehatanWanita

Kenali Penyebab Payudara Nyeri dan Cara Mengatasinya