Penyakit A-Z

Penyakit Asam Urat: Gejala, Penyebab dan Pengobatannya

penyakit asam urat

Penyakit asam urat adalah kondisi penumpukan kristal pada persendian tubuh akibat tingginya kadar asam urat dalam darah. Penumpukan ini membuat seseorang bisa merasakan sakit pada sendi-sendi tubuhnya.

Asam urat, sebetulnya, merupakan hal yang normal berada pada tubuh kita. Pada takaran normal, asam urat larut dalam darah dan akan dibuang melalui urin. Namun, ketika kandungan asam urat di dalam darah terlalu tinggi, tubuh sulit untuk mengeluarkannya, dan pada akhirnya, menumpuk dan menyebabkan rasa sakit.

Baca Juga:

Memang, umumnya penyakit ini dialami oleh orang-orang berusia lanjut, sekitar 40-50 tahun. Namun, gaya hidup dan pola makan yang buruk dapat membuat orang yang berusia lebih muda mengalaminya juga.

Untuk mengetahui lebih jauh, simak pembahasan mengenai gejala, penyebab, dan cara mengobati penyakit asam urat yang akan dijabarkan di artikel ini.

Gejala Asam Urat

penyakit asam urat

Penderita penyakit ini dapat menunjukkan gejala yang berbeda-beda, namun, secara umum keberadaan penyakit ini di dalam tubuh seseorang bisa dideteksi melalui beberapa tanda, antara lain sebagai berikut:

1. Rasa sakit mendadak pada sendi

Apabila penyakit ini sedang kambuh, seseorang bisa merasakan nyeri yang muncul tiba-tiba pada sendi-sendi di tubuhnya, misalnya pada bagian lengan, kaki, atau leher. Rasa sakit yang muncul mendadak ini ada yang bertahan lama, tapi ada juga yang berlangsung selama beberapa menit saja.

2. Sendi membengkak

Selain rasa nyeri, keberadaan penyakit ini di juga ditandai dengan membengkaknya sendi-sendi tubuh. Pembengkakan ini merupakan wujud dari kristal yang menumpuk. Dengan adanya pembengkakan, sendi menjadi sulit untuk digerakkan.

3. Sulit beraktivitas

Akibat rasa nyeri dan pembengkakan, beberapa organ tubuh yang mengalami penyakit asam urat menjadi sulit digerakkan. Misalnya, seseorang dengan asam urat yang tinggi di kaki, akan sulit berjalan. Sama halnya dengan penumpukan asam urat di tangan membuat seseorang mengalami nyeri saat menggerakkan tangan.

4. Kulit memerah dan mengelupas

Ini biasanya terjadi saat pembengkakan sudah mengempis. Diawali dengan muncul ruam merah, kulit yang melapisi sendi yang terserang asam urat akan kering dan mengelupas. Jika tanda-tanda ini muncul, ingatlah untuk tidak menggaruknya karena akan semakin membuat area tersebut perih.

Penyebab Asam Urat

penyakit asam urat

Penyakit asam urat dapat disebabkan oleh gaya hidup dan pola konsumsi makanan yang buruk, penggunaan obat-obat tertentu, serta komplikasi penyakit lainnya. Di bagian ini, kita akan membahas lebih jauh penyebab penyakit ini.

1. Makanan penyebab asam urat

Makanan yang dapat menyebabkan seseorang mengalami penyakit ini adalah makanan yang memiliki kandungan purin yang tinggi. Purin sendiri merupakan unsur yang bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

Ada beberapa jenis makanan yang masuk ke dalam golongan ini, di antaranya daging merah (seperti daging sapi atau kambing), udang, kepiring, tiram, kerang, lobster, dan makanan laut lainnya.

Selailn itu, beberapa jenis sayuran juga memiliki kadar purin yang tinggi. Jenis-jenis sayuran tersebut antara lain kembang kol, bayam, dan jamur.

2. Minuman bersoda dan beralkohol

Minuman bersoda memiliki kandungan gula yang tinggi, sehingga dapat memicu tubuh memproduksi uric acid lebih banyak. Apabila zat uric acid ini bertumpuk di dalam tubuh, maka tubuh akan rentan mengalami gangguan sendi, berupa pembengkakan ataupun peradangan.

Hal yang sama berlaku pada minuman beralkohol. Oleh sebab itu, kamu perlu membatasi konsumsi keduanya jika ingin terhindar dari sakit asam urat.

3. Konsumsi obat-obatan tertentu

Mengonsumsi obat-obatan jenis tertentu seperti obat aspirin, obat penghambat enzim, sislosporin, obat kemoterapi, obat deuretik jangka panjang, dan obat antihipertensi dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Itulah sebabnya, pemakaian obat-obat jenis ini harus mengikuti dosis yang dianjurkan oleh dokter.

4. Keberadaan penyakit lain di dalam tubuh

Jika tubuh sedang mengalami penyakit lain, seperti obesitas, gangguan ginjal, serta hipotiroidisme, maka tubuh lebih rentan terserang penyakit asam urat. Pada ginjal, misalnya. Apabila organ satu ini mengalami penurunan fungsi, maka tubuh akan sulit membuang zat asam urat yang ada di dalam darah melalui urine.

5. Riwayat asam urat

Meski tidak selalu terjadi, orang yang orangtuanya memiliki riwayat asam urat lebih cenderung dapat menderita penyakit ini. Meski demikian, hal tersebut bisa dicegah melalui kontrol konsumsi makanan dan gaya hidup yang sehat.

Cara Mengobati Asam Urat

penyakit asam urat

Penyakit ini bisa diredakan dengan cara mengompres sendi yang sakit dengan sekantung es. Obat-obat pereda rasa sakit pun bisa membantu mengurangi rasa sakitnya. Namun, seandainya penyakit ini sudah berada dalam tingkat yang lebih parah, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan cara penanganannya.

Ada beberapa tes yang bisa dokter lakukan untuk mendiagnosis kondisi pasien, yaitu:

  • Tes darah, untuk mengetahui kadar asam urat yang ada di dalamnya
  • Tes cairan sendi, menggunakan jarum kecil untuk mengeluarkan cairan yang kemudian akan diperiksa kandungan asam uratnya
  • CT scan, untuk melihat kristal yang ada di dalam tubuh
  • Sinar-X, untuk melihat lebih jauh kondisi peradangan yang dialami pasien

Setelah melakukan diagnosis, dokter bisa meresepkan obat-obatan untuk mengatasi penyakit ini. Beberapa jenis obat yang bisa dipilih, antara lain obat anti-radang non steroid (NSAID), colchicine, kortikosteroid, obat penghambat uric acid, dan obat penghancur asam urat.

Cara Mencegah Asam Urat

penyakit asam urat

Sebelum mengalaminya, kamu bisa mencegah penyakit asam urat dengan melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan purin tinggi
  • Kurangi konsumsi minuman bersoda dan alkohol
  • Berolahraga secara rutin
Related posts
Penyakit A-Z

Stroke: Gejala, Penyebab, Pencegahan, dan Pengobatan

Penyakit A-Z

Sakit Kepala Belakang, Ketahui Penyebabnya!

Penyakit A-Z

Diabetes: Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati

Penyakit A-Z

HIV dan AIDS; Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati