Kesehatan

10 Manfaat Minum Air Lemon untuk Kesehatan

Air Lemon untuk Kesehatan

Tahukah kamu bahwa buah lemon banyak mengandung vitamin seperti vitamin B, vitamin C, riboflavin, dan berbagai macam mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor, serta protein dan karbohidrat?

Baca Juga:

Lalu, apa saja manfaat minum air lemon untuk kesehatan? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa Saja Manfaat Minum Air Lemon?

Air Lemon untuk Kesehatan

Meski memiliki rasa yang cukup asam, ternyata meminum air lemon dapat membantu untuk menurunkan berat badan dan juga bagus untuk kesehatan. Inilah beberapa manfaat minum air lemon untuk kesehatan.

1. Dapat melancarkan pencernaan

Manfaat minum air lemon untuk kesehatan yang pertama, yaitu dapat membantu melancarkan pencernaan. Air lemon, khususnya yang dalam kondisi hangat, sangat baik dalam membersihkan liver dan membuang parasit.

Kandungan dalam buah lemon sendiri dapat meningkatkan gerakan peristaltik di dalam perut dan membantu buang air besar secara teratur. Dengan minum air lemon secara teratur, maka dapat menghilangkan kotoran di dalam perut secara lebih efisien.

Manfaat air lemon lainnya adalah bertindak sebagai pemurni darah dan membantu mencerna makanan dengan membantu hati memproduksi empedu lebih banyak.

2. Dapat mengatasi dehidrasi

Saat bangun tidur di pagi hari, biasanya kita akan merasa sangat haus seperti dehidrasi dan butuh minum. Biasanya, banyak orang yang enggan minum air putih dan malah mengonsumsi minuman manis di pagi hari.

Nah, solusi dari masalah ini yaitu, kita bisa menambahkan potongan atau sedikit perasan lemon ke dalam air putih. Hal ini akan membuat air putih kita terasa lebih segar dibanding mengonsumsi minuman manis lainnya.

Selain lebih segar, minum air lemon juga bermanfaat untuk membantu kita minum lebih banyak air dan mengurangi dehidrasi.

3. Dapat membantu merawat gigi

Minum air lemon juga bermanfaat untuk membantu merawat gigi, lho. Berkumur dengan air lemon ternyata bisa membantu dalam menyingkirkan rasa sakit gigi. Selain itu, manfaat lemon juga dapat menghentikan pendarahan pada gusi. Dengan begitu, maka dapat mencegah bau busuk dan masalah lain yang berkaitan dengan gusi.

4. Dapat merawat kesehatan mulut

Selain merawat gigi dan gusi, minum air lemon juga bermanfaat untuk merawat kesehatan mulut. Lemon bermanfaat untuk kesehatan area mulut serta membuat nafas segar.

Saat bangun tidur di pagi hari, terkadang tercium bau tidak sedap dari mulut yang disebabkan karena mulut kering. Karena mulut kering tersebut, maka bakteri akan muncul dan dapat menyebabkan bau mulut. Dengan ‘membasahi’ mulut dengan meminum air lemon, maka bau mulut pun akan menghilang.

Salah satu manfaat minum air lemon adalah merangsang air liur, sehingga bau tidak sedap dari mulut bisa tertutupi dengan air lemon ini.

5. Dapat menyembuhkan infeksi tenggorokan

Minum air lemon juga sangat baik dalam membantu menyembuhkan infeksi tenggorokan. Masalah yang berkaitan dengan infeksi tenggorokan, seperti sakit tenggorokan dan tonsilitis akibat bakteri. Untuk mengatasi infeksi atau sakit tenggorokan, kamu bisa berkumur dengan menggunakan setengah gelas air lemon.

6. Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sudah menjadi rahasia umum kalau vitamin C bisa memberikan antibodi tambahan. Maka, tidak heran jika manfaat minum air lemon untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C bahkan dapat membantu kita dalam mencegah infeksi penyakit ke dalam tubuh.

7. Dapat menurunkan berat badan

Tahukah kamu jika rutin meminum air lemon juga dapat menurunkan berat badan dengan lebih cepat? Caranya yaitu, dengan membuat air lemon dan dicampur dengan air hangat serta madu, maka dipercaya dapat membantu mengurangi berat badan dengan cepat.

