Bayi & Anak-AnakKesehatan

8 Tips Beli Stroller Bayi yang Aman

Beli Stroller Bayi

Menggendong bayi kemana pun biasa dilakukan para orang tua, baik di dalam rumah atau saat beraktifitas di luar rumah. Namun jika dilakukan dalam waktu lama, kamu pun akan merasa lelah dan pegal bukan?

Baca Juga:

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan stroller bayi yang akan meringankan beban saat membawa bayi ke mana pun. Jika tubuhmu sedang lelah, kamu bisa menaruh bayi di strollernya atau saat ingin keluar rumah, kamu bisa meletakkan si kecil di strollernya dengan nyaman. Kali ini Okadoc Indonesia akan membahas tips beli stroller bayi yang aman dan beberapa jenis stroller bayi yang bisa kamu pertimbangkan.

Tips Beli Stroller Bayi

Beli Stroller Bayi

1. Periksa rem

Karena stroller bayi itu menggunakan roda untuk berjalan, keberadaan rem akan sangat penting. Bayangkan saja sepeda tanpa remnya, tentu akan sulit untuk berhenti bukan? Jadi, periksa apakah rem stroller bayi berfungsi dengan baik.

Memang stroller bayi itu bergerak dengan dorongan dari orang dewasa. Tapi tidak menutup kemungkinan stroller bayi bergerak dengan sendirinya karena jalannya menurun. Disitulah rem diperlukan. Begitu juga ketika kamu ingin stroller bayi tetap berada di sampingmu.

2. Periksa sabuk pengaman

Selain rem, sabuk pengaman pada stroller bayi juga sangat penting. Bayi itu berada di depan kita. Bisa saja sesekali kita tidak memperhatikan posisinya apakah tetap nyaman untuk bayi atau tidak.

Fungsi dari sabuk pengaman stroller bayi menjaga posisi bayi tetap seperti pertama kita menaruhnya. Stroller yang baik memiliki 3 atau 5 kunci yang akan mengikat bahu, pinggang, dan kaki bayi. Tidak hanya jumlah, kamu juga perlu memperhatikan apakah pemasangannya mudah dan akan membuat bayi nyaman.

3. Sesuaikan dengan berat badan bayi

Kamu juga perlu menyesuaikan berat badan bayimu dengan stroller yang akan kamu beli. Pertama-tama hitung berat badan bayimu saat ini. Kemudian buatlah prediksi pertumbuhan berat badan bayimu untuk beberapa waktu kedepan.

Pilih stroller bayi yang cocok untuk berat badan bayimu sekarang dan beberapa waktu kedepan. Kamu perlu tahu, stroller bayi itu memiliki batas berat badan tersendiri. Jangan sampai stroller yang tidak sanggup mengangkut bayimu. Atau hanya dapat digunakan sebentar saja.

4. Perhatikan tinggi rendahnya pegangan stroller

Selain kenyamanan bayi, kamu juga harus memperhatikan kenyamananmu sendiri. Bukan maksudnya kamu juga akan merasakan duduk di stroller bayi ya. Orang dewasa akan merasa nyaman, jika pegangan pada stroller bayi sesuai dengan kenyamanannya.

Untuk menilai ini, kamu harus mencobanya secara langsung. Apakah stroller itu cukup tinggi atau cukup rendah untuk kamu. Yang paling aman adalah jika pegangan stroller ada disekitar pinggangmu.

5. Cari kursi yang cocok

Tips memilih stroller bayi selanjutnya adalah dengan mencari kursi yang cocok untuk bayi mu. Cocok atau tidaknya bukan berarti hanya untuk penggunaan saat ini saja ya. Coba bayangkan bayimu berkembang dalam beberapa waktu dengan cepat.

Karena itu, cari stroller bayi yang kursinya mudah untuk disesuaikan. Terutama saat ingin memposisikan bayi berbaring untuk tidur, atau ingin bayi nyaman saat duduk sempurna. Jika kursinya dapat disesuaikan dengan mudah, stroller bayi akan dapat digunakan dalam waktu yang panjang.

