Gaya HidupKesehatan

Tips Hindari Dehidrasi Saat Puasa

dehidrasi saat puasa

Dehidrasi merupakan kondisi tubuh yang kekurangan cairan sehingga tubuh tidak berfungsi dengan baik. Dehidrasi biasanya disebabkan oleh kurangnya asupan cairan yang ada dalam tubuh. Selama berpuasa, kamu otomatis tidak minum selama kurang lebih 12 jam tetapi melakukan berbagai aktivitas di luar ruangan. Inilah yang membuat kamu berisiko terkena dehidrasi saat puasa.

Baca Juga:

Ternyata, dehidrasi saat puasa sangat berbahaya sehingga tidak boleh dianggap sepele karena bisa membahayakan nyawa. Dehidrasi ringan saat puasa merupakan hal yang biasa tetapi jika yang kamu alami adalah dehidrasi sedang hingga serius, itu yang sangat berbahaya.

Tanda-tanda Dehidrasi

dehidrasi saat puasa

Tubuh manusia 70 persennya terdiri dari air yang berfungsi mengatur suhu, melindungi persendian dan organ, membantu peredaran oksigen ke sel. Tentu saja jika tubuh akan langsung bereaksi ketika kekurangan sedikit saja air.

Ada 10 tanda tubuh mengalami dehidrasi adalah sebagai berikut:

1. Urine berwarna kuning pekat

Urine akan berwarna lebih gelap ketika tubuh kekurangan cairan. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, ginjal yang bekerja akan menghemat air bahkan menghentikan produksi urine. Hal tersebut akan berefek pada warna urine yang menjadi lebih gelap atau berwarna kuning pekat.

2. Kulit kurang elastis

Dehidrasi bisa diketahui dengan mengetes elastisitas kulit dengan mencubitnya. Jika kondisi tubuh kamu normal, kulit di punggung tangan yang dicubit akan kembali ke bentuk semula. Tetapi jika tubuh kamu sedang mengalami dehidrasi, maka saat dicubit, kulit kamu akan lambat kembali ke bentuk normal. Sebenarnya ini bukanlah cara terbaik untuk mengetes tubuh sedang dehidrasi atau tidak. Tetapi faktor elastisitas kulit merupakan tanda untuk mengetahui tubuh yang dehidrasi.

3. Susah buang air besar

Ketika tubuh kekurangan cairan, saat bekerja, usus besar akan menghemat air dari makanan yang dimakan. Sehingga hasil akhir atau limbah yang berupa feses menjadi kering dan keras serta menyebabkan kamu mengalami sembelit.

4. Mulut kering

Ini merupakan tanda paling bisa dilihat ketika tubuh mengalami dehidrasi. Mulut kering dan lidah menjadi bengkak akan memberikan sinyal utama mengenai kondisi tubuh yang kurang cairan. Cara terbaik menghilangkan dehidrasi adalah dengan memperbanyak minum di waktu malam hari, mulai dari berbuka hingga sahur. Mencukupi kebutuhan air tubuh akan membantu kamu terhindari dari dehidrasi berat ketika berpuasa di siang harinya.

5. Pusing

Pusing dan pingsan juga menjadi tanda dehirasi saat puasa. Terlebih ketika kamu dari posisi duduk atau tidur lalu buru-buru berdiri, maka tubuh akan terasa seperti melayang.

6. Lelah

Tahukah kamu bahwa ternyata volume darah dan tekanan darah ikut turun akibat dehidrasi kronis yang kamu alami. Ini tentu saja akan membuat pasokan oksigen ke darah juga ikut turun. Oksigen yang kurang ini bisa membuat fungsi otot dan saraf bekerja lebih lambat dan menjadi mudah lelah.

7. Badan terasa kepanasan

Suhu tubuh sangat dipengaruhi oleh cairan dalam tubuh. Ketika terasa panas, kulit akan berkeringat dan setelahnya suhu tubuh akan turun lagi. Ketika keringat sebagian besarnya merupakan air, maka tubuh akan berhenti mengeluarkan keringat ketika dehidrasi. Itulah yang menyebabkan suhu tubuh terasa kepanasan.

8. Air mata kering

Produksi air mata juga bisa terhenti karena tubuh yang kekurangan cairan. Air mata ini memiliki fugsi penting untuk melumasi dan membersihkan mata. Salah satu tanda dehidrasi adalah mata yang terasa kering

9. Kram otot

Ketidakseimbangan elektrolit bisa mempengaruhi fungsi otot. Elektrolit yang dimaksud adalah natrium dan kalium.  Dehidrasi kronis akan membuat elektrolit dalam tubuh tidak seimbang yang bisa menyebabkan otot kram atau kejang terus menerus. Biasanya kebanyakan terjadi pada orang yang selesai melakukan olah raga.

