Kesehatan

Tips Meninggikan Badan Secara Alami

meninggikan badan

Setelah melewati usia tertentu, banyak orang dewasa yang khawatir dan putus asa badannya tidak akan bertambah tinggi lagi. Rasa percaya diri pun acap kali menurun bila bertemu dengan orang yang jauh lebih tinggi, apalagi lawan jenis. Padahal, kamu masih bisa meninggikan badan secara alami di usia dewasa.

Dari penjelasan di atas, kamu sudah mengerti bahwa bertubuh tidak tinggi bukan takdir yang tak bisa diubah. Terlepas dari pengaruh genetik bawaan orangtuamu, ada beberapa cara yang ampuh meninggikan badan secara alami, sekalipun usiamu sudah melewati masa pertumbuhan. Berikut tips-tips yang bisa kamu coba.

1. Hilangkan Kebiasaan Membungkuk

meninggikan badan

Mulai sekarang, cobalah lebih peka dengan aktivitas yang kamu jalani, termasuk aktivitas kecil seperti duduk, berdiri, berjalan, atau tidur. Saat duduk atau berdiri, usahakan untuk selalu tegak. Tariklah bahu sedikit ke belakang dan luruskan punggung. Selain bagus untuk tulang, kamu akan tampak lebih percaya diri dengan postur ini.

Bukan hanya duduk dan berdiri, postur tubuhmu ketika berjalan dan tidur pun juga mempengaruhi pertumbuhan badanmu. Saat sedang berjalan, misalnya, jangan mencondongkan badan ke depan. Tanpa disadari, banyak orang yang melakukan ini ketika mereka sedang terburu-buru. Cobalah untuk berdiri lebih tegak dan berjalan yang rileks.

Baca Juga:

Selain soal postur tubuh saat berjalan, perhatikan juga barang bawaanmu. Memanggul tas yang terlalu berat juga akan membuat badanmu lebih bungkuk. Untuk mengatasinya, kamu harus lebih selektif memilih barang bawaan. Jika memang terpaksa membawa banyak barang, kamu dianjurkan untuk menggunakan koper yang memiliki roda. Untuk urusan yang lebih santai, pilih koper yang kecil.

Lain halnya saat tidur. Selain telentang dan tengkurap, orang biasanya sangat nyaman untuk tidur melengkung memeluk guling. Ini memang sulit dihindari karena kamu melakukannya secara tidak sadar. Tapi, kamu masih bisa melatih kebiasaan yang lebih baik. Misalnya, dengan memilih guling yang seukuran tinggi badan.

2. Perhatikan Pola dan Menu Konsumsi Harian

meninggikan badan

Makanan-makanan yang kaya akan vitamin D, zat besi, protein, sangat baik untuk meninggikan badan. Nutrisi-nutrisi tersebut bisa kamu temukan pada salmon, tuna, telur, keju, atau susu. Bukan hanya menunya, kamu juga harus memperhatikan pola makanmu. Pola makan yang buruk akan berefek pada kenaikan berat badan. Kenaikan berat badan bisa menghambat pertumbuhan tinggi badan.

Jadi, mulailah untuk memilih-milih makanan yang sehat untuk kamu konsumsi. Bukan hanya untuk tinggi badan, makanan sehat juga baik untuk kesehatan pencernaanmu. Ini merupakan trik merawat tubuh paling sederhana, tapi pengaruhnya sangat besar.

3. Aktif Berolahraga

tips meninggikan badan

Olahraga adalah cara paling ampuh untuk menambah tinggi tubuh di usia dewasa. Meski mungkin pertumbuhannya sudah tidak secepat semasa kamu masih kecil, aktif bergerak setiap hari masih bisa membuat pertumbuhan tulang dan otot tetap sehat.

Kamu bisa memilih olahraga seperti renang, basket, lompat tali, atau jogging. Olahraga-olahraga tersebut memiliki gerakan yang melibatkan banyak otot tubuh sehingga pertumbuhanmu tidak terfokus semata pada satu titik.

Selain olahraga, sebenarnya kamu juga bisa meninggikan tubuhmu dengan cara melakukan beberapa gerakan ringan. Kami punya beberapa rekomendasinya.

  • Super Stretch.Sama seperti namanya, gerakan ini termasuk gerakan peregangan. Cara melakukannya mudah. Kamu hanya tinggal berdiri dengan kedua tangan terentang ke atas. Lalu, doronglah kedua tangan setinggi mungkin hingga kamu berjinjit. Lakukan 5×10 detik setiap hari.
  • Cat Cow. Ambil gerakan merangkak dan tundukkan kepalamu ke bawah. Kemudian, secara perlahan, angkatlah kepalamu hingga terdongak ke atas. Ulangi gerakan ini 3×8 repetisi per hari. Gerakan ini ampuh untuk melatih otot punggung. Apabila kamu ingin mengubah kebiasaan membungkuk, gerakan cat cow ini dapat kamu lakukan, sebab salah satu manfaat ini adalah meluruskan bentuk punggung.
  • Table Pose. Gerakan ini cukup sulit, jadi sangat disarankan untuk berhati-hati. Awali dengan duduk santai dan luruskan kaki ke depan. Letakkan telapak tangan di samping paha. Pelan-pelan, dorong telapak tangan dan angkat bagian bawah tubuhmu sampai telapak kakimu benar-benar menyentuh lantai.

Meninggikan badan bukanlah hal yang instan. Jadi, konsistensimu punya peran besar di sini. Tips dan gerakan-gerakan di atas dapat membantumu asalkan kamu melakukannya sehari-hari dan berkomitmen. Jika kamu rutin melakukannya, badan ideal bukan hanya impian. Selamat mencoba! Baca juga info kesehatan lain di Okadoc Indonesia.

Related posts
KehamilanKesehatan

10 Obat Sakit Gigi yang Aman Bagi Ibu Hamil

Kesehatan

9 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

KesehatanKulit

Penyebab Keloid dan Cara Alami Mengatasinya

Bayi & Anak-AnakKesehatan

Cara Pengobatan Penyakit Difteri Pada Anak