Penyakit A-Z

Sinusitis: Pengertian dan Jenisnya

sinusitis

Sinusitis adalah gangguan penyakit di mana dinding sinus mengalami peradangan. Lalu, apa yang dimaksud dengan dinding sinus?

Dinding sinus merupakan dinding pada rongga kecil yang ada pada struktur tulang wajah kita. Rongga ini terisi udara dalam keadaan normal, namun, saat terjadi peradangan, cairan dan bakteri menyumbatnya.

Baca Juga:

Fungsi sinus sendiri pada tubuh manusia adalah untuk menyaring bakteri dari udara yang kita hirup, serta membantu mengatur kelembapan suhu udara yang mengisi paru-paru kita.

Jenis-Jenis Penyakit Sinus

sinusitis

Penyakit sinusitis bisa dibagi ke dalam beberapa jenis tergantung lamanya ia menetap di dalam tubuh. Berikut pengelompokannya:

1. Sinusitis Akut

Ini merupakan jenis yang biasa dialami oleh beberapa orang. Jenis yang satu ini juga termasuk gangguan yang paling ringan, umumnya hanya terjadi selama 2-4 minggu saja.

2. Sinusitis Subakut

Sedikit lebih parah dari yang pertama, jenis yang kedua ini umumnya diderita selama 4-12 minggu.

3. Sinusitis Kronis

Jenis yang ketiga ini merupakan jenis yang berlangsung dalam jangka waktu lama, umumnya di atas satu tahun. Bahkan, dalam beberapa kasus, tipe yang satu ini dapat berlanjut hingga bertahun-tahun di tubuh penderitanya.

4. Sinusitis Kambuhan

Sesuai namanya, jenis yang satu ini bersifat kambuhan, bisa pergi dan datang dalam kurun waktu tertentu. Kamu harus mewaspadainya apabila gangguan yang kamu rasakan kambuh tiga kali atau lebih dalam setahun.

Jenis-jenis yang dialami seseorang bisa berakibat pada perbedaan cara pengobatan. Untuk itu, kamu perlu mencermati gangguan sinusitis yang kamu alami agar dapat membantu dokter melakukan diagnosis yang tepat untuk pengabotannya.

Gejala Sinusitis

sinusitis

Untuk mengetahui apakah kamu mempunyai gangguan sinusitis di dalam tubuh, kamu bisa memperhatikan beberapa gejala yang biasa menyertai penyakit ini. Berikut beberapa tandanya:

1. Hidung mampet

Mengingat penyakit ini menyerang rongga yang berisi udara, penyumbatan tentu saja akan membuat orang yang mengalaminya merasakan kesusahan saat bernafas. Kesulitan bernafas ini biasanya terlihat pada rasa berat ketika hendak menghirup udara.

Seseorang yang menderita penyakit ini perlu menekan dadanya dalam-dalam untuk bisa menghirup udara.

2. Cairan kuning di tenggorokan

Seseorang yang sedang mengalami penyakit ini juga kerap merasakan adanya cairan lendir kental di bagian tenggorokan. Cairan ini juga mengganggu proses pernafasan sehingga orang tersebut sulit untuk bernafas secara normal.

3. Batuk

Batuk pada penyakit ini disebabkan oleh adanya bakteri yang menumpuk pada saluran sinus. Selain bakteri, cairan kuning di tenggorokan seseorang yang mengidap sinusitis juga mengakibatkan batuk yang mengganggu. Makanya, batuk pada penyakit ini sering disertai keluarnya cairan kental berwarna kekuningan.

4. Tekanan pada telinga

Penyakit ini juga dicirikan dengan tekanan pada telinga. Tekanan ini timbul akibat gangguan pada saluran pernafasan. Biasanya, kondisi ini semakin terasa apabila penderitanya sedang berada di tempat yang bersuhu dingin atau sedang menunduk.

5. Rasa nyeri pada wajah

Selain tekanan wajah, penderita penyakit ini juga dapat merasakan rasa nyeri pada wajahnya manakala ia menunduk. Ini terjadi akibat cairan yang menyumbat pernafasan menghalangi aliran oksigen di daerah struktur wajah.

