KesehatanPenyakit A-Z

Telinga Berdenging, Ketahui Penyebab dan Cara Mengobatinya

telinga berdenging

Telinga adalah bagian tubuh yang sangat penting fungsinya. Dengan telinga yang normal, kamu dapat mendengar apa yang terjadi di sekitarmu. Namun ada kalanya telinga menurun fungsinya dan terasa berdenging. Kondisi ini dalam istilah kedokteran dikenal sebagai tinnitus.

Baca Juga:

Telinga berdenging termasuk gangguan karena suara dan bunyi dari luar tidak terdengar jelas. Lalu ada bunyi-bunyi yang dengingan, namun sebenarnya bukan berasal dari telinga melainkan berupa persepsi suara. Rumit ya?

Yang lebih penting, kamu harus tahu penyebab telinga berdenging dan cara mengobatinya jika ini menimpamu. Yuk cari tahu bersama Okadoc Indonesia!

Penyebab Telinga Berdenging

telinga berdenging

1. Mendengar suara terlalu keras

Telinga berdenging paling sering terjadi karena kamu mendengarkan suara-suara dengan terlalu keras. Bisa karena suara keras ini terdengar secara tiba-tiba, misalnya ada orang berteriak di telingamu. Atau karena kamu mendengar suara keras terlalu lama.

Jika kamu bekerja sebagai musisi, pilot, atau tentara, suara keras sulit kamu hindari. Bahkan mau-tidak mau kamu harus mendengarkannya setiap hari. Di beberapa tempat, pekerja menggunakan penutup telinga di waktu tertentu untuk melindunginya dari kerusakan.

Pada kasus yang umum, mungkin kamu terlalu sering mendengarkan musik dengan volume suara yang terlalu keras. Jika ini terus dilakukan, sel koklea di bagian dalam telinga akan rusak. Karena itu lah telinga terasa berdenging.

2. Penyumbatan kotoran

Telinga berbentuk unik dan memungkinkan kotoran untuk masuk ke dalamnya. Sama seperti menjaga kebersihan tubuh setiap hari, bagian telinga juga perlu diperhatikan. Jika kamu tidak rutin membersihkan telinga, kotoran akan menyumbat di dalamnya.

Penyumbatan kotoran akan mengganggu kerja telinga. Tahap awal, kamu akan merasa telinga berdenging dan terasa aneh. Jika dibiarkan akan memicu iritasi hingga infeksi yang lebih kompleks lagi.

3. Infeksi saluran telinga

Jika infeksi saluran telinga sudah terjadi, telinga berdenging lebih sering lagi. Biasanya kondisi ini disertai dengan rasa sakit. Beberapa dari kamu mungkin menganggapnya sepele karena hanya berlangsung selama 1 hingga 3 hari.

Jika ini terjadi pada kamu, sebaiknya jangan dibiarkan. Segera obati atau konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter THT. Jika tidak ditangani dengan tepat, infeksi saluran telinga akan memicu timbulnya gangguan lain.

4. Tekanan darah tinggi

Siapa sangka, ternyata telinga berdenging dapat terjadi karena banyak hal. Tidak terkecuali ketika tekanan darahmu sedang naik atau meninggi. Tekanan darah tinggi memang berdampak pada berbagai organ di dalam tubuh. Termasuk memberikan pengaruhnya pada telinga dengan membuatnya berdenging.

5. Tumor kepala dan leher

Penyakit lebih berat seperti tumor di bagian kepala dan leher juga berpengaruh pada telinga. Sel yang tumbuh secara abnormal di leher dan kepala ini akan menekan aliran darah yang biasanya tersalur ke leher dan kepalamu.

Tumor di daerah leher atau kepala menimbulkan rasa sakit di telinga. Bisa hanya telinga kiri berdenging, Atau telinga yang bagian kanan saja. Tergantung kondisi tubuh masing-masing.

