GigiKecantikanKesehatan

10 Obat Sakit Gigi yang Ampuh (Alami & Medis)

obat sakit gigi

Punya gigi yang sensitif atau berlubang memang bisa membuat gigi menjadi sakit jika mengonsumsi makanan atau minuman yang tidak tepat. Siapapun pasti pernah mengalami sakit gigi, meskipun sekali dalam seumur hidupnya.

Baca Juga:

Tidak hanya terasa ngilu dan sakit, sakit gigi juga bisa menyebabkan badan meriang dan sakit kepala karena demam. Akibatnya aktivitas pun terganggu karena nyeri yang buat kamu tak enak mau melakukan apa pun.

Nah, bagi kamu yang sedang sakit gigi, ada lho obat sakit gigi alami maupun medis yang bisa kamu konsumsi untuk menghilangkan nyeri! Jika sakit gigi terasa sudah sangat parah, periksa ke dokter tentu jalan terakhir karena bisa jadi ada komplikasi pada gigi kamu.

Obat Sakit Gigi Alami di Rumah

obat sakit gigi

Obat sakit gigi alami yang dilakukan sendiri di rumah biasanya merupakan penanganan pertama yang bisa dilakukan di rumah. Sebab, jika kamu menguunjungi dokter dalam kondisi gigi yang masih sakit, kamu akan disarankan untuk berobat saat nyerinya sudah berkurang. Berikut cara mengobati nyeri gigi yang bisa dilakukan.

1. Air garam

Berkumur dengan air garam ini merupakan cara untuk mengobati sakit gigi yang paling ampuh apapun penyebab sakitnya. Membuat larutan garamnya mudah, cukup dengan melaurtkan ½ sendok teh garam dalam 240 ml air hangat. Lalu berkumur-kumurlah selama beberapa saat dengan mengonsentrasikan di area gigi yang sakit lalu buang bekas kumuran.

Larutan air garam ini bisa membunuh bakteri penyebab sakit gigi karena menyerap kelembapan dalam mulut kamu. Peradanngan akibat dari infeksi juga bisa dikurangi dengan air garam ini.

2. Kompres es

Saat sakit gigi, kamu juga bisa mengobatinya dengan kompres es. Masukkan es dalam plastik dan dilapisi waslap tipis. Tempelkan pada pipi di daerah yang terasa nyeri selama lebih kurang 15 menit. Selain itu, mengobati sakit gigi juga bisa dengen menempelkan kompres es pada gigi yang ngilu. Es bisa membuat saraf kebas dan sakitnya tak terasa.

3. Bawang mentah

Obat nyeri gigi selanjutnya adalah dengan mengunyah bawang merah dan bawang putih mentah. Ini merupakan obat sakit gigi alami yang belum diketahui oleh banyak orang. Bawang ini punya sifat antiseptik dan antimikroba yang bisa membunuh kuman penyebab nyeri gigi dan rasa nyeri bisa terkendali.

Kamu cukup mengunyah bawang mentah beberapa menit di bagian mulut yang terasa sakit. Saat dikunyah, kandungan allicin yang berminyak akan keluar dari bawang yang berfungsi membunuh bakteri penyebab penyakit. Bisa juga diakali dengan memotong bawang tipis-tipis, lalu letakkan di gigi yang terasa sakit.

4. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh merupaka obat sakit gigi alami yang sudah sejak lama digunakan untuk mengobati sakit gigi. Senyawa eugenol sebagai zat anestesi yang terkandung dalam minyak cengkeh ini bisa mematikan saraf sementara sehingga gigi tidak terasa sakit. Tetapi perlu berhati-hati menggunakan minyak cengkeh karena jika minyak menetes di bagian lidah atau gusi yang sensitif, rasa sakit bisa semakin parah.

Cara terbaik adalah dengan menuangkan minyak cengkeh pada kapas, lalu tempelkan pada gigi yang terasa nyeri. Kompres dengan minyak cengkeh ini bisa dilakukan hingga rasa sakit bekurang. Jika tidak menemukan minyak cengkeh, kamu bisa menggunakan cengkeh bubuk atau yang utuh dengan menahannya di area gigi yang terasa sakit. Obat nyeri gigi ini bisa kamu coba dan terbukti ampuh atasi sakit gigi.

