Penyakit A-Z

Ketahui, Penyebab dan Obat Sakit Pinggang Alami

Obat Sakit Pinggang

Ketika sering beraktivitas, tubuh bisa saja kelelahan, apalagi jika kamu kurang beristirahat. Beberapa bagian tubuh akan terasa sakit jika kamu kelelahan. Satu bagian yang sering terasa sakit adalah pinggang.

Walaupun sebenarnya bukan hanya kelelahan saja yang menyebabkan sakit pinggang. Apa saja penyebab dan obat sakit pinggang alami, bisa kamu cari tahu di sini!

Penyebab Sakit Pinggang

Obat Sakit Pinggang

Seperti yang sudah disebutkan tadi, sakit pinggang dapat terjadi karena kelelahan. Tapi proses yang berjalan di dalam tubuh adalah otot yang tegang di bagian itu. Bukan hanya itu, otot yang tegang ini juga bisa terjadi karena hal lain. Misalnya pergerakan yang mendadak saat berolahraga.

Tidak sedikit orang yang saat berolahraga memforsir tubuhnya. Menilai tubuhnya mampu melakukan gerakan lebih banyak untuk membentuk tubuh yang sehat. Seringkali juga tidak memperhatikan bahwa gerakan yang dilakukan terlalu mendadak, sehingga membuat si otot itu tegang. Olahraga olahraga tersebut misalnya memukul bola saat bermain badminton, tenis, golf, dan sebagainya.

Baca Juga:

Bisa jadi juga, kamu mengangkat benda-benda berat dengan cara yang salah. Katakanlah memindahkan kursi, mendorong mobil, mengangkat koper, meja, bahkan hanya sekedar menggendong anakmu yang masih kecil. Belum lagi kalau kamu sudah menginjak usia dewasa. Sangat wajar jika kamu mengalami sakit pinggang, akibat saraf yang terjepit atau pengapuran di tulang belakang.

Dalam beberapa kasus,  sakit pinggang juga dapat disebabkan beberapa penyakit dan gangguan lain menyerang. Misalnya sindrom pramenstruasi, kehamilan, sakit batu ginjal, osteoporosis, obesitas ,radang kelenjar prostat, infeksi organ reproduktif pada wanita, dan penyempitan jarak antar tulang belakang.

Obat Sakit Pinggang Alami

Obat Sakit Pinggang

1. Daun sirsak

Sirsak dikenal sebagai buah yang bergizi. Tapi tidak hanya buahnya, daunnya juga bisa dimanfaatkan. Manfaat daun sirsak salah satunya sebagai obat sakit pinggang alami. Daun ini juga bahkan membantu menyembuhakan kanker. Baik sekali bukan manfaatnya?

Yang harus kamu lakukan untuk mengobati sakit pinggang adalah membuat minuman rebusan. Pertama-tama ambil daun sirsak kira-kira sebanyak 15 lembar. Pilih yang tidak begitu tua kemudian cuci sampai bersih. Selanjutnya rebus daun sirsak hingga mendidih dengan menggunakan 6 gelas air. Tunggu sampai tersisa sebanyak 3 gelas saja, lalu minum sehari sekali.

2. Akar ilalang

Kalau kamu sulit mendapatkan daun sirsak, akar ilalang juga bisa menjadi obat sakit pinggang alami. Selain mengobati sakit pinggang, akar ilalang juga bisa mengobati panas dalam loh. Tentu dipisahkan antara bagian akar dengan daun ilalang itu sendiri ya. Ambil beberapa batang akar kering, tapi jangan lupa dibersihkan lagi ya.

Sama seperti daun sirsak, akar ilalang ini juga perlu direbus untuk dapat diminum sarinya. Rebus akar itu dengan 1 liter air. Didihkan akar ilalang hingga tersisa setengahnya saja. Kalau ini, dapat kamu minum tiga kali dalam sehari. Setiap kali minum, usahakan meminumnya satu gelas baik di pagi, siang, ataupun sore hari. Konsumsi secara rutin tanpa menambahkan gula jenis apapun.

3. Daun dewa

Obat sakit pinggang alami selanjutnya yaitu daun dewa. Daun dewa terkenal mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu penyakit yang dapat diobati dengan daun dewa, tentunya sakit pinggang. Daun dewa ini sangat berkhasiat karena mengandung saponin, minyak atsiri, dan senyawa flavanoid.

Untuk mengobati sakit pinggang, kamu juga harus membuat minuman seduh. Tapi ada ramuan khusus yaitu mencampurkan 40 gram daun dewa, dengan 35 gram daun baru cina segar, 40 gram temulawak dan 600 ml air saja. Jangan lupa untuk mencuci bersih semua bahan yang sudah disiapkan ya. Sama seperti yang lain, kamu perlu merebus semua bahan hingga air mendidih dani tersisa setengahnya. Saring terlebih dulu ramuan yang sudah dibuat, lalu minum satu kali sehari.

4. Daun bakung

Tahu daun bakung seperti apa? Kalau sudah tahu, selanjutnya pahami manfaatnya. Daun bakung juga dapat menjadi obat sakit pinggang alami. Alasannya karena daun bakung mengandung zat yang dapat meredakan nyeri di saraf-saraf pada pinggang dan sendi. Daun bakung ini juga mengobati sakit pinggang dari dalam tubuh, karena kamu harus meminum seduhanny. 

Pertama-tama, ambil beberapa lembar daun bakung, kemudian cuci bersih. Pilih daun bakung yang tidak terlalu muda tapi juga tidak terlalu tua ya. Rebus daun bakung dengan air secukupnya sampai mendidih seperti bahan-bahan alami lainnya. Saring dulu, lalu minum rebusan daun bakung dua kali dalam sehari secara rutin.

5. Bawang Putih

Bawang putih juga bisa dijadikan obat sakit pinggang alami loh. Kelebihan bawang putih dibanding yang lain adalah karena sangat mudah untuk didapatkan. Tapi bawang putih ini mengobati sakit pinggang dari luar. Yaitu sebagai bahan alami untuk dipijat-pijatkan ke bagian tubuh yang sakit.

Pertama-tama, panaskan minyak wijen atau minyak kelapa, jangan gunakan minyak sawit untuk menggoreng ya. Setelah sedikit panas, masukan 8 siung bawang putih, dan diamkan selama 1-2 menit saja. Matikan api dan dingin udarakan. Selanjutnya, langsung gunakan campuran minyak dan bawang putih untuk memijat bagian pinggang yang sakit. 

Setelah pinggang dipijat, kamu perlu membiarkannya selama 3 hingga 4 jam. Tidak berhenti di situ, lanjutkan dengan mandi menggunakan air hangat. Cara ini juga bisa digunakn ketika kamu merasa sakit di bagian punggung ya.

Sebenarnya tidak hanya mengonsumsi obat sakit pinggang alami yang dapat kamu lakukan. Jika pinggang terasa sakit, jangan lupa juga untuk berisitirahat, meditasi, atau melakukan yoga. Lakukan bersama orang-orang profesional agar rasa sakit di pinggang tidak terlalu parah ya. Atau konsultasikan dengan dokter jika tidak kunjung membaik. Semoga sehat kembali!

Related posts
Penyakit A-Z

Hepatitis B: Gejala dan Cara Mengatasinya

Penyakit A-Z

Pembunuh Mematikan Bernama Kanker Paru-Paru

Penyakit A-Z

Varises; Gejala, Faktor Resiko, dan Cara Pengobatannya

Penyakit A-Z

Kanker Serviks: Gejala, Penyebab, Pencegahan dan Pengobatan