6. Sakit kepala

Selain rasa nyeri, umumnya orang yang sedang mengalami gangguan ini juga akan merasakan sakit kepala. Rasa sakit yang dialami berbeda-beda tergantung pada tingkat keparahan sinusitis yang dijangkit seseorang.

Sama seperti rasa nyeri pada wajah, rasa sakit kepala ini muncul karena tidak ada aliran oksigen yang cukup di daerah sekitar kepala.

7. Demam

Penderita penyakit ini juga seringkali merasakan demam, khususnya apabila sedang kambuh sakitnya atau berada di tempat bersuhu dingin. Demam ini juga merupakan tanda bahwa kamu sedang terinfeksi bakteri. Umumnya, demam tidak berlangsung lama, melainkan hanya ketika penyakit sedang kambuh.

Penyebab Sinusitis

sinusitis

Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri atau keberadaan penyakit lain yang berhubungan dengan saluran pernafasan.

Beberapa penyakit yang dapat menjadi penyebab seseorang mengalami sinusitis adalah sebagai berikut:

  • Flu berat
  • Polip
  • Rinitis alergi
  • Struktur yang tidak normal pada tulang hidung

Cara Meredakan Sinusitis di Rumah

sinusitis

Selain melalui penanganan medis, kamu juga bisa meredakan gangguan penyakit ini dengan melakukan beberapa hal sederhana di rumah. Dengan demikian, kamu bisa melakukan penanganan awal secara mandiri apabila gangguan yang dirasakan masih dalam taraf tidak terlampau parah.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan sinus sendiri, antara lain:

1. Mengonsumsi air putih yang cukup

Kamu bisa meredakan sinusitis dengan cara mencukupi kebutuhan cairan tubuh, yakni dengan meminum air putih yang cukup. Cairan ini bisa membantu mengencerkan lendir yang menyumbat. Selain itu, air putih juga dapat membantu menurunkan demam. Cobalah untuk memenuhi kebutuhan air putih sebanyak 8 gelas sehari.

2. Mengompres hidung dengan air hangat

Ini merupakan cara untuk menjaga kelembapan hidung. Tujuannya adalah untuk mengurangi peradangan yang dialami. Rendamlah handuk kecil di dalam air hangat selama beberapa menit, lalu kompreskan ke hidung. Lakukan secara rutin setiap sore atau malam hari menjelang tidur.

3. Posisikan kepala lebih tinggi saat berbaring

Cara ini bisa membantu aliran udara kelular dan masuk hidung. Selain itu, dengan berbaring dalam posisi kepala yang tinggi, kamu juga bisa mengatur sirkulasi lendir agar turun dan keluar melalui hidung.

Sanggalah kepalamu dengan dua bantal tebal saat rebahan. Namun, pastikan juga untuk tidak salah memilih bantal yang keras atau menumpuk bantal terlalu tinggi, sebab akan menimbulkan risiko cedera leher.

4. Mengonsumsi jahe dan makanan pedas lain

Jahe punya efek yang baik untuk meredakan flu dan mengencerkan lendir pada saluran pernafasan, begitu pun makanan pedas lainnya. Kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami ini untuk meredakan gangguan pada sinus.

Tapi, tetaplah ingat untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsinya. Untuk mendapat manfaat dari jahe, kamu bisa merebusnya dengan teh atau air hangat.

5. Istirahat yang cukup

Penyakit sinusitis membuat penderitanya cepat merasa lelah. Oleh karena itu, perbanyaklah istirahat agar tubuh tetap bugar dan sehat. Tidur yang cukup juga dapat membantumu meredakan gangguan penyakit ini.

Related posts
Penyakit A-Z

12 Faktor Risiko Penyebab Kanker Payudara yang Bisa Dihindari

Penyakit A-Z

Penyakit ISPA di Tengah Polusi Udara

Penyakit A-Z

Penyakit Lupus: Pengertian, Gejala dan Penyebabnya

Penyakit A-Z

Sifilis: Pengertian dan Jenisnya