8. Untuk detoksifikasi hati

Manfaat minum air lemon untuk kesehatan selanjutnya yaitu, untuk detoksifikasi hati. Zat pektin yang ada di dalam buah lemon dipercaya dapat membantu mengemulsi minyak dan membuang kotoran dari usus.

Sedangkan kandungan kolin di dalam lesitin dan minyak pada lemon dapat mendetoksifikasi hati agar bekerja lebih efektif. Oleh sebab itu, manfaat minum air lemon untuk kesehatan lainnya adalah untuk detoksifikasi hati.

9. Untuk mengontrol tekanan darah yang tinggi

Manfaat air lemon juga bisa dirasakan oleh kamu yang memiliki masalah dengan jantung. Buah lemon memiliki kandungan kalium tinggi yang dipercaya dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi, pusing, mual, serta mengurangi stres dan depresi.

10. Dapat mengatasi sakit tenggorokan

Buah lemon juga kaya akan vitamin dan mineral yang penting untuk meningkatkan energi. Kandungan vitamin C pada buah lemon merupakan antioksidan alami yang berguna untuk menambah sistem kekebalan tubuh serta bersifat antibakteri.

Vitamin C dapat membuat tubuh menjadi kebal dari virus penyebab batuk dan pilek, serta mengembalikan kebugaran tubuh.

Manfaat minum air lemon untuk kesehatan lainnya adalah untuk mengatasi sakit tenggorokan. Caranya, campurkan lemon dengan air hangat dan madu. Minuman tersebut pun akan membantu mengurangi pembengkakan di dalam tenggorokan.

Nah, itulah sepuluh manfaat minum air lemon untuk kesehatan. Minumlah air lemon di waktu yang tepat dan dengan cara yang tepat agar manfaatnya lebih terasa, misalnya di pagi hari karena dapat membantu mengatasi dehidrasi setelah bangun tidur.

Cara yang Tepat Minum Air Lemon

Air Lemon untuk Kesehatan

Agar manfaat untuk kesehatannya lebih terasa, inilah cara tepat yang bisa kamu lakukan saat ingin minum air lemon.

1. Gunakan perasan lemon segar

Meminum air lemon dapat membantu kita mengatasi dehidrasi dan mengurangi bau mulut karena perasan lemon dipercaya dapat menstimulasi air liur, sehingga dapat menghindarkan kita dari bau mulut di pagi hari.

Untuk merasakan manfaat dari minum air lemon, gunakan perasan lemon asli, bukan ekstrak atau perasa lemon. Pasalnya, ekstrak lemon mungkin dicampur dengan bahan-bahan lain yang belum tentu bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

2. Minum air lemon segera setelah dibuat

Kalau kamu memiliki buah lemon dalam jumlah yang cukup banyak, mungkin kamu ingin memeras semuanya meski tidak dikonsumsi saat itu juga. Padahal, air perasan lemon yang masih mengandung ampasnya, akan lebih baik untuk kesehatan usus karena dapat memperlambat penyerapan gula sehingga dapat membantu mengurangi kadar gula darah.

Untuk itu, peraslah lemon ketika hanya akan diminum, dan segera minum air lemon setelah dibuat. Jika ingin menyimpannya untuk jangka waktu yang lama, sebaiknya simpan dan bekukan air perasan lemon di dalam freezer.

3. Minum air lemon dengan takaran yang pas

Terakhir, kalau kamu ingin mendapatkan semua khasiat dan manfaat minum air lemon yang telah disebutkan sebelumnya, kamu harus minum sesuai dengan takaran yang pas.

Takaran air lemon yang pas adalah dengan memeras setengah buah lemon ke dalam 250 ml air. Jangan terlalu banyak menggunakan perasan air lemon jika kamu memiliki gangguan pencernaan.

Ketika minum air lemon, kamu juga bisa menambahkan beberapa bahan lainnya yang juga baik untuk kesehatan, seperti madu asli, jahe, kayu manis, atau bahan sehat lainnya sesuai dengan kamu. Semoga bermanfaat.

Related posts
GigiKesehatan

Obat Sakit Gigi Berlubang di Apotek untuk Pereda Nyeri Sementara

Kesehatan

Kontroversi Obat Asam Lambung Ranitidin yang Harus Kamu Tahu

KesehatanWanita

Kenali Penyebab Payudara Nyeri dan Cara Mengatasinya

Diet & NutrisiKesehatan

9 Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan dan Kecantikan