KesehatanWanita

7 Penyebab Sulit Tidur Saat Haid

Sulit Tidur Saat Haid

Sering mengalami susah tidur saat menstruasi? Kenapa ya?

Tenang, bukan kamu saja yang mengalami insomnia atau sulit tidur saat haid, bahkan hampir semua wanita mengalaminya. Nah, sebenarnya apa sih penyebab sulit tidur saat haid? Simak penjelasan Okadoc Indonesia di bawah ini yuk!

Penyebab Sulit Tidur Saat Menstruasi

Sulit Tidur Saat Haid

Alasan mengapa banyak wanita yang mengalami sulit tidur saat mendekati jadwal menstruasi adalah adanya perubahan hormon reproduksi yang terjadi di dalam tubuh. Sebelum terjadinya haid, sebenarnya tubuh sedang mempersiapkan beberapa hal seperti terjadinya pembuahan, mematangkan telur, mengeluarkan telur hingga penebalan rahim sebagai tempat tumbuh janin.

Baca Juga:

Semua hal tersebut dilakukan oleh hormon reproduksi, termasuk hormon estrogen dan progesteron yang berperan penting dalam pembentukan lapisan rahim sehingga hormon-hormon ini jumlahnya cukup banyak hingga proses peluruhan rahim terjadi.

Sementara kehadiran hormon tersebut bekerja bertolak belakang dengan hormon melatonin atau disebut juga dengan hormon tidur. Saat hormon estrogen dan progesteron tinggi, maka hormon melatonin menjadi rendah dan tidak bisa bekerja dengan baik untuk mengatur waktu tidur yang kemudian merangsang rasa kantuk datang. Jadi itu lah alasan mengapa kamu susah tidur saat haid.

Solusi Sulit Tidur Saat Haid

Sulit Tidur Saat Haid

Siapa yang tidak sebel kalo kamu susah tidur? Apalagi keesokan harinya kamu diharuskan mengerjakan kegiatan lainnya yang membutuhkan performa dan stamina yang kuat. Nah, apa sih yang bisa kamu lakukan sebagai solusi sulit tidur saat haid?

1. Olahraga

Olahraga merupakan kegiatan yang bisa menolong kamu mempercepat tidur saat sedang haid. Mengapa? Tidak hanya baik untuk kesehatan, olahraga juga bisa merangsang hormon tidur sehingga membuat kamu lebih nyenyak tidur.

2. Hindari Minum Alkohol dan Kafein

Jika banyak orang yang beranggapan minum alkohol bisa mempercepat tidur, kamu salah. Alkohol justru bisa meningkatkan hormon progesteron yang bisa menghambat hormon tidur. Selain itu hindari juga minuman berkafein karena selain bisa membuat kamu terjaga sepanjang malam, kandungan kafein juga bisa meningkatkan asam lambung yang akan membuat kram perut kamu semakin menjadi-jadi.

3. Mencatat Waktu Tidur Setiap Hari

Bagi kamu yang sering mengalami susah tidur, tidak ada salahnya memiliki buku harian khusus tidur yang berfungsi mencatat waktu dan hari apa saja kamu mengalami susah tidur. Dengan begini, kamu bisa mengetahui pola dari gangguan tidur yang kamu alami.

4. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Saat menstruasi, kamu juga dianjurkan memperhatikan berbagai makanan yang kamu konsumsi, misalnya kamu disarankan makan dahing, telur, sayuran, yoghurt, dan lainnya. 

5. Lakukan Teknik Relaksasi

Siapa yang suka badmood saat menstruasi? Itu hal yang wajar kok. Nah, bagi kamu yang sering badmood dan suasana hati kamu berubah saat menstruasi, tentunya akan membuat kamu semakin sulit tidur. Oleh karena itu, kamu bisa mengatasinya dengan melakukan teknik relaksasi sebelum tidur. 

Teknik relaksasi yang bisa kamu lakukan dengan cara menarik napas panjang melalui hidung, kemudian lepaskan melalui mulut, dan ulangi beberapa kali sebelum tidur. Saat melakukannya, coba kamu melepaskan semua beban pikiran seiring membuang napas.

6. Atur Suhu Ruangan

Hal lain yang bisa memengaruhi kualitas tidur adalah suhu ruangan yang terlalu panas sehingga kamu merasa gerah dan tidak bisa tidur. Nah, sebaiknya kamu bisa mengatur suhu ruangan terlebih dahulu dengan senyaman mungkin, tidak panas dan tidak terlalu dingin. Sebelum tidur, kamu bisa mandi air hangat sehingga tubuh lebih rileks dan tidur semakin lelap.

7. Pilih Posisi Tidur yang Nyaman

Sakit otot atau kram perut saat menstruasi tentunya akan menganggu tidurmu. Jika sudah mulai sakit tidak tertahankan dan kamu ingin tidur, kamu bisa mencoba posisi tidur yang nyaman, yakni posisi menyamping atau terlentang. Kamu juga bisa tambahkan bantal atau meletakkan air hangat di perut.

Nah, itu dia beberapa penyebab sulit tidur saat haid dan juga cara mengatasinya agar kamu tetap bisa beraktivitas dengan lancar setiap harinya. Semoga bermanfaat!

Related posts
Gaya HidupKebugaranWanita

8 Olahraga untuk Payudara Kencang Alami

KehamilanKesehatanPrakonsepsi

5 Jenis Vaksin Sebelum Menikah yang Disarankan

Kesehatan

10 Manfaat Mandi Pagi untuk Kesehatan Tubuh

KesehatanWanita

Memahami Fase Siklus Menstruasi