6. Usia lanjut

Kalau penyebab telinga berdenging yang satu ini mungkin kamu sudah tahu. Seiring berjalannya waktu, fungsi organ dan jaringan jang ada di tubuh mengalami penurunan. Tidak heran jika kakek dan nenekmu memiliki pendengaran yang buruk. Pertama karena telinga berdiri itu memang benar terjadi.

7. Ateroklerosis

Ateroklerosis adalah suatu kondisi di mana terjadi gangguan di area telinga, yang diakibatkan oleh penumpukan zat kolesterol berlebihan di dalam aliran darah dekat telinga. Badan telinga sendiri terbentuk oleh tulang lunak yang elastis. Jika ini terjadi, walaupun telinga sudah dilindungi oleh tulang lunak. Kamu mungkin akan mendengar dengingan suara di telinga.

Cara Mengobati Telinga Berdenging

telinga berdenging

1. Periksakan telinga

Telinga memang aset yang dimiliki oleh tubuhmu. Tapi tidak menutup kemungkinan ada orang lain yang memahami kondisinya. Karena itu, salah satu cara menyembuhkan telinga berdengung adalah dengan memeriksakannya ke dokter THT.

Pertama-tama, telingamu akan dibersihkan dengan cepat. Jika diperlukan, kamu akan diberikan anti-biotik ataupun anti-depresi. Tujuannya untuk mengembalikan kesehatan tubuh, termasuk secara mental agar terhindar dari tekanan darah tinggi.

2. Meredakan stres

Telinga berdenging yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi, bisa jadi dipicu dari jiwa yang tidak tenang. Kamu misalnya mengalami stres sehingga membuatmu sulit untuk tidur atau membuat kepala dan pikiran terasa penuh beban. Tanpa disadari, telinga berdengung karena ikut tidak tenang.

Maka dari itu, meredakan stres adalah salah satu cara menyembuhkan telinga berdengung. Coba lah untuk berolahraga lalu mengistirahatkan tubuh. Lakukan juga gerakan-gerakan relaksasi yang dapat membuatmu terasa lebih tenang.

3. Mengurangi konsumsi alkohol

Konsumsi alkohol bukan pemicu utama telinga berdenging. Tapi biasanya telinga akan semakin berdenging jika kamu mengonsumsinya terus menerus. Alkohol yang kamu konsumsi akan masuk ke aliran darah dalam tubuhmu.

Telinga juga ikut terdampak karena aliran darah beralkohol mengalir ke sana. Karena itu, coba atasi dengan mengurangi konsumsi alkohol ya.

4. Terapi suara

Karena telinga berdenging dapat disebabkan oleh suara, kamu bisa mengatasinya dengan melakukan terapi suara. Caranya bisa kamu lakukan sendiri karena sederhana. Coba dengarkan musik atau radio dengan suara yang rendah.

Lakukan selama beberapa waktu hingga telingamu membaik. Konsepnya seperti tubuh yang beradaptasi, telinga juga akan beradaptasi dengan suara lembut sampai tidak lagi berdenging.

5. Terapi Cognitive Behavioral Therapy (CBT)

Cara menyembuhkan telinga berdenging yang lain yaitu dengan menjalani terapi Cognitive Behavioral Therapy (CBT). Ini baik dilakukan jika dengingan telinga dirasa sudah sangat parah dan mengganggu.

Psikolog akan membantumu menguasai teknik untuk mengatasi telinga berdenging. Caranya dengan memanfaatkan reaksi emosional terhadap gangguan telinga berdenging.

Related posts
GigiKesehatan

Obat Sakit Gigi Berlubang di Apotek untuk Pereda Nyeri Sementara

Kesehatan

Kontroversi Obat Asam Lambung Ranitidin yang Harus Kamu Tahu

Penyakit A-Z

12 Faktor Risiko Penyebab Kanker Payudara yang Bisa Dihindari

KesehatanWanita

Kenali Penyebab Payudara Nyeri dan Cara Mengatasinya