Penyakit A-Z

Tanda dan Gejala Kanker Payudara

Tanda dan Gejala Kanker Payudara

Kanker payudara masuk dalam list penyakit paling mematikan di dunia yang bisa menyerang siapa saja, baik wanita maupun pria. Penyakit yang satu ini memang menjadi momok bagi setiap orang.

Baca Juga:

Kamu bisa menghindari kanker sebisa mungkin dengan menjalankan gaya hidup sehat dengan konsumsi makanan sehat serta olahraga teratur. Meski demikian, kamu juga tetap harus waspada terhadap tanda dan gejala kanker payudara karena semakin cepat terdeteksi, maka semakin cepat pula kamu bisa menerima pengobatan dan memperbesar kesempatan untuk sembuh dari kanker tersebut.

Perkembangan Kanker Payudara

Tanda dan Gejala Kanker Payudara

Stadium nol

Stadium nol adalah tahap paling awal dari munculnya penyakit kanker. Di periode ini, sel kanker payudara sudah mulai berkembang. Tapi baru di saluran payudaranya saja dan belum ada penyebaran yang signifikan.

Stadium satu

Dari stadium nol, meningkat ke stadium satu di mana sel kanker mulai berkembang dan membesar di tempat ia tumbuh. Pada masa ini lah gejala kanker payudara mulai dapat dirasakan. Ukurannya bisa mencapai 5 cm namun belum tersebar ke bagian lain.

Stadium dua

Kanker payudara meningkat perkembangan di stadium dua, dan terbagi dalam dua kelas. Pada stadium dua-A, sel kanker sudah menyebar sampai ke ketiak, khususnya pada kelenjar limfa. Massanya sendiri berukuran maksimal 2 cm. Lebih dari ini hingga 5 cm, artinya sel kankermu sudah masuk ke stadium dua-B.

Stadium tiga

Penyakit kanker dapat semakin buruk keadaannya saat memasuki stadium tiga. Sama seperti stadium dua, stadium tiga juga terbagi dalam dua kelas. Stadium tiga-A ditandai dengan sel kanker yang mampu menyebar ke bagian jaringan tubuh yang lainnya. Jika sudah masuk stadium tiga-B lebih mengkhawatirkan lagi. Karena sel kanker akan mencapai ke permukaan kulit serta kelenjar getah bening di dalam payudara.

Stadium empat

Kondisi terburuk akan terlihat di stadium empat. Sel kanker akan lebih agresif daripada sebelumnya, karena ketahanan tubuh juga semakin berkurang. Pergerakannya cepat dan penyebarannya dapat menyerang organ tubuh bagian lain.

Penyebab Kanker Payudara

Tanda dan Gejala Kanker Payudara
  • Hormon seks, terutama hormon seks pada wanita yaitu progesteron dan estrogen yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker.
  • Memiliki riwayat keturunan penyakit kanker dalam keluarga.
  • Usia lanjut yaitu di atas 55 tahun, tapi tidak menutup kemungkinan kanker payudara tumbuh di bawah usia 45 tahun.
  • Mutasi genetik BRCA1 dan BRCA, yang berpengaruh terhadap risiko timbulnya penyakit kanker akibat turunan dari keluarganya.
  • Dalam beberapa penelitian, etnis cukup dinilai sebagai faktor penyebab kanker payudara.
  • Yang menjadi penyebab utama dari kanker payudara adalah gaya hidup yang tidak sehat. Seperti konsumsi alkohol berlebihan, pil KB, terapi pengganti hormon, atau tidak memperhatikan asupan nutrisi tubuh sehingga kamu mengalami obesitas.

Cara Mengenali Gejala Kanker Payudara

Tanda dan Gejala Kanker Payudara

Karena sel kanker berkembang di dalam tubuh, memeriksakan diri ke dokter adalah cara yang paling efektif untuk mengetahui keberadaannya. Walaupun begitu, ada juga perubahan dalam kondisi tubuh yang bisa kamu amati untuk mewaspadai kanker payudara.