5. Cuka dapur/cuka apel

Obat sakit gigi alami lainnya adalah dengan berkumur menggunakan cuka dapur dan cuka apel. Kedua cairan ini memiliki kandungan yang bersifat antibakteri dan antimikroba yang bisa membunuh kuman yang menyebabkan sakit gigi. Cuka harus dilarutkan terlebih dahulu dengan air.

Sebab, berkumur dengan cuka murni sama saja merusak gigi karena bisa merusak lapisan enamel gigi. Larutkan ½ sendok teh cuka dalam satu gelas air hangat lalu kumur dan tahan di daerah gigi yang terasa nyeri selama 30 detik. Lalu buang air kumuran.

Cara lainnya adalah dengan meneteskan cuka di kapas lalu tempelkan pada gigi yang terasa sakit. Kemudian berkumur dan sikat gigi seperti kondisi normal.

6. Daun jambu

Daun jambu ternyata bisa mengobati sakit gigi, lho. Adanya kandungan sifat antiradang, antimikroba, dan analgesik atau pereda nyeri bisa dijadikan sebagai obat sakit gigi alami yang bisa dilakukan di rumah.

Lipat atau gulung daun jambu, lalu kunyah hingga ekstraknya keluar. Lalu cairan ekstrak itu bisa kamu oleskan di area gigi yang terasa sakit. Cara lainnya juga bisa dengan merebus empat hingga lima lembar daun jambu dan tambahkan sedikit garam lalu dinginkan sebentar. Setelah dingin, gunakan larutan ini untuk berkumur sebagai obat nyeri gigi.

Obat Sakit Gigi Dengan Kandungan Kimia (Medis)

obat sakit gigi

Jika obat sakit gigi alami tidak ampuh meredakan nyeri pada gigi, kammu bisa mencoba obat medis. Obat sakit gigi ini bisa kamu beli di Apotek atau warung terdekat. Berikut beberapa jenis obat sakit gigi yang ampuh meredakan nyeri gigi.

1. Paracetamol

Hampir semua orang punya persediaan paracetamol di rumah sebagai darurat jika mengalami sakit mendadak. Tidak hanya mengobati demam, paracetamol juga bisa mengurangi sakit gigi. Selain meringankan sakit kepala dan demam, golongan NSAID ini juga bekerja meredakan nyeri karena peradangan akibat sakit gigi. Namun, penting untuk membaca label terlebih dahulu karena pada beberapa kondisi, obat sakit gigi ini tidak boleh dikonsumsi oleh ornag yang punya alergi di hati.

2. Ibuprofen

Obat ini juga tergolong NSAID yang bisa mengobati sakit gigi dan masalah lainnya. Jangan konsumsi ibuprofen dengan  dosis sembarangan dengan tujuan agar cepat sembuh karena tidak efektif menghilangkan rasa sakit. Hindari juga mengonsumsi ibuprofen ketika perut kosong karena bisa membuat lambung luka. Hentikan penggunaan obat jika rasa nyeri sudah berkurang. Jangan lupa baca aturan pakai yang tertera pada label kemasan sebelum digunakan.

3. Hidrogen peroksida 3 persen

Antiseptik cair yang dijadikan obat kumur ini bisa membunuh bakteri yang menyebabkan radang gusi. Larutkan hidrogen peroksida dengan air dan berkumurlah hingga 30 detik, lalu buang dan berkumurlah dengan air bersih. Selain mengobati sakit gigi, larutan ini juga bisa mengatasi bau mulut, lho.

4. Naproxen

Obat pereda nyeri yang juga bisa mengobati sakit gigi adalah naproxen.  Obat ini di pasaran tersebar dengan nama Xenifar yang tersedia dalam bentuk tablet dengan dosis 220 mg. Akan tetapi, obat ini punya beberapa efek samping seperti sembelit, sakit kepala, perut kembung, kulit memerah dangatal, diare, mulas ringan, dan penglihatan yang buram.

Related posts
KecantikanKulit

13 Langkah Perawatan Kecantikan ala Korea

Diet & NutrisiKecantikanRambut

12 Makanan untuk Rambut Sehat

GigiKecantikan

10 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Scaling Gigi

KehamilanKesehatanPrakonsepsi

5 Jenis Vaksin Sebelum Menikah yang Disarankan