KesehatanWanita

10 Cara Mengatasi Haid Terlambat dengan Mudah

mengatasi haid terlambat

Darah kotor, haid, atau menstruasi merupakan siklus bulanan yang akan dihadapi setiap wanita yang belum memasuki usia menopuse di setiap bulannya. 

Ada perhitungan tertentu yang menyebutkan siklus haid itu normal. Tapi tidak sedikit pula orang-orang yang kerap mengalami keterlambatan menstruasi.

Baca Juga:

Banyak yang kemudian berpikir telat haid berarti hamil. Hal ini tidak 100 persen benar, apalagi bagi kamu yang masih single. Selain itu wanita yang sudah menikah dan telat menstruasi juga belum tentu hamil. Diperlukan pemeriksaan leih lanjut untuk mengetahui hal tersebut.

Nah, bagi kamu yang merasa khawatir mengapa menstruasi bulan ini telat, berikut Okadoc memiliki 10 cara mengatasi haid terlambat yang bisa kamu coba untuk kembali melancarkan siklus haid kamu.

1. Minum Jus Wortel

mengatasi haid terlambat

Wortel dikenal sebagai sayuran yang mengandung vitamin A tinggi. Banyak orang mengkonsumsinya untuk kesehatan mata. Tapi sebenarnya masih ada manfaat baik lainnya dari sayuran ini. Salah satunya untuk mengatasi permasalahan haid terlambat.

Selain vitamin A, wortel mengandung vitamin C, kalsium, dan zat besi yang dapat membantu tubuh memproduksi berbagai hormon dengan baik.

Jika kamu mengkonsumsi jus wortel secara rutin, haid akan berangsur lancar dan normal kembali. Usahakan tidak menggunakan tambahan gula untuk mendapatkan manfaat maksimal dari minuman ini.

2. Konsumsi Air Kelapa Hijau

mengatasi haid terlambat-1

Air kelapa hijau dikenal sebagai minuman yang dapat membersihkan racun dari dalam tubuh.

Kandungan yang terdapat dapat air kelapa hijau di antaranya mampu berfungsi sebagai anti-bakteri, anti-virus, dan anti-jamur.

Penyakit atau kondisi haid terlambat dapat diatasi dengan mengonsumsi minuman ini. Untuk membuatnya terasa lebih segar, kamu bisa meminum air kelapa hijau saat dingin atau menambahkan es batu ke dalamnya.

3. Konsumsi Olahan Kunyit

mengatasi haid terlambat-1

Kunyit bukan hal baru di kalangan wanita. Apalagi jika kamu sedang mengalami haid terlambat. Sejak dahulu, orang tua mengenalkan manfaat kunyit dari generasi ke generasi. Selain berfungsi sebagai bumbu dapur, kunyit kerap kali dijadikan sebagai minuman jamu tradisional.

Saat haid terlambat 1 minggu atau beberapa hari, cobalah mengkomsumsi jamu kunyit tradisional maupun modern yang mudah ditemukan di mini market terdekat.

Kandungan kurkumin dalam kunyit dapat menjadi zat anti-oksidan dan anti-inflamasi. Siklus haidmu akan berangsur-angsur lancar kembali.

4. Minum Sari Daun Pepaya

mengatasi haid terlambat

Daun pepaya memiliki kandungan vitamin A sampai E serta kalsium. Rasanya memang agak pahit, tapi bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Mengkonsumsi sari daun pepaya dapat mengatasi haid terlambat dan rasa nyeri selama haid berlangsung.

Untuk kasus melancarkan menstruasi terlambat, kamu perlu membuat minuman dari daun pepaya. Caranya mudah, pertama kamu perlu merebus daun pepaya yang dicampurkan dengan sedikit garam dan asam jawa.

Rebus dengan 2 gelas air mineral dan biarkan hingga jumlahnya berubah menjadi satu gelas selama perebusan. Sari daun pepaya siap untuk diminum.

