Kesehatan

7 Tips Sehat Selama Social Distancing

Sehat Selama Social Distancing

Apakah kamu sudah tidak asing dengan istilah social distancing yang akhir-akhir ini sering disebut-sebut di media?

Social distancing atau menjaga jarak sosial bertujuan untuk mencegah penularan COVID-19 melalui sentuhan dengan orang lain, menghindari batuk dan bersin dari orang sekitar yang bisa saja telah mengidap virus COVID-19. Social distancing dilakukan dengan memberi jarak 1-2 meter antara orang lain saat duduk atau berdiri di tempat umum, tetap berada di rumah dan tidak mendatangi kerumunan.

Baca Juga:

Agar social distancing semakin efektif, pemerintah meminta kita untuk belajar bagi pelajar dan mahasiswa, serta bekerja dari rumah yang dikenal dengan istilah WFH (work from home). Jika kita melakukan social distancing dan WFH dalam beberapa hari mungkin tidak masalah, kita bisa lebih santai di rumah. Tapi lain lagi jika sudah dijalani seminggu lebih.

Social distancing dapat berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental lho! Bosan di rumah, tekanan dari pekerjaan kantor yang harus dikerjakan di rumah , tidak berinteraksi dengan orang seperti biasa bisa membuat kita rentan stres.

Nah, untuk menghindari stres, kamu bisa ikuti beberapa tips sehat di bawah ini yang dapat membantumu tetap sehat secara fisik dan mental selama social distancing diberlakukan:

1. Tetap bersosialisasi meskipun dari jauh

Jika kamu merindukan interaksi dengan teman atau keluarga yang berada jauh darimu, tidak ada salahnya tetap keep in touch melalui video call ataupun telepon. Dengan aktivitas ini, kamu bisa mengurangi rasa kesepian dan bisa saling menguatkan satu sama lain.

2. Buat jadwal harian tidak jauh berbeda dari hari kerja biasa

Belajar atau bekerja dari rumah bisa membuat kita terlena untuk bersantai, seperti belajar sambil menonton TV atau bekerja sambil makan. Jika kamu membiarkannya, kebiasaan ini bisa berpengaruh ke kesehatan. Buatlah jadwal dan kerjakan aktivitas sama seperti saat bekerja ke kantor atau berangkat ke sekolah, bedanya kita tidak keluar rumah.

Bangun dan tidurlah di jam biasanya, jangan begadang dan bangun kesiangan. Makanlah di jam biasanya, jangan menunda-nunda. Tetapkan jam kerja seperti biasa. Jika kamu bosan, kamu bisa menyelingi dengan nonton video sebentar atau ngemil sehat.

3. Sempatkan olahraga di rumah

Di rumah terus-terusan bisa membuat kita jadi mager. Jika biasanya kamu berjalan ke kantor, saat WFH intensitas berjalan menjadi turun drastis, ini tidak baik untuk kesehatan fisik kamu. Saat aktivitas fisik berkurang, bisa terjadi penumpukan lemak, badan tidak fit dan mudah lelah saat kembali aktif bergerak.

Tetaplah berolahraga seperti biasa tapi kali ini dilakukan di rumah. Olahraga tidak harus keluar lho! Kamu bisa melakukan yoga, exercise tanpa alat di rumah, naik turun tangga atau sekedar joging berkeliling halaman rumahmu. Olahraga setidaknya 30 menit sehari.

4. Konsumsi makanan sehat dan vitamin untuk meningkatkan sistem imun

Virus COVID-19 maupun virus lainnya pertama kali akan dilawan oleh sistem imun kita dengan memberikan reaksi seperti bersin atau batuk untuk membuang dan melawan virus sebelum benar-benar masuk dan menyerang paru-paru. Jadi tetap jaga pola makan sehat dan disertai dengan suplemen atau vitamin agar sistem imun tidak menurun.

Selalu konsumsi buah dan sayur. Hindari minuman manis dan minuman beralkohol. Hindari merokok, karena merokok dapat memperburuk gejala COVID-19. Aktivitas makan juga harus dilakukan di meja makan ya, hindari makan di meja kerja, karena bisa mengakibatkan susah fokus.

5. Siapkan cemilan yang sehat

Buah dan smoothie sangat cocok dijadikan sebagai cemilan sehat. Selain mengenyangkan, buah dan smoothie juga dapat menghidrasi tubuh. Untuk saat ini jaga asupan cemilan kamu, kurangi mengkonsumsi micin dan makanan asin yang bisa membuat kamu dehidrasi.

6. Kurangi kopi dan perbanyak konsumsi air putih agar tetap terhidrasi

Apakah kamu termasuk sering mengkonsumsi kopi agar tetap segar di rumah? Jika ingin mengkonsumsi kopi, minumlah antara jam 9-11 siang, sehingga tidak mengganggu siklus tidurmu. Tapi akan lebih baik jika kamu memperbanyak konsumsi air putih selama bekerja agar tubuh tetap terhidrasi. Selalu sediakan air putih di dekatmu agar tetap ingat untuk mengkonsumsi air putih setiap saat.

7. Jangan lupa membersihkan laptop, handphone, dan rumah

Berdiam dalam rumah bisa membuat kita kurang peduli dengan kebersihan diri sendiri dan lingkungan. Karena tidak keluar rumah, kamu merasa tidak perlu mandi, tidak membersihkan rumah, selalu menggunakan laptop dan handphone tapi lupa membersihkannya.

Ini kebiasaan yang harus dipatahkan ya, beraktivitaslah seperti biasa, mandi di pagi dan sore hari. Bersihkanlah rumah, karena dengan lingkungan yang bersih dapat membuatmu lebih nyaman dan meningkatkan mood.

So, mari tetap sehat dan bebas stres selama social distancing digalakkan oleh pemerintah! Mari disiplin menjalankan social distancing agar kita tidak tertular maupun menulari COVID-19 kepada orang lain. Semoga bermanfaat!

Related posts
Kesehatan

7 Tips Perawatan Kaki Penderita Diabetes

Kesehatan

Alasan Kenapa Cuci Tangan Itu Penting untuk Cegah Corona

Bayi & Anak-AnakKesehatan

13 Aktivitas Menarik untuk Bantu Perkembangan Motorik Anak

Kesehatan

10 Obat Ambeien yang Ampuh; Alami dan Medis