GigiPenyakit A-Z

Penyebab dan Cara Mengobati Gusi Bengkak

gusi bengkak

Gusi memang tidak terlihat langsung secara fisik dari luar karena berada di dalam mulut. Bagian tubuh ini terdiri dari jaringan mukosa yang berkembang untuk menutupi tulang alveolar di bagian luarnya.

Baca Juga:

Walaupun berada di dalam mulut, bukan berarti tidak akan terjadi gangguan. Gangguan yang paling sering terjadi adalah gusi bengkak. Untuk tahu cara mengobati gusi bengkak, kamu perlu mengetahui dulu apa saja penyebab penyakit yang satu ini.

Penyebab Gusi Bengkak

gusi bengkak

1. Iritasi

Seperti pembengkakan yang terjadi di bagian tubuh lain, penyebab gusi bengkak yang pertama adalah iritasi. Iritasi ini dapat muncul ketika kamu mengalami alergi. Tubuh memberikan reaksi khusus terhadap alergi dengan pembengkakan.

Gusi itu berwarna merah muda. Ketika pembengkakan terjadi, warna gusi akan menjadi lebih gelap merahnya. Ukurannya kemudian membesar seperti sedang terluka. Coba ingat-ingat, apakah ada minuman, makanan, pasta gigi, atau produk lain yang baru kamu cicipi kemudian menyentuh gusi?

2. Plak dan karang gigi

Bagian tubuh dapat mengalami pembengkakan ketika ketahanannya menurun. Di dalam mulut, kondisi ini dapat terjadi jika ada penumpukan plak dan karang di gigi. Tentu kamu tahu kan kalau gigi juga ada di area yang sama dengan gusi.

Penyebab gusi bengkak yang paling umum adalah hal ini. Plak dapat muncul karena dibentuk oleh bakteri yang ada di dalam mulut. Jika dibiarkan, plak ini akan berkembang dan mengeras membentuk karang. Pembiaran ini terjadi karena kamu kurang memperhatikan kebersihan mulut dan gigimu.

3. Hormon

Gusi bengkak juga dapat terjadi karena alasan lain loh. Misalnya karena ada hormon yang mempengaruhi perubahan yang terjadi di tubuh. Akan tetapi, kasus ini lebih sering terjadi di kalangan perempuan.

Ada hormon kewanitaan yang memberikan pengaruhnya, bahkan sampai ke gusi. Yaitu hormon yang berkembang saat kamu sedang hamil. Jika ini terjadi jangan khawatir. Sifatnya hanya sementara karena tubuh sedang beradaptasi dengan kondisi yang baru.

4. Sisa makanan

Sebelumnya sudah disinggung soal menjaga kesehatan area mulut. Jika kurang diperhatikan, bakteri akan membentuk plak di gigi dan karang gigi pun akan berkembang dengan sendirinya. Kamu perlu tahu, bakteri melakukan ini karena ada pemicunya.

Pemicu bakteri menyebabkan gusi bengkak adalah karena ada sisa makanan di mulut. Bakteri yang melihat benda asing di sela gigi, melakukan suatu proses tertentu. Karena itu, jika tidak mau ada plak dan karang gigi berlebihan, hindari penumpukan sisa makanan di gigi.

5. Kurang vitamin

Kamu tahu tidak manfaat dari vitamin? Vitamin adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Keberadaannya memiliki banyak manfaat. Vitamin yang paling dibutuhkan di area mulut adalah vitamin C.

Vitamin C dapat memperkuat jaringan ikat. Jaringan ikat ini dapat kita temukan di mulut dalam bentuk gusi. Jika kamu menemukan gusi bengkak, mungkin saja kekurangan vitamin C adalah penyebabnya.

6. Obat-obatan

Saat tubuh sedang tidak sehat, biasanya kita mengonsumsi obat. Dalam beberapa kasus, konsumsi obat justru menjadi salah satu penyebab gusi bengkak. Contohnya ketika kamu mengonsumsi obat untuk mengurangi tekanan darah.

Kandungan zat dalam obat ini memungkinkan pertumbuhan jaringan gusi berlebih dapat menyebabkan gusi bengkak

Cara Mengobati Gusi Bengkak

gusi bengkak

1. Garam

Gusi bengkak bukan lah akhir dari segalanya. Kamu dapat mengatasi ini dengan menggunakan garam. Caranya sangat sederhana, tapi bukan memupuhkan garam langsung ke gusi yang membengkak ya.

Coba buat larutan air garam dengan mencampurkan satu sendok teh garam ke dalam air hangat. Gunakan larutan ini untuk berkumur minimal tiga kali dalam sehari.

2. Jeruk nipis

Cara mengobati gusi bengkak lainnya juga dilakukan dengan berkumur. Tapi kali ini, coba lah berkumur menggunakan larutan jeruk nipis. Pilih jeruk nipis yang sudah matang lalu peras untuk mengambil sarinya.

Campurkan sari jeruk nipis dengan air hangat, untuk digunakan sebagai cairan kumur sebelum tidur di malam hari atau saat mandi di pagi hari.

3. Lemon

Kalau kamu tidak terlalu suka dengan jeruk nipis, kamu bisa menggantinya dengan perasan air lemon. Caranya sama saja dengan membuat larutan jeruk nipis. Namun proporsinya kira-kira seperempat gelas perasan air lemon, dan setengah gelas air hangat.

4. Madu

Kamu yang menginginkan sensasi manis, dapat menggunakan madu. Bukan dengan membuat larutan madu untuk berkumur ya. Kamu hanya perlu mengoleskan madu ke gusi bengkak. Nutrisi yang terkandung dalam madu dapat meredakan pembengkakan. Untuk mengobati gusi bengkak, kamu dapat mengoleskannya minimal tiga kali dalam sehari.

5. Minyak cengkeh

Kalau kamu menyukai rempah, kamu dapat menggunakan minyak cengkeh untuk mengobati gusi bengkak. Caranya mirip dengan madu kok. Oleskan saja minyak cengkeh ke bagian gusi yang mengalami pembengkakan.

Lakukan ini secara rutin, dua kali sehari. Kalau ingin prosesnya cepat, kamu dapat mencoba membuat minyak cengkeh sendiri di rumah.

6. Bawang merah

Bahan yang satu ini mungkin tidak disukai oleh beberapa orang karena meninggalkan aroma yang khas. Walaupun begitu, bahan ini kaya akan zat yang dapat meredakan pembengkakan di gusi. Coba buat obat alami menggunakan bawang merah yang dihaluskan.

Setelah halus, kamu dapat langsung mengoleskannya pada gusi bengkak. Untuk khasiat yang maksimal, mencampurkan bawang merah dengan garam juga dapat menjadi pilihan yang baik.

Jika kamu sudah mengetahui penyebab gusi bengkak, tahap selanjutnya adalah mengatasinya dengan segera. Apalagi jika sudah terganggu dengan keberadaannya. Namun jika semakin parah, segera periksakan ke dokter agar mendapat pengobatan yang sesuai ya!

Related posts
Penyakit A-Z

Demam Tifoid; Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati

Penyakit A-Z

Penyakit Paru-Paru Obstruktif: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati

Penyakit A-Z

Stroke: Gejala, Penyebab, Pencegahan, dan Pengobatan

Penyakit A-Z

Sakit Kepala Belakang, Ketahui Penyebabnya!