1. Rasa gatal dan sakit, serta kulit yang memerah

Tanda dan gejala kanker payudara yang pertama dapat dilihat dari beberapa perubahan di payudara. Jika ada rasa sakit dan panas ketika payudara disentuh, mungkin sedang terjadi peradangan di situ. Peradangan ini bisa disebabkan oleh sel kanker yang tumbuh dalam tubuh.

Rasa sakit dan panas di payudara itu biasanya disertai dengan rasa gatal yang mengganggu dan tidak hilang selama beberapa hari. Ini dikarenakan sel kanker seperti memblokir pembuluh darah ke arah kulit. Dalam kondisi lanjut, payudara akan membengkak dan kulitnya bersisik. Kondisi lebih parah adalah ketika timbul cekungan seperti lesung pipit di payudaramu.

2. Perubahan puting

Kanker payudara menyerang bagian khusus di tubuh. Tidak terkecuali puting, bagian payudara yang sensitif. Kamu dapat mengawasi kesehatannya dengan memperhatikan gejala kanker payudara di puting. Puting biasanya sensitif, tapi saat terserang kanker hal ini tidak lagi terjadi.

Selain sensitivitas yang berkurang, puting juga mengalami perubahan secara fisik. Permukaannya menjadi bersisik, berkerak, kemudian meradang. Adanya sel kanker juga memicu tumbuhnya tumor. Selanjutnya hal ini berpengaruh pada puting dan mampu menyebabkan infeksi atau iritasi pada waktu tertentu.

3. Perubahan bentuk payudara

Perubahan bentuk payudara adalah cara mengenali gejala kanker payudara yang paling umum. Payudara yang terserang penyakit kanker memiliki bentuk yang khas. Yaitu oval, agak turun ke bawah, serta mencuat di satu sisi. Jika ini terjadi, segera periksakan ke dokter agar dapat didiagnosis secara pasti.

4. Pembengkakan dan benjolan di ketiak

Yang tidak kalah umum adalah mengenali gejala kanker payudara dengan merasakan pembengkakan serta benjolan di ketiak. Adanya benjolan di ketiak memang mengindikasi timbulnya penyakit kanker karena ada cairan limfatik yang mengalir dari payudara ke ketiak. Benjolannya terasa keras dan begitu melekat dengan tubuh. Waspadai ini terutama jika disertai dengan pembengkakan.

5. Nyeri punggung atas

Sebelum tanda dan gejala kanker payudara di atas, gejala ini sebenarnya lebih dulu muncul. Yaitu rasa nyeri di punggung bagian atas yaitu di antara tulang belikat. Biasanya kanker disertai dengan tumbuhnya tumor. Pada kasus ini, tumor tumbuh dan menyebar ke seluruh dada.

Penyebaran tumor yang tumbuh bersama sel kanker payudara, terdorong hingga ke tulang rusuk dan tulang belakang. Tidak heran jika rasa nyeri ikut menyelimuti punggung. Yang terburuk jika kanker payudara bermetastasis menjadi kanker tulang sekunder. Rasa sakitnya akan membuatmu sulit untuk bergerak.

Untuk mengenali kanker payudara secara pasti, ada beberapa jenis pemeriksaan di dokter yang harus kamu jalani. Belum lagi jika sudah terjadi, pengobatan kanker payudara akan menguras waktu, tenaga, dan keuanganmu. Maka dari itu, jangan anggap remeh tanda dan gejala kanker payudara ini ya!

Related posts
Penyakit A-Z

12 Faktor Risiko Penyebab Kanker Payudara yang Bisa Dihindari

Penyakit A-Z

Penyakit ISPA di Tengah Polusi Udara

Penyakit A-Z

Penyakit Lupus: Pengertian, Gejala dan Penyebabnya

Penyakit A-Z

Sifilis: Pengertian dan Jenisnya