10. Jantung berdebar

Tubuh yang sehat dan normal adalah kunci jantung yang sehat. Jika terjadi penurunan aliran darah dan perubahan kadar elektrolit yang disebabkan oleh dehidrasi, makan jantung akan berdenyut cepat dan terasa berdebar-debar.

Bahaya Dehidrasi

dehidrasi saat puasa

Dehidrasi bisa mengancam kesehatan kamu jika kamu biarkan begitu saja. Berikut bahaya dehidrasi bagi tubuh.

1. Gagal ginjal

Tubuh yang kekurangan cairan akan membuat filtrasi glomerulus pada ginjal akan menurun sehingga proses pencernaan urine juga terganggu. Tanda pada orang yang dehidrsi adalah urine yang sedikit bahkan tidak ada sama sekali.

2. Syok

Tekanan darah akan ikut turun ketika cairan darah dalam tubuh juga menurun. Ini tentu saja akan mengganggu pasokan oksigen ke sel-sel tubuh yang akan membuat kerja dari organ vital ikut terganggu.

3. Koma

Pasokan darah dan pasokan oksign ke otak akan berkurang akibat dari adanya  syok yang tidak segera diatasi. Syok yang diakibatkan oleh kurangnya cairan dalam tubuh merupakan salah satu bahaya dehidrasi yang dirasakan. Otak yang kekurangan oksigen akan membuat terjadinya koma yang akan berpengaruh pada kegagalan dari fungsi organ vital lainnya yang ada dalam tubuh.

4. Heat injury

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tanda dehidrasi adalah suhu tubuh yang kepanasan. Ketika tubuh berada di ruangan yang memiliki suhu yang panas akan membuat tubuh berusaha untuk mengeluarkan keringat. Ini akan membuat asupan cairan dalam tubuh kamu berkurang sehingga menyebabkan kram dan kelemahan otot.

5. Gangguan elektrolit

Cairan yang keluar dari tubuh terlalu banyak bisa mengakibatkan terjadinya gangguan elektrolit. Elektrolit merupakan ion yang mengandung listrik yang berfungsi mengantarkan sinyal listrik ke sel. Jika terjadi ketidakseimbangan elektrolit, maka bisa menimbulkan gangguan ritme jantung, kontraksi otot, kejang, serta hilang kesadaran.

6. Kematian

Tanda ehidrasi yang kronis jika tidak ditangani dengan segera akan mengakibatkan bahaya yang berdampak serius. Sebab kegagalan fungsi organ vital dan bahaya dehidrasi serius lainnya ternyata bisa menyebabkan kematian. Sehingga ketika kamu mengalami tanda dehirasi saat puasa, sebaiknya langsung membatalkan puasa dan memberikan penanganan secara medis.

Mencegah Dehidrasi Serius Saat Puasa

dehidrasi saat puasa

Dehidrasi saat puasa bisa dihindari dengan memastikan tubuh mendapatkan asupan air yang cukup sebanyak 8 gelas setiap harinya. Delapan gelas itu bisa kamu bagi dari berbuka puasa hingga sahur.

Tidak hanya itu, jika kamu terkena penyakit muntaber, diare, dan penyakit tertentu, tanyakan pada dokter apakah kamu bisa melanjutkan puasa atau tidak. Sebab berbagai penyakit tersebut bisa membuat kamu kekurangan cairan dan tidak ada penggantinya jjika tetap berpuasa.

Mencegah dehidrasi juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi saat sahur dan berbuka puasa. Saat berpuasa, jika kamu merasakan berbagai tanda dehidrasi, kurangi dan hentikan aktivitas berat dan carilah tempat yang sejuk.

Mengatasi bibir kering juga bisa dilakukan dengan mengoleskan lip balm dan  menggunakan lotion pada kulit kering. Ini bisa mencegah dehidrasi saat puasa. Semoga bermanfaat!

Related posts
GigiKesehatan

Obat Sakit Gigi Berlubang di Apotek untuk Pereda Nyeri Sementara

Kesehatan

Kontroversi Obat Asam Lambung Ranitidin yang Harus Kamu Tahu

Gaya HidupKebugaran

9 Cara Mengecilkan Betis Yang Bisa Kamu Coba

KesehatanWanita

Kenali Penyebab Payudara Nyeri dan Cara Mengatasinya