5. Minum Air Seduhan Jahe

mengatasi haid terlambat

Masalah haid terlambat dapat diatasi dengan mengkonsumsi beberapa jenis bumbu dapur. Selain kunyit, jahe juga memiliki manfaat yang serupa. Jahe mudah diolah menjadi minuman yang menghangatkan tubuh.

Caranya dengan merebus jahe untuk dijadikan air seduhan yang dicampur dengan madu. Jahe kaya akan kandungan minyak atsiri, serat, lemak, zat besi, kalsium, fosfor, sodium, niasin, karbohidrat, serta vitamin A, B2, dan C.

6. Sering Minum Air

mengatasi haid terlambat

Cara paling mudah agar terhindar dari masalah haid terlambat adalah dengan rajin meminum air mineral. Air mineral atau air putih ini mampu menyeimbangkan berbagai proses metabolisme dalam tubuh.

Karena itu, sering mengkonsumsi air mineral hingga mencukupi kebutuhan dapat membantu melancarkan siklus menstruasi.

7. Menjaga Asupan Makanan Sehat dan Bergizi

mengatasi haid terlambat

Selain mengkonsumsi berbagai makanan dan minuman yang sudah disebutkan di atas, penting untuk kamu menjaga asupan makanan yang sehat dan bergizi.

Bijaklah dalam memilih makanan yang akan masuk ke dalam tubuhmu. Makanan yang sehat dan bergizi akan mempengaruhi proses kerja metabolisme dalam tubuh.

Keseimbangan hormon dalam tubuh sering terganggu karena penyerapan makanan kurang sehat. Padahal tubuh membutuhkan makanan untuk menghasilkan energi yang baik.

Misalnya ketika kamu terlalu sering mengkonsumsi mie instan tanpa mengimbangi dengan makanan sehat, dampaknya dapat terjadi pada menstruasi yang datang terlambat.

8. Menerapkan Gaya Hidup Sehat

mengatasi haid terlambat

Metabolisme berpengaruh pada siklus haid. Untuk mendukung metabolisme yang baik, kamu perlu menerapkan gaya hidup sehat.

Kurangi konsumsi kafein dari rokok atau cokelat, minuman beralkohol, hindari atau kurangi merokok, serta kebiasaan begadang.

Hal ini akan membuat organ cepat merasa kelelahan dan fungsinya menurun. Kemudian haid pun datang terlambat.

9. Olahraga Teratur

mengatasi haid terlambat

Masih terkait dengan gaya hidup sehat, kesehatan juga dapat diimbangi dengan rajin berolahraga.

Misalnya rutin melakukan jogging, berjalan kaki, atau bersepeda. Pergerakan ini mendorong siklus haid untuk hadir setiap bulan secara normal.

10. Istirahat yang Cukup

mengatasi haid terlambat

Satu lagi, jangan biarkan tubuh bekerja terus-menerus. Sama seperti mesin, tubuh juga perlu istirahat. Istirahat yang cukup mendorong produksi hormon kortisol. Terlambat haid akibat kelelahan secara fisik maupun pikiran, dapat teratasi dengan cara ini.

Jadi jika menstruasi kamu terlambat di bulan ini, jangan panik dulu. Silakan coba melakukan cara-cara di atas untuk melancarkan kembali haid kamu.

Selain itu juga penting diingat untuk selalu menjaga kesehatan dan menghindari stress berlebihan ya. Semoga bermanfaat! Cari tahu juga info kesehatan lain hanya di Okadoc.

Related posts
GigiKesehatan

Obat Sakit Gigi Berlubang di Apotek untuk Pereda Nyeri Sementara

Kesehatan

Kontroversi Obat Asam Lambung Ranitidin yang Harus Kamu Tahu

KesehatanWanita

Kenali Penyebab Payudara Nyeri dan Cara Mengatasinya

Diet & NutrisiKesehatan

9 Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan dan Kecantikan