Kesehatan

Sempat Dilarang, Kini Obat Ranitidin Boleh Dijual Kembali

obat ranitidin

Badan Pengawas Obat dan Makanan RI (BPOM RI) telah mengeluarkan pernyataan terbaru mengenai “Informasi Produk Ranitidin yang Dapat Diedarkan Kembali”. Mulai 20 November 2019, BPOM RI mengumumkan bahwa obat ranitidin bisa kembali diedarkan ke masyarakat. Berita ini menyebutkan bahwa dari 61 perusahaan yang memproduksi obat-obatan farmasi, ada 37 perusahaan farmasi yang memperoleh izin edar untuk produk obat ranitidin yang diproduksinya 

Berita ini merupakan lanjutan dari rilisan BPOM sebelumnya. Pada awal bulan Oktober 2019, terjadi polemik tentang obat ranitidin yang mengandung zat pemicu kanker. BPOM RI pun menindaklanjuti studi yang dilakukan secara internasional tersebut dengan menarik bets produk ranitidin yang ada di pasaran untuk diuji dan dilarang beredar.

Baca Juga:

Hasil uji menunjukkan beberapa merek lolos uji dan masih mendapat izin edar, sementara yang terdapat zat cemaran N-Nitrosodimethylamine (NDMA) karsinogenik melebihi ambang batas yang bisa menyebabkan kanker, harus ditarik dari peredaran. 

Berbagai merek obat ranitidin dari 37 produsen farmasi tercantum lengkap dalam rilisan berita BPOM RI berikut ini. Kamu bisa mengeceknya langsung di website BPOM RI untuk mengecek merek mana yang boleh dikonsumsi, mana yang tidak. Penderita asam lambung yang membutuhkan obat ini kini pun bisa bernafas lega, karena ranitidin kembali boleh diedarkan dan dijual kepada konsumen di toko-toko obat maupun apotek.

Sementara itu obat-obatan ranitidin yang tidak tercantum dalam daftar yang dirilis BPOM RI akan tetap ditarik dan tidak boleh dijual bebas. Selanjutnya obat-obatan tersebut akan dimusnahkan berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Obat ranitidin sendiri biasa digunakan sebagai obat asam lambung dan sejak penarikannya sebulan lalu, banyak konsumen yang direkomendasikan untuk beralih memakai obat lain. Namun dengan pernyataan terbaru BPOM RI terbaru ini, tentu kamu tak perlu khawatir mengonsumsi obat ini jika memerlukannya.

Related posts
Kesehatan

Waspadai 5 Komplikasi Hipertensi Ini!

Kesehatan

Ini Dia Ciri – Ciri Kolesterol Naik yang Harus Diwaspadai

Bayi & Anak-AnakKesehatan

8 Manfaat Alpukat Sebagai MPASI untuk Si Kecil

Kesehatan

Ini 5 Perbedaan Darah Rendah dan Kurang Darah