Kesehatan

7 Tips Mencegah Mata Rusak karena Penggunaan Gadget

mencegah mata rusak

Mustahil rasanya lepas dari gadget di zaman sekarang ini. Bahkan sebagian orang bisa menggunakannya selama seharian penuh, entah untuk urusan pekerjaan atau mencari hiburan.

Salah satu efek buruk yang menghantui kebiasaan ini adalah kerusakan mata. Berhubung tidak mungkin untuk sama sekali meninggalkan gadget, kamu bisa mencoba beberapa tips berikut untuk mencegah mata rusak.

Baca Juga:

Setidaknya, dengan menerapkan cara-cara ini, kamu bisa beraktivitas di depan layar dengan lebih aman dan meminimalisir kerusakan mata.

1. Atur Jarak Gadget dengan Mata

mencegah mata rusak

Demi kesehatan mata, kamu bisa menempatkan gadgetmu sejauh uluran tangan. Jika sulit untuk melakukannya, kurangi saja menjadi setengah lengan. Yang penting, jangan sampai gadget-mu terlalu dekat dengan mata.

2. Atur Pencahayaan Gadget

mencegah mata rusak

Hampir semua gadget yang beredar di pasaran saat ini memiliki fitur pengaturan cahaya. Aturlah sesuai tempatmu berada.

Jika kamu bermain gadget di tempat gelap, tingkatkan cahayanya agar lebih terang, namun jangan sampai terlalu menyilaukan. Begitu pun sebaliknya. Intinya, buatlah agar pencahayaan layarmu tidak menyulitkan mata yang sedang menatapnya.

3. Lakukan Metode 20-20-20

mencegah mata rusak

Metode ini merupakan cara sederhana mencegah mata rusak. Pandangilah sesuatu dalam jarak 20 kaki selama 20 detik setiap 20 menit sekali. Simpel, kan?

Selain menjaga kesehatan mata, cara ini juga ampuh untuk menyegarkan kembali pikiranmu. Makanya, sangat disarankan untuk melakukannya di tempat yang luas agar ada banyak hal yang bisa kamu pandangi.

4. Jangan Lupa Berkedip

mencegah mata rusak

Di atas sudah dijelaskan betapa pentingnya aktivitas kecil ini bagi mata. Jadi, jangan sampai kamu lupa melakukannya.

Berkediplah apabila mata sudah mulai menunjukkan tanda-tanda kelelahan agar saraf yang ada di bagian mata tidak terlalu tegang.

5. Hindari Bermain Gadget Sebelum Tidur

mencegah mata rusak

Tidur merupakan waktu istirahat terbaik yang dimiliki tubuhmu. Bermain gadget sebelum tidur akan menurunkan kualitasnya. Jadi, sebaiknya berhentilah dan menjauhlah dari gadget-mu 2-3 jam sebelum tidur. Dengan demikian, pikiran dan matamu bisa rehat sejenak sebelum terlelap.

6. Tentukan Waktu Maksimal Bermain Gadget

mencegah mata rusak

Kamu juga bisa membuat aturan untuk diri sendiri kapan saja kamu menggunakan gadget dan berapa lama. Untuk melakukan ini, kamu perlu membiasakan diri untuk membuat jadwal aktivitas harian.

Manfaatnya bukan hanya untuk mencegah mata rusak, tapi juga memastikan kamu tidak melewatkan tugas-tugas penting di antara sekian banyak kegiatan yang harus diselesaikan setiap harinya. Dan yang paling penting adalah disiplin dalam menjalankan aturan ini.

7. Konsumsi Makanan yang Kaya Vitamin A

mencegah mata rusak

Waktu kecil, kita pernah diajarkan untuk memakan wortel agar mata tidak rusak. Sesungguhnya, ini memang merupakan nasehat yang baik. Di zaman di mana ketergantungan orang terhadap gadget yang begitu tinggi, mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A merupakan cara menjaga kesehatan mata yang penting untuk dilakukan.

Selain wortel, kamu dapat menemukan kandungan vitamin yang baik untuk mata ini pada tomat, seledri, kangkung, dan brokoli.

Menggunakan gadget bukannya dilarang. Namun kamu harus memperhatikan durasi penggunaan gadget agar tak sampai menimbulkan kerusakan mata. Yuk lebih bijak dalam menggunakan gadget kamu demi kesehatan mata!

Okadoc.id – Portal info kesehatan terbaru dan terlengkap.

Related posts
KehamilanKesehatan

10 Obat Sakit Gigi yang Aman Bagi Ibu Hamil

Kesehatan

9 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

KesehatanKulit

Penyebab Keloid dan Cara Alami Mengatasinya

Bayi & Anak-AnakKesehatan

Cara Pengobatan Penyakit Difteri Pada Anak