GigiKecantikanKesehatan

9 Obat Sakit Gigi Alami yang Ampuh Atasi Nyeri Gigi

obat sakit gigi

Nyeri gigi bisa disebabkan banyak faktor. Salah satunya adalah beratnya tugas gigi dalam menghaluskan makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Belum lagi faktor internal yang bisa membuat gigi sakit, seperti sinusitis hingga penyakit jantung yang bisa menimbulkan nyeri pada gigi.

Baca Juga:

Sakit gigi memang sangat tidak menyenangkan dan mengganggu aktifitas sehari-hari. Namun tenang, Okadoc Indonesia punya info seputar obat sakit gigi dari bahan alami yang bisa kamu coba gunakan untuk meredakan nyeri gigi.

1. Es Batu

obat sakit gigi

Cara paling sederhana untuk mengobati sakit gigi adalah dengan es batu. Bukan untuk dikonsumsi ya, karena itu justru dapat membuat gigimu semakin sakit. Es batu ini digunakan untuk mengompres gigi dari luar.

Suhu dingin dari es batu akan membantu merelaksasi saraf gigi. Tanpa disadari, rasa nyeri di gigi akan berangsur-angsur hilang. Es batu yang digunakan untuk mengompres gigi selama 15 menit, akan mengurangi sakit gigi secara perlahan.

2. Garam

obat sakit gigi

Cara meringankan sakit gigi dapat menggunakan garam dapur. Bumbu dapur ini hampir selalu ada di rumahmu. Sekalipun sedang tidak ada, kamu dapat menemukannya dengan mudah di warung atau minimarket terdekat.

Pertama-tama, kamu perlu melarutkan satu sendok garam dalam satu gelas air untuk mengurangi sakit gigi. Larutan garam tersebut selanjutnya digunakan untuk berkumur sampai rasa sakit berangsur reda. Kandungan anti-bakteri dan anti-inflamasi dalam garam lah yang bekerja untuk itu..

3. Jahe

obat sakit gigi

Jahe juga salah satu pilihan untuk kamu yang lebih menyukai cara alami hilangkan sakit gigi. Sebenarnya khasiat dari jahe itu banyak. Salah satu yang paling dikenal adalah manfaatnya untuk meredakan flu. Mengurangi sakit gigi dengan jahe mungkin merupakan hal yang baru untuk kamu.

Jahe mengandung antibiotik yang mampu membunuh kuman, termasuk yang ada di dalam mulut. Kuman ini lah yang biasanya merusak gigimu. Untuk menggunakan jahe sebagai obat sakit gigi, kamu perlu menumbuk 1 siung jahe. Tumbukan ini selanjutnya dioleskan ke gigi yang sakit dan diamkan selama  beberapa menit.

4. Minyak Cengkeh

obat sakit gigi

Untuk mengurangi sakit gigi, kamu juga dapat menggunakan minyak cengkeh. Minyak cengkeh merupakan bahan alami yang yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Begitu juga untuk meningkatkan kesehatan gigi.

Minyak cengkeh mengandung bahan eugenol yang berfungsi menjadi anestesi alami. Bahan ini lah yang dapat mengatasi sakit gigi agar tidak berkembang semakin parah. Minyak cengkeh tersebut ditetesi ke kapas yang kecil. Selanjutnya tempel-tempelkan ke gigi yang sakit.

5. Bawang Merah

obat sakit gigi

Pilihan lainnya adalah bawang merah. Memang bawang itu mengeluarkan aroma yang menyengat. Beberapa orang tidak menyukainya. Walaupun begitu, bahan alami ini dapat mengurangi sakit gigi.

Bawang merah mengandung zat antiseptik serta antimikroba. Kedua bahan ini dapat mengendalikan rasa sakit di gigi karena berlubang. Untuk menggunakannya, kamu perlu menghaluskan bawang merah dengan menumbuk atau mengunyahnya langsung. Seperti bahan alami lain, selanjutnya bahan yang sudah dihaluskan tersebut, ditempelkan ke area gigi yang terasa sakit.

6. Bawang Putih

obat sakit gigi

Jika bawang merah terlalu menyengat aromanya untukmu, kamu juga bisa menggunakan bawang putih untuk mengurangi sakit gigi. Bawang putih juga mengandung antiseptik seperti bawang merah, sehingga khasiatnya sama.

Cara penggunaan bawang putih juga sama dengan bawang merah. Yang membedakan keduanya yaitu, bawang putih juga menghasilkan allicin dan minyak alami. Sehingga semakin dapat menyehatkan gigi lewat usahanya melawan bakteri.

7. Asafetida

obat sakit gigi

Obat sakit gigi alami selanjutnya mungkin terasa asing di telingamu. Apa kamu pernah mendengar tanaman asafetida? Asafetida merupakan tanaman yang biasanya digunakan dalam masakan India. Ternyata tanaman ini juga dapat mengurangi sakit gigi dan gusi berdarah.

Jika kamu menemukan asafetida, coba buat ramuan seperti ini. Satu setengah sendok teh bubuk asafetida, ditaruh dalam piring kecil dan dicampurkan dengan dua sendok teh jus lemon hangat. Pengaplikasian ramuan ini menggunakan bantuan kapas kecil. Tempel-tempelkan saja ke gigi sampai rasa sakitnya mereda.

8. Daun Jambu Biji

obat sakit gigi

Selanjutnya, daun jambu biji juga bisa digunakan sebagai obat sakit gigi. Ada beberapa kandungan zat yang menyehatkan di dalam daun jambu biji, termasuk untuk gigimu yang sakit. Di antaranya zat yang bersifat analgesik, anti-inflamasi, dan anti-mikroba yang akan bekerja keras untuk mengurangi sakit gigi.

Kamu bisa menggunakannya sebagai obat sakit gigi dengan hanya mengunyahnya saja selama beberapa waktu. Atau merebus empat sampai lima lembar daun jambu biji dalam air yang mendidih. Tambahkan sedikit garam setelah dituangkan ke dalam gelas. Lalu rebusan daun jambu biji untuk berkumur sambil membersihkan gigi.

9. Jus Rumput Gandum

obat sakit gigi

Cara alami hilangkan sakit gigi yang satu ini mungkin hanya dapat dilakukan oleh beberapa orang. Yaitu kamu yang cukup mudah memperoleh rumput gandum. Rumput gandum ini memiliki sifat anti-bakteri sehingga dapat melawan kerusakan gigi, meredakan sakitnya, menyerap racun dari gusi, serta mencegah infeksi.

Rumput gandum digunakan dengan menghaluskannya terlebih dulu dalam blender hingga teksturnya menyerupai jus. Jus rumput gandum ini selanjutnya digunakan sebagai bahan berkumur di saat gigi terasa sakit. Atau bisa juga kamu mengunyahnya dalam beberapa waktu.

Kamu dapat memilih salah satu dari sembilan obat sakit gigi alami di atas. Atau kamu juga bisa mengkombinasikan beberapa cara alami hilangkan sakit gigi agar semakin cepat mereda. Jika dianggap sudah sangat mengganggu, konsultasi dengan dokter gigi pun akan membantumu.

Related posts
KecantikanKulit

13 Langkah Perawatan Kecantikan ala Korea

Diet & NutrisiKecantikanRambut

12 Makanan untuk Rambut Sehat

GigiKecantikan

10 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Scaling Gigi

KehamilanKesehatanPrakonsepsi

5 Jenis Vaksin Sebelum Menikah yang Disarankan