6. Periksa tempat menaruh kaki bayi

Tidak hanya posisi badan, kamu juga perlu memperhatikan posisi kaki bayi. Agar membuat bayi duduk dengan nyaman di strollernya, carilah stroller bayi yang memiliki tempat menaruh kaki. Namun tidak terpisah antara kaki kanan dan kaki kiri. Tujuannya agar menghindari kaki bayi terperangkap di stroller.

7. Perhatikan kebutuhan kanopi

Selanjutnya perhatikan kanopi atau tudung stroller bayi. Coba pikirkan baik-baik, apakah kanopi ini diperlukan. Pertimbangkan berbagai hal, misalnya sinar matahari, angin, ataupun hujan yang dapat terjadi kapanpun.

Untuk kebutuhan ini, sebaiknya kamu memilih stroller bayi yang kanopinya mudah dipasang dan dilepas. Stroller bayi dengan fasilitas seperti ini akan memudahkan kamu menyesuaikan keinginanmu nantinya. Seperti melindungi bayi dari hujan, atau menyinari kulit bayi dengan sinar matahari di pagi hari. Kanopi yang mudah dipasang dan dilepas ini juga akan membantumu saat membersihkan stroller bayi.

8. Perhatikan keseimbangan stroller bayi

Terakhir perhatikan keseimbangan stroller bayi. Coba praktekkan sendiri, apakah stroller bayi ini mudah terguling ketika kamu menambahkan barang bawaan. Pastikan juga rodanya berfungsi dengan baik. Keseimbangan dari stroller ini juga penting untuk menjaga keselamatan bayi.

Jenis Stroller Bayi

Beli Stroller Bayi

1. Stroller bayi standar

Stroller bayi standar adalah stroller yang paling mudah ditemukan di mana pun. Stroller ini mampu mengangkut 1 bayi dengan dudukan yang empuk dan nyaman. Biasanya stroller bayi standar memiliki tempat penyimpanan tambahan di bagian bawah dudukan.

2. Umbrella stroller

Yang membedakan umbrella stroller dengan stroller lainnya adalah keringanannya. Stroller ini ukurannya mungil dan mudah untuk dipasang ataupun dilepas. Selain itu harganya juga lebih murah dibanding yang lain. Tetapi pesawat ini tidak memiliki tempat penyimpanan tambahan.

3. Travel stroller

Travel stroller adalah stroller bayi yang praktis dan multifungsi. Stroller ini dapat digunakan untuk berjalan seperti biasa. Tetapi juga dudukannya dapat dilepas untuk dipasangkan di dalam mobil. Stroller bayi ini memang cocok untuk kamu yang sering berpergian dengan mobil.

4. Jogging stroller

Kalau jogging stroller, itu cocok untuk kamu yang sering berolahraga. Jika kamu senang berpergian keluar dengan berjalan kaki, stroller ini cocok untuk kamu gunakan. Karena jogging stroller memiliki tiga roda yang membuatnya mudah digerakkan, sekalipun dengan kecepatan yang tinggi.

5. Double stroller

Sesuai namanya, double stroller digunakan untuk mengangkut lebih dari satu bayi. Kalau kamu punya dua anak kembar, atau 2 bayi dengan usia yang berdekatan, double stroller adalah pilihan yang tepat untukmu. Jadi kamu tidak perlu membeli dua stroller untuk mengangkut kedua bayimu.

Itulah beberapa tips membeli stroller bayi yang aman berapa jenisnya. Pertimbangkan baik-baik sesuai dengan kebutuhanmu ya. Semoga bermanfaat!

Related posts
GigiKesehatan

Obat Sakit Gigi Berlubang di Apotek untuk Pereda Nyeri Sementara

Kesehatan

Kontroversi Obat Asam Lambung Ranitidin yang Harus Kamu Tahu

KesehatanWanita

Kenali Penyebab Payudara Nyeri dan Cara Mengatasinya

Diet & NutrisiKesehatan

9 Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan dan Kecantikan